Makanan untuk penderita diabetes melitus biasanya memang hanya terdiri dari makanan makanan yang tampak tidak menarik dan rasanya yang kurang lezat. Hal ini dapat dilihat dari beberapa jenis makanan untuk penderita diabetes melitus yang umumnya dianjurkan dokter, yaitu beras merah, gandum, beras hitam dan sejenisnya. Membayangkan rasanya saja pasti sudah membuat penderita enggan untuk mengkonsumsinya. Karenanya kemudian mereka seringkali merasa kurang berselera ketika disajikan makanan untuk penderita penyakit diabetes melitus tersebut. Guna mengurangi rasa bosan terhadap makanan yang disajikan sekaligus menambah selera makan penderita, berikut ini kami berikan beberapa tips yang bisa langsung diaplikasikan.

Coba Kreasikan Menu yang Ada

Makanan Untuk Penderita Diabetes MelitusApa menu makanan untuk penderita penyakit diabetes melitus yang Anda punya? Jika selama ini menunya hanya berputar dari gandum, beras merah, beras hitam dan oat memang akan terasa membosankan. Selain itu, rasa dari makanan untuk penderita diabetes melitus tersebut biasanya sedikit hambar. Karenanya perlu sedikit kreatifitas untuk mengubah makanan tersebut menjadi sajian yang lezat. Cara pertama yang dapat dilakukan nantinya adalah dengan mengganti cara pengolahan makanan tersebut. Misalnya beras merah dan beras hitam yang merupakan beras penderita diabetes dapat diolah seperti biasa. Namun setelah itu ditambah dengan daging ayam cincang yang sudah diberi rempah rempah. Dengan cara ini tentu sajian yang dihasilkan akan lebih terasa nikmat dan menggugah selera. Sementara itu, khusus untuk gandum dan oat yang rasanya cenderung hambar, penderita dapat menambahkan beberapa jenis rempah rempah untuk memperkaya cita rasanya. Misalnya untuk rasa manis, tambahkan bubuk kayu manis atau bisa juga dengan menambahkan sedikit madu asli. Sedangkan untuk rasa gurih, bisa ditambahkan susu cair rendah lemak. Cara ini diharapkan mampu menambah selera makan penderita, sehingga nantinya dapat mendukung upaya pengobatan dengan anti diabetes yang sedang dilakukan. Sementara itu, beberapa jenis rempah rempah seperti kayu manis nantinya tidak hanya akan berfungsi sebagai penyedap, tetapi juga dapat berfungsi sebagai obat alternatif diabetes. Khasiat kayu manis ini hendaknya juga dipertimbangkan penderita, sehingga pemanfaatannya dapat lebih dioptimalkan.

Gantilah Menu Jika Memang Perlu

Jika memang konsumsi beras merah, beras hitam, gandum dan oat dirasa sudah terlalu sering, maka penderita dapat mencoba makanan lainnya. Sayuran hijau, dalam hal ini, dapat menjadi salah satu pilihan tepat, mengingat ia kaya akan serat. Sementara itu untuk jenis makanan lainnya, penderita tetap dapat mengkonsumsinya, asal dengan porsi yang tidak berlebihan.

Carilah Referensi Menu Baru

Jika memang sudah bosan dengan menu yang ada, penderita dapat mencoba menu baru. Meski demikian, penderita nantinya tetap harus berpedoman pada jumlah kalori yang akan diperoleh dari menu baru tersebut. Jika dirasa jumlah kalorinya relatif tinggi, coba kurangi porsinya. Atau atur bahan bahan yang digunakan sedemikian rupa, sehingga nantinya total kalori yang diperoleh tidak berlebihan. Hal ini sangat penting bagi penderita, mengingat kalori berlebih merupakan salah satu faktor resiko DM tipe 2.

Bapak Ibu