Madu untuk diabetes? Mungkin hal ini akan sedikit terdengar aneh bagi penderita diabetes, mengingat sebagian dari mereka masih meyakini bahwa konsumsi madu dapat memicu lonjakan gula darah. Padahal sejatinya madu untuk diabetes sangatlah bermanfaat. Hanya saja karena madu yang beredar di pasaran banyak yang sudah diolah, maka manfaatnya menjadi berkurang. Berikut ini beberapa manfaat madu untuk penderita diabetes yang wajib diketahui.

Pengendali Gula Darah

Madu Untuk DiabetesMadu diketahui memiliki kalori yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan gula pasir. Karenanya kemudian madu disarankan untuk digunakan sebagai pemanis alternatif. Namun pemilihan jenis madu untuk penderita penyakit diabetes hendaknya perlu dilakukan dengan teliti, mengingat madu saat ini banyak yang sudah diolah. Proses pengolahan tersebut tentunya akan merubah madu diabetes menjadi madu yang sudah tidak murni lagi. Madu inilah yang dikhawatirkan dapat memicu lonjakan gula darah. Padahal sejatinya madu yang juga merupakan salah satu makanan untuk penderita diabetes tersebut, dapat berkhasiat menurunkan gula darah.

Pemanis Alternatif

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa madu dapat digunakan sebagai pemanis alternatif bagi penderita diabetes. Mengapa demikian? Perlu diingat bahwa madu memiliki kalori yang relatif lebih rendah, sehingga ia tidak akan memicu lonjakan gula darah. Ia justru dapat mengendalikan gula darah penderita, asal madu yang diperoleh merupakan madu asli atau madu yang belum diolah.

Penyembuh Luka Diabetes

Madu ternyata tidak hanya berfungsi sebagai pemanis alternatif bagi penderita diabetes, tetapi juga dapat berfungsi sebagai diabetes obat atau pengobatan penyakit diabetes, terutama untuk membantu menyembuhkan luka diabetes yang dialami penderita. Hal ini dapat dilakukan dengan membersihkan luka terlebih dahulu, kemudian madu dioleskan secara merata pada luka. Jika dilakukan dengan teratur, luka diabetes yang tadinya sulit sembuh akan secara bertahap mengering dan akhirnya sembuh.

Pencegah Amputasi

Dengan mengetahui bahwa madu dapat membantu mempercepat proses pemulihan luka diabetes, maka itu artinya madu dapat mencegah amputasi. Amputasi sendiri biasanya dilakukan pada penderita diabetes yang mengalami luka memborok atau gangren. Amputasi atau pemotongan tersebut dilakukan pada bagian yang mengalami luka dengan tujuan mencegah menyebarnya infeksi ke seluruh bagian tubuh. Cara tersebut memang terbukti ampuh mencegah infeksi. Namun bagi penderita cara tersebut bukanlah yang terbaik karena ia harus kehilangan salah satu anggota tubuhnya. Oleh karena itu, jika penderita ingin mencegah amputasi akibat luka diabetes yang dialaminya, penderita hendaknya menggunakan madu sebagai salep (jual obat diabetes), selain tetap menjalani pengobatan medis secara rutin dan terapi diabetes.