Taukah anda bahwa jika dilihat dari faktor resiko diabetes mellitus, hampir semua orang yang hidup di jaman sekarang sangat berpotensi untuk menderita penyakit tersebut?

Perlu anda ketahui bahwa penyakit diabetes melitus tidak hanya dapat menyerang mereka yang memiliki garis keturunan penderita penyakit diabetes saja. Siapa saja bisa menderita penyakit diabetes melitus karena garis keturunan bukanlah satu-satunya faktor yang dapat menentukan apakah seseorang berpotensi menderita penyakit DM atau tidak.

Sudahkah anda mengetahui mengenai apa saja macam faktor resiko diabetes mellitus tersebut? Jika anda belum mengetahuinya, kami sarankan anda untuk mempelajarinya di artikel ini.

9 Macam Faktor Resiko Diabetes Mellitus

Semua orang memang memiliki resiko untuk menjadi penderita diabetes melitus. Namun dari sekian banyak orang, ada yang memiliki resiko yang lebih tinggi dan lebih rendah untuk menjadi penderita DM.

Bapak Ibu

Lalu bagaimana cara melihat apakah anda memiliki resiko yang tinggi atau yang rendah untuk menderita penyakit DM? Caranya adalah dengan melihat langsung apakah anda memiliki cukup banyak faktor resiko diabetes mellitus atau tidak.

Berikut adalah 9 macam faktor resiko diabetes mellitus yang perlu anda waspadai:

  1. Gaya hidup yang buruk

Gaya hidup yang buruk merupakan salah satu faktor resiko diabetes mellitus yang perlu anda waspadai. Karena memang saat ini semakin banyak orang yang tidak memikirkan lagi mengenai makanan yang dimakan.

faktor resiko diabetes mellitusKebanyakan orang memilih makanan yang memiliki rasa yang enak dibandingkan dengan makanan yang sehat.

Padahal, makanan yang memiliki rasa enak belum tentu menyehatkan tubuh dan bahkan mayoritas makanan yang enak justru dapat memperburuk kondisi kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus.

  1. Kegemukan dan kurang olahraga

Sebagai akibat dari penggunaan gaya hidup yang buruk dari sisi pemilihan makanan, maka banyak orang mulai mengalami masalah kegemukan. Kegemukan juga terjadi akibat kurangnya olahraga.

Padahal kegemukan merupakan faktor resiko diabetes mellitus yang cukup besar. kebanyakan penderita DM tipe 2 adalah mereka yang memiliki masalah kelebihan berat badan.

  1. Memiliki kondisi metabolik syndrome

Orang yang memiliki kondisi metabolik syndrome juga sangat berpotensi untuk menderita penyakit DM. Seperti apakah ciri orang yang memiliki kondisi metabolik syndrome tersebut? berikut adalah ciri-ciri orang yang memiliki kondisi metabolik syndrome tersebut:

  • Tekanan darah lebih dari 160/90 mmHG
  • Trigliserida lebih dari 150 mg/dl
  • HDL kurang dari 40 mg/dl
  • Lingkar pinggang lebih dari 120 cm untuk pria dan 88 cm untuk wanita.
  • Menderita penyakit lain
  1. Menderita penyakit pendukung diabetes melitus

Seseorang yang sudah menderita penyakit hipertensi, penyakit jantung, penyakit kolesterol, dan pernah mengalami stroke harus lebih berhati-hati. Karena penyakit tersebut merupakan penyakit pendukung penyebab munculnya penyakit DM.

  1. Usia lanjut

Seseorang yang berusia lebih dari 40 tahun akan lebih beresiko menderita penyakit diabetes melitus terutama penyakit DM tipe 2.

  1. Infeksi pada organ pankreas

Organ pankreas yang mengalami infeksi akibat serangan virus juga menjadi faktor resiko diabetes mellitus. Karena ketika mengalami infeksi, organ pankreas akan memproduksi hormon counter insulin.

  1. Sudah pernah menderita diabetes gestasional

Wanita yang pernah menderita penyakit diabetes gestasional semasa hamil akan jauh lebih berpotensi untuk menderita penyakit diabetes melitus tipe 2.

  1. Faktor keturunan

Faktor keturunan memang merupakan faktor resiko diabetes mellitus yang sudah sangat dikenal. Jika anda memiliki keturunan yang menderita penyakit DM, maka sebaiknya tetap waspada karena ada kemungkinan andapun akan menderita penyakit DM.

  1. Ras tertentu

faktor resiko penyakit diabetes mellitusAda beberapa macam ras yang lebih mudah menderita penyakit diabetes melitus. Berikut adalah beberapa macam ras yang sangat rawan menderita penyakit diabetes melitus:

  • Hispanik
  • Afrika
  • Asia
  • Penduduk yang mendiami pulau-pulau pasifik

Apakah Masyarakat Indonesia Termasuk Rawan Menderita Penyakit Diabetes?

Jika dilihat dari gaya hidup sekaligus faktor golongan ras, masyarakat Indonesia termasuk sebagai masyarakat yang berpotensi untuk menderita penyakit diabetes melitus. Karena memang masyarakat Indonesia termasuk ke dalam ras Asia.

Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Sangat Beresiko Untuk Menderita Penyakit Diabetes?

Setelah melihat berbagai macam faktor resiko diabetes mellitus tersebut, mungkin ada beberapa dari anda yang merasa ketakutan karena ternyata anda memiliki cukup banyak faktor untuk menjadi penderita DM.

Jika memang anda beresiko menderita penyakit diabetes, apa yang harus mulai anda lakukan untuk mencegahnya?

Bagi anda yang memang sangat beresiko menderita penyakit diabetes, sebaiknya mulailah rubah pola hidup anda. Mulailah rubah pola makan anda menjadi pola makan yang sehat dan rutin berolahraga.

Dengan melakukan 2 hal tersebut sebenarnya anda sudah bisa mencegah agar jangan sampai menderita penyakit diabetes melitus.