Pernah merasa khawatir ketika anda sering merasa mengantuk? Mungkin sebagian dari anda ada yang beranggapan bahwa sering mengantuk merupakan salah satu gejala DM atau gejala awal diabetes melitus. Padahal kenyataannya sering mengantuk bukanlah gejala DM. Banyak faktor yang dapat memicu hal tersebut terjadi pada anda. Namun salah satunya bukanlah terkait dengan adanya kelebihan gula dalam darah. Lalu apa yang menyebabkan anda menjadi sering mengantuk? Berikut ini beberapa penyebabnya dan cara mengatasinya.

Kurang Oksigen

Gejala DMKetika anda merasa terlalu sering mengantuk, khususnya ketika jam kantor, coba perhatikan ruangan kerja anda. Apakah anda berbagi ruangan yang sama dengan karyawan lainnya? Jika ya, maka ini bisa jadi penyebab anda sering mengantuk. Bekerja di dalam ruangan dengan beberapa orang, apalagi jika ruangannya terlalu sempit akan semakin membuat anda rentan mengantuk. Hal ini terjadi karena oksigen di dalam ruangan tersebut jumlahnya tidak mencukupi.

Coba ingat kembali mengenai apa yang kita lepaskan saat bernapas. Karbondioksida. Bekerja di ruangan yang sempit dengan beberapa orang di dalamnya akan membuat kadar karbondioksida dalam ruangan tersebut menjadi lebih tinggi dari kadar oksigen. Padahal oksigen diperlukan bukan hanya sekedar untuk bernapas. Inilah sebabnya anda akan lebih sering merasa mengantuk ketika berada di ruangan tersebut. Jadi jelas sekali bahwa sering mengantuk bukanlah termasuk gejala sakit DM.

Untuk mengatasinya, cobalah taruh satu pot bunga di sudut ruangan. Tanaman tersebut nantinya akan membantu menyeimbangkan kembali kadar oksigen dan karbondioksida dalam ruangan, sehingga anda tidak lagi mengantuk.

Asupan Karbohidrat Berlebih

Selain kurangnya kadar oksigen, asupan karbohidrat berlebih ternyata juga dapat menyebabkan kantuk. Apalagi jika tipe karbohidrat yang anda konsumsi adalah karbohidrat sederhana. Karenanya kurangi konsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi dan roti. Gantilah dengan makanan sumber karbohidrat kompleks seperti gandum dan oat. Hal ini nantinya juga dapat membantu anda mencegah penyakit diabetes tipe 1 maupun tipe 2. Dengan begitu, anda dapat terbebas dari terapi diabet maupun obat untuk penyakit diabetes.

Bapak Ibu

Penjelasan tersebut tentunya akan membantu mengubah cara pandang anda terkait gejala penyakit DM. Hal ini tentunya akan dapat meningkatkan kewaspadaan anda terhadap gejala penyakit gula darah tersebut, sekaligus menambah motivasi untuk segera melakukan upaya pencegahan. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah untuk diabetes melitus yang terbukti kaya serat dan lebih rendah kalori.

Kurang Tidur

Selain kurangnya suplai oksigen dan asupan karbohidrat berlebih, kurang tidur juga merupakan salah satu pemicu rasa kantuk yang anda rasakan. Karenanya jika yang satu ini menjadi penyebab rasa kantuk anda, segera perbaiki jadwal tidur anda. Sesuaikan dengan waktu normal tidur yang disarankan, yaitu 8 jam sehari sehingga nantinya anda bisa terbebas dari rasa kantuk. Selain itu, cukup tidur juga terbukti dapat membantu mengurangi resiko diabetes anda.