Penyakit diabetes merupakan penyakit berbahaya yang dapat meningkatkan resiko penderitanya untuk mengalami komplikasi. Karenanya penyakit ini sebisa mungkin harus dicegah. Pencegahan dapat dilakukan dengan mengenali gejala gejala diabetes yang muncul. Gejala gejala diabetes tersebut umumnya meliputi sering buang air kecil, cepat lapar, cepat haus dan berat badan berkurang. Selain gejala gejala sakit diabetes tersebut, masih ada tiga gejala penyakit diabetes melitus lainnya yang juga perlu diwaspadai. Berikut ini ketiga gejala tersebut.

Dehidrasi

Gejala Gejala DiabetesSeperti yang sudah dikemukakan di awal artikel tadi bahwa pencegahan diabetes melitus dapat dilakukan dengan mengenali satu persatu gejala gejala sakit diabetes yang umumnya ditemui. Salah satu gejala yang seringkali luput dari perhatian adalah dehidrasi, mengingat orang sehat juga mengalaminya. Karenanya gejala diabetes yang satu harus selalu diwaspadai karena dehidrasi sangat erat hubungannya dengan kadar gula dalam darah.

Ketika kadar gula darah mengalami lonjakan yang cukup drastis, maka seseorang akan semakin rentan untuk mengalami dehidrasi. Hal ini terjadi karena kelebihan gula dalam darah nantinya akan dibuang bersama dengan urin. Guna mengencerkan urin yang membawa kelebihan gula dalam darah tersebut, maka tubuh akan menarik cairan yang dimiliki. Inilah sebabnya mengapa kemudian dehidrasi akan semakin rentan dialami oleh penderita diabetes.

Nafsu Makan Meningkat

Gejala DM selanjutnya yang seringkali disalahartikan adalah nafsu makan yang meningkat. nafsu makan yang meningkat secara tiba-tiba harus selalu diwaspadai sebagai gejala diabetes, mengingat ada kaitan antara meningkatnya nafsu makan dengan lonjakan gula darah. Ketika lonjakan gula darah terjadi, itu artinya gula yang seharusnya dapat diserap ke dalam sel harus dibuang bersama dengan urin. Hal ini membuat tubuh menjadi kehilangan nutrisinya. Sebagai respon atas  hilangnya nutrisi tersebut, tubuh akan secara otomatis mengirim pesan ke otak berupa rasa lapar.

Rasa lapar yang timbul tersebut akan sangat berbeda dengan rasa lapar yang dirasakan oleh orang sehat lainnya. Meski demikian, hal ini seringkali luput dari perhatian, sehingga akan tampak seperti nafsu makan yang meningkat. Karenanya ketika gejala ini mulai dirasakan, sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan gula darah untuk mengetahui seberapa tinggi resiko diabetes anda. Jika memang nantinya terbukti menderita diabetes, maka terapi diabetes mellitus dapat segera diupayakan dengan menggunakan Pengobatan Diabetes yang mujarab.

Bapak Ibu

Mudah Capek

Gejala selanjutnya yang juga perlu diwaspadai adalah mudah capek. Sama halnya dengan dua gejala sebelumnya, mudah capek juga bisa dipicu oleh adanya kelebihan gula dalam darah. Karenanya untuk memastikannya, segeralah lakukan pemeriksaan gula darah. Dengan melakukan pemeriksaan tersebut, maka nantinya akan dapat segera diketahui apakah gejala tersebut merupakan penunjuk diabetes atau bukan. Jika memang merupakan penunjuk diabetes, upaya pengobatan dapat segera dilakukan, sehingga penderita dapat terhindar dari komplikasi, yang salah satunya adalah ulkus diabetes mellitus.