Posted by in Akibat DM

Pentingnya Mengenali Ciri-Ciri Penyakit Diabetes Yang Mengarah Pada Komplikasi

Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang sangat berbahaya. Mengapa dikatakan berbahaya? Hal ini mengingat komplikasi yang dapat dipicu oleh penyakit tersebut. Biasanya hal ini terjadi setelah menderita diabetes dalam jangka waktu yang lama. Karena itulah ketika anda telah didiagnosa dokter menderita diabetes, jangan lantas menutup diri dan bersedih hati. Langkah terbaik yang perlu anda lakukan adalah mengenali ciri ciri diabetes melitus terutama yang mengarah pada komplikasi. Karena dengan langkah inilah resiko komplikasi dapat dikurangi.

Untuk pemahaman lebih lanjut, berikut ini akan diberikan ciri ciri penyakit diabetes melitus terutama yang mengarah pada komplikasi akibat diabetes.

Gangguan Pada Penglihatan

Gangguan Pada Penglihatan Salah Satu Akibat Terkena Komplikasi Diabetes

Gangguan Pada Penglihatan Salah Satu Akibat Terkena Komplikasi Diabetes

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa penyakit diabetes ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah tersebut dapat diakibatkan oleh beberapa hal. Namun umumnya peningkatan kadar gula darah terjadi akibat adanya kerusakan pada sel beta pankreas sehingga insulin yang berguna dalam proses metabolisme gula tidak dapat diproduksi.

Selain akibat rusaknya sel beta pankreas, kadar gula yang tinggi juga dapat dipicu oleh adanya resistensi sel reseptor insulin terhadap insulin. Hal ini tentunya akan sangat berdampak pada metabolisme gula karena insulin yang ada tidak akan berfungsi dengan baik dalam membantu proses metabolisme tersebut.

Akibat terhambatnya proses metabolisme gula tersebut maka gula akan tetap berada dalam aliran darah. Hal ini tentu saja akan berdampak pada pembuluh darah dan organ-organ yang dilalui pembuluh tersebut. Sebagai contohnya pembuluh darah yang melalui mata. Sepeti biasa pembuluh darah mengalirkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh sekaligus membawa zat-zat makanan.

Bapak Ibu

Dengan ikutnya gula bersama aliran darah tersebut maka aliran darah akan terhambat. Hal ini akibat timbulnya plak pada pembuluh darah yang jika terus menerus terakumulasi akan menyebabkan penebalan dinding pembuluh darah. Jika sudah seperti ini maka organ yang dituju oleh pembuluh darah tersebut akan kekurangan suplai oksigen dan nutrisi yang diperlukannya. Jika hal ini terjadi pada pembuluh darah yang menuju ke retina maka akibatnya akan sangat fatal bagi penglihatan penderita. Hal ini dapat berujung pada kebutaan permanen jika tidak ditangani dengan baik.

Karenanya pemeriksaan mata secara teratur perlu sekali dilakukan terutama jika sudah lama menderita diabetes. Dan tentu saja dengan mengenali ciri2 penyakit diabetes tentunya akan sangat membantu penderita dalam hal mengetahui komplikasi yang timbul akibat diabetes.

Gangguan Pada Ginjal

Gangguan ginjal terjadi akibat kerja ginjal yang terlalu berat. Perlu diingat bahwa tugas ginjal sebenarnya hanya menyaring zat-zat makanan dan memisahkannya dari zat-zat sisa yang bersifat racun yang nantinya akan dibuang dalam bentuk urin. Akibat tingginya kadar gula dalam darah, tugas ginjal menjadi bertambah, yaitu menyaring kelebihan gula dalam darah untuk kemudian dibuang bersama dengan urin.

Tugas yang berat tersebut tentu saja akan dapat mempengaruhi kinerja ginjal. Jika berlangsung terus menerus ginjal akan mengalami kerusakan sehingga tidak akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Hal ini akan berujung pada gagal ginjal yang mengharuskan penderita untuk melakukan cuci darah sampai mendapatkan donor ginjal.

Gangguan Pada Jantung

Gangguan pada jantung terjadi akibat ikutnya gula bersama aliran darah yang menuju jantung. Tentunya hal ini dapat meninggalkan plak pada pembuluh darah jantung. Jika terus menerus terjadi maka akan timbul penebalan dinding pembuluh darah yang akan menyebabkan jantung tidak tersuplai oksigen serta nutrisi yang cukup akibat terhambatnya pembuluh darah. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan jantung kehilangan fungsinya dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Yang terparah justru dapat mengakibatkan penyakit jantung sampai serangan jantung.

Gangguan Pada Otak

Seperti halnya penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah yang menuju jantung, pada suatu ketika penyumbatan juga dapat terjadi pada pembuluh darah yang menuju otak. Akibatnya tentu sangat fatal bagi penderita mengingat otak merupakan pusat saraf. Penyumbatan pembuluh darah yang menuju ke otak dapat menyebabkan stroke dan gangguan saraf lainnya.

Gangguan Pada Kaki

Selain mempengaruhi pembuluh darah yang menuju ke jantung dan otak, penyumbatan juga dapat terjadi pada pembuluh darah kaki. Akibat yang paling umum yang dipicu oleh penyumbatan pembuluh darah kaki ialah mati rasa atau rasa tebal pada kaki. Hal ini dapat menyebabkan kaki penderita rentan akan luka. Jika terjadi luka maka akan terjadi infeksi karena gula yang ikut bersama aliran darah menjadikan kaki penderita tempat yang baik bagi perkembangan jamur dan bakteri.

Akibat terburuk yang biasanya terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah kaki ialah melebarnya luka yang berujung pada amputasi. Karena itulah sebelum terjadi komplikasi, sangat perlu sekali untuk mengenali ciri penyakit diabetes terutama yang mengarah pada timbulnya komplikasi. Selain dapat mengurangi resiko komplikasi, pemahaman akan ciri ciri diabetes akan berdampak pada penanganan medis yang tepat.

Klik Di Sini untuk terhindar dari komplikasi kencing manis

   

Silahkan Tulis Komentar/Pertanyaan Anda tentang Artikel ini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>