Pola makan sehat atau yang juga dikenal dengan pola makan penderita diabetes diyakini sebagai salah satu cara mencegah penyakit diabetes. Namun ternyata manfaatnya tidak hanya terbatas pada pencegahan penyakit gula darah tersebut, tetapi juga dapat bermanfaat dalam hal mengatasi sakit diabetes. Karenanya penderita diharapkan segera memperbaiki pola makannya untuk selanjutnya mengikuti pola makan sehat dan konsumsi obat herbal kencing manis yang dianjurkan untuk membantu mengatasi sakit diabetes yang diderita. Lalu seperti apa pola makan sehat yang dimaksud?

Makan dengan Porsi Kecil

Mengatasi Penyakit DiabetesSeperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa untuk mengatasi penyakit diabetes, penderita perlu mengaplikasikan pola makan sehat. salah satunya yaitu membiasakan diri untuk makan dengan porsi kecil. Hal ini bertujuan untuk membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, sehingga kalori yang masuk tidak akan berlebihan.

Cara ini terbukti dapat membantu penderita dalam hal mengendalikan gula darahnya, sehingga kemudian komplikasi seperti ulkus diabetes mellitus dan komplikasi lainnya dapat dicegah. Meski demikian, penderita tetap perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar hasilnya lebih maksimal.

Dalam hal ini, penderita disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang masuk dalam kategori makanan orang diabetes. Tujuannya selain untuk mengatur jumlah kalori yang masuk, juga untuk menjaga asupan nutrisi penderita.

Kurangi Asupan Lemak

Asupan lemak berlebih merupakan pemicu diabetes dan penyakit gangguan kardiovaskuler. Karenanya penderita dianjurkan untuk mengurangi asupan lemak hariannya, khususnya jika lemak yang dikonsumsi adalah lemak jenuh dan lemak trans. Kedua jenis lemak tersebut nantinya dapat memicu kenaikan berat badan yang justru akan semakin mengurangi efektifitas obat mujarab diabetes yang sedang digunakan penderita. Intinya jika asupan lemak jenuh dan lemak trans tetap tinggi, maka obat apapun yang digunakan penderita tidak akan optimal dalam hal mengatasi penyakit diabetes.

Bapak Ibu

Tingkatkan Asupan Serat

Selain makan dengan porsi kecil dan mengurangi asupan lemak jahat, penderita juga disarankan untuk menambah porsi makanan berserat. Hal ini dilakukan karena asupan serat dalam jumlah yang cukup sudah dianggap sebagai salah satu cara mengatasi penyakit diabetes.

Asupan serat dalam jumlah yang cukup nantinya akan membantu menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Dengan terhambatnya proses pelepasan gula ke dalam aliran darah, maka gula darah akan tetap terkendali. Hal ini tentunya akan berdampak pada pencegahan komplikasi diabetes. Karenanya jangan pernah ragu lagi untuk mulai menambah asupan serat harian anda.