Makanan penderita diabetes yang selama ini disajikan memang seringkali tampak kurang menarik dan membosankan. Penyajian makanan penderita diabetes yang demikian tentunya dapat mengurangi selera makan penderita. Jika hal ini terus menerus terjadi, maka dampaknya juga akan berpengaruh terhadap pengobatan yang dilakukan, baik dengan Obat Luka Diabetes tipe 2 maupun tipe 1. Karenanya penderita hendaknya bisa lebih kreatif lagi dalam menentukan menu makanan yang akan disajikan. Sebagai referensi, berikut ini akan kami berikan tiga contoh makanan yang bisa dikonsumsi penderita.

Kacang Kacangan

Makanan Penderita DiabetesPenderita diabetes umumnya menghindari atau membatasi konsumsi kacang-kacangan. Alasannya makanan yang terbuat dari kacang-kacangan tinggi kolesterol dan lemak. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Kacang-kacangan justru termasuk dalam kategori makanan untuk penderita diabetes melitus. Bahkan konsumsi makanan untuk penderita diabetes yang satu ini nantinya dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskuler yang resikonya semakin meningkat pada penderita penyakit gula darah.

Guna memaksimalkan manfaat konsumsi kacang-kacangan tersebut, maka penderita hendaknya lebih memperhatikan cara mengolahnya. Sangat disarankan untuk membatasi cara mengolah makanan dengan digoreng, terutama yang digoreng terendam dalam minyak. Sebagai alternatif, cobalah mengolah kacang-kacangan dengan cara dikukus atau direbus. Memang cara mengolah makanan yang demikian tampak kurang menarik. Namun penderita tetap dapat menyiasatinya dengan menambahkan rempah-rempah.

Dengan menambahkan rempah-rempah ke dalam masakan, maka penderita nantinya dapat meminimalkan penggunaan penyedap instan dan pemanis. Hal ini tentunya akan dapat memberikan dampak yang sangat positif, terutama untuk mengendalikan gula darah. Ketika gula darah dapat dikendalikan dengan baik, maka gejala gejala diabetes pun akan berkurang.

Bekatul

Siapa tidak kenal bekatul? Bahan makanan yang seringkali hanya dianggap limbah dan dijadikan sebagai makanan ternak ini ternyata dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi penyakit diabetes. dianggap sebagai salah satu cara alami untuk mengatasi penyakit diabetes karena bekatul mengandung vitamin B-15 yang lebih tinggi. bahkan vitamin B-15 yang ditemukan dalam bekatul diketahui lebih baik dampaknya bagi tubuh jika dibandingkan dengan vitamin B-15 yang biasa diperoleh dari suplemen diabetes sintetis. Karenanya penderita hendaknya mulai mencoba untuk mengkonsumsi bekatul.

Bapak Ibu

Agar sajian berbahan dasar bekatul tersebut tampak lebih menarik dan lezat, penderita dapat mengolahnya menjadi berbagai jenis olahan. Salah satunya dengan mengubahnya menjadi roti bekatul. Dengan begitu, penderita tidak akan enggan lagi untuk mengkonsumsi makanan yang ternyata kaya nutrisi ini.

Beras Hitam

Selain bekatul, beras hitam juga ternyata kaya akan nutrisi. Bahkan ia diketahui memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi daripada beras putih yang biasa dikonsumsi. Karenanya tidak heran jika kemudian beras hitam masuk dalam kategori makanan untuk penderita diabetes melitus.

Untuk mengubah beras hitam menjadi sajian lezat, penderita nantinya bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis olahan. Atau jika memang tidak ingin repot, beras hitam dapat ditanak layaknya beras putih. Untuk menambah cita rasanya, penderita dapat memasukkan beberapa rempah-rempah. Dengan begitu, sajian yang dihasilkan akan lebih menggugah selera.