Turun naiknya kadar gula dalam darah sebaiknya selalu dipantau untuk menjaga kesehatan, pasalnya kontrol gula darah yang tak terpantau dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, serangan jantung, dan penyakit lain yang diperburuk dengan komplikasi.

Naiknya gula darah disebabkan oleh pola hidup yang buruk dan tidak sehat seperti makanan yang kurang sehat, pola tidur yang tak terjaga,, serta olahraga yang jarang dilakukan. Namun diantara ketiga faktor tersebut, faktor makanan lah yang paling diacuhkan oleh kebanyakan penderita. Diet yang tidak terpola dengan baik dan benar juga mampu membuat gula darah tidak terkontrol.

Naiknya Gula Darah Picu Penyakit Diabetes Melitus

5 cara kontrol gulaSeperti yang telah dijelaskan diatas, penyakit yang paling sering muncul akibat naiknya gula dalam darah adalah diabetes mellitus. Penyakit ini terjadi ketika gula dalam darah mencapai lebih dari 4Mm, keadaan ini disebut juga hiperglikemia. Tentu saja penyakit ini sangat berbahaya bagi tubuh jika dibiarkan berlangsung secar terus menerus.

Biasanya memang penyakit diabetes terjadi secara turun termurun, namun faktor makanan juga turut serta dalam mempengaruhi terjadinya penyakit berbahaya ini. Oleh karena itu, kontrol gula dalam darah sangat diperlukan untuk mencegah penyakit diabetes mellitus.

Tips Mengontol Gula Darah

Gula darah tidak terkontrol yang memicu penyakit diabetes mellitus biasanya terjadi di usia lebih dari 40 tahun, namun tidak juga menutup kemungkinan bahwa dibawah usia 40 tahun juga dapat terkena penyakit ini.

Bapak Ibu

Untuk itulah, cara-cara dibawah ini sebaiknya mulai Anda lakukan untuk membantu mengontrol dan menghindari naiknya gula darah agar tetap dibatas normal.

1. Olahraga secara teratur

Olahraga yang dilakukan secara teratur minimal seminggu tiga kali dapat menurunkan resiko naiknya gula darah karena olahraga dapat menurunkan resistensi insulin seseorang. Jika Anda keberatan untuk berolahraga berat, Anda dapat melakukan jogging atau jalan santai selama kurang lebih 30 menit setiap hari.

2. Hindari minuman manis bergula tinggi

Minuman manis kemasan yang bergula tinggi sebaiknya Anda hindari untuk mencegah naiknya gula dalam darah. Pemanis buatan yang terdapat pada minuman kemasan dapat memperburuk kondisi dan memicu penyakit diabetes. Tak hanya itu, menurut penelitain terakhir diungkapkan bahwa energi yang terdapat pada gula minuman kemasan tidak dapat dibakar dengan berolahraga sekalipun.

3. Konsumsi labu atau biji bunga matahari sebagai cemilan

Untuk menghindari naiknya kadar gula dalam darah, Anda sebaiknya mengganti camilan manis Anda dengan labu atau biji bunga matahari. Kedua camilan ini terbukti tidak dapat membuat gula darah naik dan mengandung magnesium yang dapat melawan resistensi insulin.

4. Mengatur pola makan dengan baik

Anda sebaiknya mengatur pola makan sebaik mungkin agar gula darah dapat terkontrol. Hal ini dapat dilakukan dengan cara makan setiap 2 atau 3 jam sekali berupa buah-buahan atau sayuran segar. Makan lebih sering dengan jenis makanan sehat akan membuat gula dalam darah seimbang dan mencegah makan terlalu banyak di saat perut lapar.

5. Cek kesehatan secara teratur

Langkah selanjutnya adalah selalu mengecek kadar gula dalam darah dengan melakukan cek kesehatan. Seringnya melakukan cek kesehatan dapat membuat Anda lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan serta pola hidup serta menjaganya dengan lebih baik. Dokter akan membantu Anda dalam hal ini dan jangan segan untuk bertanya soal masalah kesehatan pada ahlinya.