Penyakit diabetes merupakan penyakit gangguan metabolisme kompleks yang seharusnya tidak hanya diatasi dengan terapi diabetes melitus saja. Terapi dengan obat untuk diabetes yang diperoleh nantinya juga perlu diimbangi dengan perubahan gaya hidup. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang masuk dalam kategori makanan untuk orang diabetes.  Makanan untuk orang diabetes yang dimaksud nantinya tidak harus selalu berupa menu yang sama, tetapi dapat disesuaikan dengan selera penderita. Berikut ini beberapa tips yang kami yakin dapat membantu penderita dalam hal menyusun menu sehat tersebut.

Pilih Jenisnya

Makanan Untuk Orang DiabetesJenis makanan untuk orang sakit diabetes memang nantinya akan sedikit berbeda dengan makanan yang dikonsumsi oleh non-penderita diabetes. Hal ini dilakukan dengan tujuan menjaga kestabilan gula darah penderita agar tidak lagi mengalami lonjakan yang cukup drastis. Karenanya jenis makanan yang akan dikonsumsi harus benar-benar dipertimbangkan.

Terkait pemilihan jenis makanan untuk orang sakit diabetes tersebut, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah mengenai pantangan diabetes. Hal ini dapat meliputi penggunaan pemanis dalam masakan dan makanan dengan kalori yang relatif tinggi. karenanya penderita diharapkan dapat membatasi konsumsi makanan tersebut agar gula darah tetap dapat terkendali.

Sementara itu, sebagai ganti makanan tadi, penderita hendaknya memilih jenis makanan yang mengandung banyak serat, potasium, flavonoid dan saponin. Keempat nutrisi tersebut diyakini dapat membantu mengendalikan gula darah dan dapat diperoleh dengan mudah hanya dengan mengkonsumsi makanan untuk pengidap diabetes. Bahkan salah satu dari makanan tersebut, yaitu labu parang telah diteliti khasiatnya dalam hal menurunkan gula darah. Karena keefektifannya dalam hal menurunkan gula darah tersebut, labu parang kemudian dianggap sebagai salah satu jenis obat diabetes alami.

Atur Porsinya

Selain memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi, penderita juga perlu mengatur porsi makannya. Normalnya makan memang dilakukan tiga kali dalam sehari. Namun bagi penderita diabetes, makan dapat dilakukan sebanyak enam kali dalam sehari, dimana tiga diantaranya diisi dengan makanan kudapan. Selain itu, porsi makan akan sedikit dikurangi, sehingga total kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak akan berlebihan. Dengan begitu,  gula darah penderita tetap dapat dikendalikan dengan baik.

Kreatif dalam Menentukan Menu

Seperti yang sudah dikemukakan di awal artikel tadi bahwa menu makanan untuk orang diabetes tidak harus membosankan. Penderita, dalam hal ini, dapat lebih berkreasi untuk menentukan menunya, sehingga harapannya penderita tidak akan bosan dengan menu yang ada. Meski demikian, pemilihan makanan hendaknya juga diperhatikan. Akan lebih baik jika yang dipilih adalah makanan yang kaya nutrisi, sehingga nantinya tidak akan memicu terjadinya lonjakan gula darah.