Makanan orang diabetes seringkali merupakan makanan yang tidak menarik dengan pilihan menu yang kurang beragam. Hal ini sebenarnya tergantung dari kreatifitas penderita dalam menyusun menu makanan untuk orang diabetes tersebut. Jadi penyusunan menu makanan sebagai Cara Mengatasi Penyakit Diabetes nantinya tidak harus selalu berulang dari menu yang sama, tetapi dapat dibuat lebih beragam. Tujuannya adalah untuk mencegah rasa bosan sekaligus meningkatkan selera makan penderita. Karenanya perlu beberapa tips untuk mengubah makanan orang diabetes menjadi lebih nikmat dengan pilihan menu yang bervariasi. Berikut ini beberapa hal yang perlu dicoba.

Buat Menu Sesuai Selera

Sajian Lezat Makanan Orang DiabetesMenu makanan penderita diabetes sebenarnya dapat dibuat sesuai dengan selera penderita. Jadi tidak harus selalu sama antara menu hari sebelumnya dengan hari sesudahnya. Misalnya ketika penderita ingin menikmati nasi goreng, maka menu pun bisa diganti dengan sajian nasi goreng. Meski demikian, nasi goreng yang akan disajikan hendaknya mengandung lebih banyak serat. Untuk menambahkan seratnya, penderita dapat memasukkan beberapa jenis sayuran hijau ke dalam nasi goreng. Pilihlah jenis sayuran yang disukai, misalnya brokoli, sawi atau kubis. Dengan begitu, penderita akan lebih nyaman ketika mengkonsumsinya. Selain menambahkan beberapa jenis sayuran, pertimbangkan juga penggunaan minyak untuk menumis bumbu nasi goreng. Sangat disarankan untuk menggunakan minyak zaitun atau minyak sayur agar sajian lebih nikmat dan sehat. Sementara untuk menambah rasa manis, ganti penggunaan kecap manis dengan sedikit madu diabetes. Dengan begitu, sajian yang dihasilkan nantinya akan lebih bermanfaat bagi kesehatan, khususnya bagi kestabilan gula darah penderita.

Cobalah Menu Baru

Selain menyesuaikan makanan yang akan dikonsumsi, penderita nantinya juga tetap dapat berkreasi dengan menu yang ada atau menciptakan menu menu baru. Yang terpenting disini adalah mengenai kesesuaian jumlah kalori yang diperoleh dengan jumlah kalori yang dibutuhkan. Jadi apapun makanannya, usahakan agar total kalori yang diperoleh dari makanan tersebut bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Jika kalori yang diperoleh berlebih, maka dampaknya tidak akan bagus bagi gula darah penderita. Gula darah nantinya dapat mengalami lonjakan kembali. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi upaya penanganan diabetes melitus yang sedang dilakukan, baik dengan obat diabetes oral maupun dengan insulin dan obat alami untuk diabetes. Selain itu, lonjakan gula darah yang dialami akan dapat semakin meningkatkan frekuensi munculnya gejala DM.

Tambahkan Garnish

Agar makanan yang disajikan dapat lebih menggugah selera makan penderita, bisa juga disiasati dengan menambahkan sedikit garnish atau hiasan seperti irisan tomat segar, wortel, seledri dan semacamnya. Hal ini mungkin tampak berlebihan. Namun tidak ada salahnya dicoba. Apalagi jika nantinya dapat membantu menambah selera makan penderita. Dengan begitu, menu makanan yang disajikan tidak akan lagi tampak membosankan.