Gejala diabetes mellitus merupakan penunjuk penyakit diabetes yang harus selalu diwaspadai kehadirannya. Karenanya pemahaman terkait gejala diabetes mellitus tersebut haruslah memadai. Apalagi bagi penderita diabetes munculnya gejala penyakit diabetes mellitus tersebut tentunya akan sangat mengganggu, sehingga kemudian terapi diabetes melitus perlu diupayakan untuk membantu meringankan gejala yang muncul.

Namun hendaknya diketahui juga bahwa untuk membantu meringankan gejala sakit diabetes mellitus, terapi atau pengobatan medis bukanlah jalan satu-satunya. Cara alami, dalam hal ini, tetap dapat diupayakan. Salah satunya dengan menambah asupan flavonoid. Berikut ini beberapa makanan sumber flavonoid yang bisa anda konsumsi.

Anggur

anngurSiapa yang tidak kenal dengan buah anggur. Buah tropis yang satu ini tidak hanya nikmat sebagai kudapan maupun sebagai hidangan penutup, tetapi juga dapat membantu meringankan gejala penyakit diabetes. Manfaat ini diperoleh karena anggur diketahui kaya akan flavonoid.

Flavonoid sendiri terbukti mampu merangsang sel beta pankreas untuk kembali menskresikan insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga kemudian kadar gula darah dapat terkendali. Jika dilihat sekilas, manfaat asupan flavonoid tersebut mirip dengan efektifitas obat diabetis dalam hal menurunkan gula darah.

Namun hendaknya perlu diingat bahwa hal ini bukan berarti penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 dapat mengganti pengobatan medis yang diperoleh, dengan hanya mengkonsumsi anggur secara rutin. Konsumsi buah anggur tersebut nantinya dilakukan guna meningkatkan efektifitas obat kencing manis yang digunakan, sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

Bapak Ibu

Labu Parang

Seperti halnya anggur, labu parang atau labu kuning juga bisa menjadi pengobatan herbal diabetes melitus penyedia flavonoid bagi tubuh. Karenanya jangan pernah ragu lagi untuk mengkonsumsi buah yang satu ini, mengingat berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa UGM, labu parang mengandung flavonoid yang cukup tinggi. Dengan kandungan senyawa tersebut tentunya konsumsi labu parang dapat membantu meringankan gejala DM yang muncul. Selain itu, labu parang juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mencegah penyakit diabetes, khususnya bagi mereka yang beresiko tinggi.

Blueberry

Makanan sumber flavonoid selanjutnya yang juga perlu anda pertimbangkan konsumsinya adalah blueberry. Kandungan flavonoidnya tersebut nantinya akan dapat membantu menurunkan gula darah sekaligus sebagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan berperan peting dalam hal mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Dengan begitu, kerusakan organ lainnya dapat dicegah, sehingga penderita dapat lebih fokus mengatasi penyebab kencing manis yang dideritanya.