RESEP BERBUKA PUASA BAGI PENDERITA DIABETES

Posted by in Makanan

Pada edisi ini saya akan membahas faktor – faktor unik tentang menu buka puasa bagi penderita diabetes. Puasa dapat membuat metabolisme tubuh menjadi turun atau di istirahatkan. Puasa seharusnya tidak membuat status seseorang menjadi sakit asalkan dilakukan dengan benar yakni konsumsi kalori yang cukup, minum yang cukup dan beraktifitas yang cukup dan juga jangan lupa menunaikan sahur. Hanya saja Anda harus benar berhati – hati asupan makanan saat sahur dan berbuka. Pemberian makanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh akan membuat tubuh Anda menjadi sehat dan akan mempercepat penyembuhan diri. Sebenarnya penderita diabetes pun bisa melakukan puasa yang menyehatkan tubuh asalkan memperhatikan beberapa hal termasuk menu sehta ketika berbuka puasa dan sahur. berikut adalah beberapa jenis makanan yang cocok menjadi menu sahur dan berbuka bagi penderita diabetes. Tips menu buka puasa 1. Penderita diabetes dianjurkan dengan memakan jenis makanan dengan glikemik indeks yang rendah misalnya Seral gandum utuh, nasi merah, buah semangka, jeruk, salak, pir, kiwi serta sayuran hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong dan mentimun. 2. Menu buka puasa yang kedua bagi penderita diabetes yaitu dengan meminum jus buah apel. Dengan meminum olahan jus buah apel maka resiko terkena serangan penyakit ini bisa berkurang secara drastis, apalagi bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga terkena diabetes melitus atau sedang mengalami masalah berat badan atau obesitas serta tekanan darah tinggi 3. Menu buka puasa yang ke tiga bagi penderita diabetes ialah dengan makan gado – gado. Gado – gado menupakan makanan sayuran yang popular di Indonesia. Gado – gado adalah makanan yang sangat tepat bagi Anda yang punya penyakit diabetes. Bila Anda tertarik diet dan menghindari makanan yang mengandung karbohidrat juga hewani dan gorengan maka dengan memakan gado – gado maka satu solusinya. Dilihat dari bahan utamanya yang berupa sayur –sayuran, gado – gado ini memiliki kandungan vitamin A, C dan E serta zat besi yang berguna untuk tubuh 4. Menu buka puasa yang ke-4 untuk penderita diabetes melitus adalah dengan makan pepes tahu. Pepes tahu sangat baik untuk Anda penderita diabetes melitus, kualitas protein tahu hampir sama hebatnya dengan gaing dan susu. Juga tidak seperti sumber protein lainnya, tahu juga memiliki kandungan lemak jenuh rendah dan bebas kolesterol. Tiap 100 gram tahu dapat mendukung 6 – 10 gram kandungan protein. Yang memenuhi 18% kebutuhan tubuh akan protein. Tahu padat lebih kaya akan protein dibanding tahu sutra, tahu merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi yang menyediakan 30% nilai harian yang di rekomendasikan untuk zat besi yang di rekomendasikan 100 gram. Zat besi dalam tahu terutama digunakan sebagai  hemoglobin yang membantu dalam transportasi dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh dan mempromosikan produksi energi 5. Perbanyaklah konsumsi beras merah. Anda perlu waspada apabila terbiasa mengkonsumsi nasi putih. Penelitian menunjukkan...

Read More

Rahasia dan manfaat cuka apel bagi penderita diabetes

Posted by in Info

Rahasia dan manfaat cuka apel bagi penderita diabetes. Nah teman-teman sekarang aku lagi makan bakso, paling enak itu kalau makan bakso sama sambel terus di  tambahin cuka deh. Tapi ngomong – ngomong soal cuka nih ya kalian tau gak sih fungsi cuka untuk makanan tuh apa dan juga apa manfaat untuk tubuh kita. Banyak yang belum bisa menjawab ya apa yang menjadi manfaat daripada cuka nah ini dia manfaatnya. Manfaat cuka untuk tubuh kita cuka tinggi asam asetat yang mampu meningkatkan penyerapan mineral di dalam tubuh bagi yang menderita diabetes tipe 2 cuka dapat mengkontrol kadar gula darah anda sehingga tetap normal. Mencuci buah dan sayur dengn cuka akan menghilangkasn sebagian besar pestisida  dan juga bahan kimia lain yang terdapat di dalam buah dan sayur yang akan Anda konsumsi. Cuka terutama cuka sari apel nih ya mengandung banyak serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda Menurut Dr. Samuel Cuka, kalau dia cuka yang dari bahan kimia sebenarnya buat tubuh gak aka nada baiknya. Dia itu untuk apa, ya untuk perasa atau memberikan rasa asam. Jadi ada rasa segarnya. Cuka ya teman –teman memang memberikan dampak positif bagi tubuh kita tap[I harus di catat gak boleh kebanyakan. Karena sesuatu yang berlebihan itu justru akan menberikan dampak negative. Nah sekarang apa yang menjadi dampak negative dari penggunaan cuka yang berlebihan Dampak negative cuka untuk tubuh kita Tingkat keasaman yang tinggi dapat merusak dinding lambung yang begitu lunak dan sensitive terhadap asam cuka. Karena di dalam lambung sendiri ada tingkat keasaman tertentu yang sebenarnya tidak boleh ada asam lambung lain yang masuk. Efek cuka yang terlalu asam akan menyumbat aliran darah dan syaraf sekitar leher bagin belakang yang menyebabkan otot leher kaku dan serasa seperti di tarik. Kondisi ini tentu saja mengakibatkan leher terasa pegal , nyeri dan berasa sakit ketika kepala menoleh ke kiri atau ke kanan. Tingkat keasaman yang tinggi bersifat erosi dan menghancurkan dan juga bisa mengkikis gigi bagian luar atau biasa disebut dengan enamel gigi. Pengkikisan berupa pengerusakkan enamel gigi jika terus berkelanjutan akan mengakibatkan gigi cepat keropos dan mudah patah. Efeknya kita akan merasa ngilu Menurut Dr. Samuel Efek negatifnya kalau terlalu berlebihan akan merangsang lambung. Asam di lambung itu suasananya sudah asam ditambah lagi asam cuka. Dia akan merangsang akan terjadi gangguan akan terjadi yang namanya gastritis terjadi peradangan di daerah lambungnya   Saya kalau di tanya manfaat cuka saat di konsumsi atau di taruh di makanan seperti bakso nih lebih ke penyedap rasa ya. Memberikan rasa asam terhadap makanan apalagi kuah baksonya tetapi selain itu ada manfaat lain juga yang bisa diberikan oleh cuka pada saat kita mengolah makanan Agar warna ikan tetap bersih dan putih Anda bisa menambahkan cuka pada air...

Read More

Seberapa bahaya obesitas untuk kesehatan? cek info lengkapnya disini!

Posted by in Gaya Hidup

Seberapa bahaya obesitas untuk kesehatan?. Makan tidak terkontrol, tidak sempat berolahraga, timbangan naik terus. Hati-hati overweight dan obesitas mengincar anda. Overweight atau kelebihan berat badan adalah kondisi berat badan melebihi berat badan ideal. Sementara obesitas atau kegemukan adalah kondisi kelebihan lemak tubuh sehingga berat badan jauh diatas batas ideal. Kedua kondisi ini dapat berhubungan dengan penyakit-penyakit lain yang membahayakan kesehatan, seperti penyakit stroke, gangguan pernapasan, jantung, gangguan hormonal, kanker dan masih banyak lagi. Bagaimana cara mengukur tingkat obesitas. Body mass index atau bmi telah diakui sebagai metode paling praktis untuk menentukan apakah badan anda termasuk ideal, kurang ideal atau berlebih. Cara mengukurnya cukup sederhana yaitu membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi tubuh dalam meter yang dikuadratkan. Berat badan anda dikatakan normal jika BMI anda diatas 18,5 – 22,9 kg/m2. cara lain untuk mengukur tingkat obesitas anda ialah dengan mengukur lingkar pinggang anda. Besar lingkar pinggang normal untuk wanita adalah kurang dari 80 cm sementara batas normal untuk seorang pria adalah kurang dari 90 cm. Bagaimana cara sehat menurunkan berat badan? Langkah pertama adalah dengan mengatur pola makan anda. Diet bukan berarti tidak makan. Anda bisa batasi jumlah kalori yang masuk dengan diet rendah lemak dan gizi seimbang yaitu 1200 / 1500 kkal. Cara sederhananya adalah dengan sepertiga porsi makan setiap kali anda makan. Lakukan olahraga secara 3 – 5 kali dalam seminggu selama 30-60 menit misalnya dengan jalan kaki atau jogging, bersepeda atau berenang. Menurunkan berat badan memerlukan motivasi yang kuat. Biasakan diri hidup lebih aktif tidak menonton tv sambil mengemil. Isi kulkas anda dengan makanan segar dan rendah lemak. Perbanyak jalan kaki dengan parkir lebih jauh dari tempat tujuan. Berkonsultasilah dengan dokter untuk cara sehat menurunkan berat badan. Penggunaan obat-obatan merupakan salah satu proses dalam penurunan berat badan. Dokter akan menilai kondisi anda dan menentukan cara yang sesuai untuk anda dalam mencapai berat badan ideal. Tanpa konsultasi dengan dokter anda tidak disarankan sendiri untuk mengkonsumsi obat-obatan penurunan berat...

Read More

Manfaat dan cara senam kaki pada penderita diabetes melitus

Posted by in Gaya Hidup

Manfaat dan cara senam kaki pada penderita diabetes melitus. Bagi penyandang diabetes olahraga sanagat penting dilakukan secara rutin. Menurut american diabetes asosiation seorang penyandang diabetes tipe 2 setidaknya harus berolahraga setidaknya 5 kali dalam seminggu selama 30 menit. Dengan berolahraga anda bisa mengontrol berat badan, menguatkan tulang dan otot, sekaligus meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin yang membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu olahraga juga bisa menurunkan resiko komplikasi akibat diabetes. Jenis olahraga yang disarankan antara lain jalan kaki, bersepeda, yoga dan berenang. Selain itu ada satu olahraga yang sangat dianjurkan oleh para ahli yaitu senam kaki diabetes. Kami akan menjelaskan bagaimana dan manfaat senam kaki diabetes. Kegiatan ini bisa dilakukan dimana saja lho termasuk didalam rumah. Senam kaki diabetes adalah latihan gerakan kaki yang dilakukan penyandang diabetes untuk memperbaiki sirkulasi darah, memperkuat otot-otot kaki, mengatasi keterbatasan pergerakan sendi dan mencegah komplikasi diabetes. Senam kaki diabetes sangat mudah dan praktis. Anda hanya perlu menyiapkan kursi dan kertas koran untuk melakukannya. Yuk kita mulai senam diabetes sekarang. Letakkan tumit dilantai lalu gerakkan jari-jari kaki keatas dan kebawah ulangi sebanyak 2 set dan 10 repetisi. Gerakan kedua angkat kaki kiri keatas dan bertumpu pada tumit. Lakukan gerakan memutar keluar dengan pergerakan pada pergelangan kaki. Ulangi secara bergantian pada kaki kiri dan kanan sebanyak 2 set dan 10 repetisi. Gerakan ketiga, angkat dua kaki sejajar. Gerakkan telapak kaki kedepan dan belakang. Ulangi sebanyak 2 set dan 10 repetisi. Gerakan keempat, angkat kaki sejajar, gerakkan kaki kedepan sebanyak 2 set dan 10 repetisi. Gerakan kelima luruskan salah satu kaki dan angkat putar pada pergelangan kaki seperti menulis angka nol hingga angka sepuluh lakukan secara bergantian kiri dan kanan. Gerakan keenam, letakkan sebuah koran dilantai bentuk koran tersebut seperti bola menggunakan kaki kemudian ratakan kembali koran tersebut. Lanjutkan merobek koran menjadi dua bagian dengan kaki lalu robek satu bagian koran menjadi robekan-robekan kecil dan pindahkan keatas koran yang masih utuh. Terakhir bentuk kembali kertas koran menjadi bola. Bagaimana mudah bukan menjalankannya? Latihan ini hanya butuh 15 menit sampai 30 menit saja kok. Menurut para ahli senam kaki diabetes harus dilakukan 1 kali dalam seminggu. Tapi akan lebih baik jika anda melakukannya setiap...

Read More

Resep Menu Makanan khusus Penderita Diabetes Melitus

Posted by in Makanan

Diet atau makanan khusus penderita diabetes bukan hanya menurunkan berat badan tetapi juga pengaturan pola makan. Ada yang dikhususkan untuk orang-orang yang mengidap penyakit atau gangguan kesehatan tertentu. Dr. Rian: Disini menyediakan menu apa saja nih untuk yang mengalami gangguan kesehatan? Anggit Akmaliya, S.GZ : kami menyesuaikan menu makanan khusus penderita diabetes melitus nih, biasanya memang nasi, nasi buat penderita diabetes melitus memang berbahaya begitu kan karena indeks glikemiknya tinggi. Makanya kita menggantinya dengan ubi ungu atau kentang. – Baked potato Baked potato ini sangat baik untuk penderita diabetes karena rendah gula -ubi ungu tumbuk Dr. Rian: Misalnya kalau orang diabetes melitus apa aja yang harus diperhatikan? Anggit Akmaliya, S.GZ : pastinya sih metode pemasakan atau pengelolahannya misal ubinya tidak digoreng, kemudian untuk lauknya tidak di goreng juga. Dr. Rian: kalau kita liat disini ini apa ya? Anggit Akmaliya, S.GZ : ini tuna stik. Dr. Rian: Kemudian untuk sayurannya bagaimana ini ? Sebenarnya kalau kita ngomongin buah dan sayur, tidak semua buah dan sayur dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ada beberapa buah yang memang direkomendasikan untuk penderita diabetes misalnya buah apel, strawberry, berry. Nah untuk lansia sendiri apakah ada menu- menu khusus ? Anggit Akmaliya, S.GZ : Sebenarnya menu-menunya disamakan cumin metodenya aja yang di spesialkan. Dr Oz: Metodenya ini maksudnya apa nih? Misalnya cara pemasakan makanan khusus penderita diabetes? Anggit Akmaliya, S.GZ : iya benar, cara pemasakan Dr OZ: Misalnya diapain? Anggit Akmaliya, S.GZ :misalnya seperti sweet potato. Jadi kalau umbi-umbian memang mudah dicerna oleh lansia. Jadi kami untuk metodenya pun lebih pilih bahan –bahan yang halus supaya gampang untuk dikonsumsi juga. Karena biasanya lansia itu mulai malas menyunyah ya. Kemudian ada cream sup juga untuk lansia. Dr Oz: untuk sayurannya ini yang dipilih wortel, proteinnya yang dipilih ini apa untuk lansia? Anggit Akmaliya, S.GZ : Proteinnya kita pilih tadi tuna stik. Dr. Rian: Kalau untuk anak-anak senidri bagaimana, apakah ada menu khusus? Anggit Akmaliya, S.GZ : menunya kayak sandwich gitu cuma kalau misalnya untuk anak-anak jadi sandwich ini rotinya ini diganti dengan roti gandum. Kemudian isinya tetap chiken tapi dada ayam karena lemaknya itu lebih rendah. Dr. Rian: ini kalau misalnya anak-anak yang ingin menjaga berat badannya lebih sehat diberikan sejak dini menu-menu makanan yang sehat. Jadi juga bisa milih ya intinya dilatih. Untuk cemilannya, biasanya untuk anak-anak yang suka makan emang pastinya nyarinya cemilan. Nah cemilannya itu biasanya yang manis-manis, coklat-coklat yang tinggi akan gula. Kalau disini yang direkomendasikannya yang apa? Anggit Akmaliya, S.GZ : jadi yang direkomendasikan tetap buah ya seperti salad itu membantu perkembangan anak. Misalnya rasa buah itu tidak enak, cuman biasanya kita perpadukan yogurt dengan salad. Jadi perbaduan rasa manis dengan yogurt membuat anak lebih suka buah Dr. Rian: memang ya dengan...

Read More