Manfaat dan cara senam kaki pada penderita diabetes melitus. Bagi penyandang diabetes olahraga sanagat penting dilakukan secara rutin. Menurut american diabetes asosiation seorang penyandang diabetes tipe 2 setidaknya harus berolahraga setidaknya 5 kali dalam seminggu selama 30 menit. Dengan berolahraga anda bisa mengontrol berat badan, menguatkan tulang dan otot, sekaligus meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin yang membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu olahraga juga bisa menurunkan resiko komplikasi akibat diabetes.

Jenis olahraga yang disarankan antara lain jalan kaki, bersepeda, yoga dan berenang. Selain itu ada satu olahraga yang sangat dianjurkan oleh para ahli yaitu senam kaki diabetes. Kami akan menjelaskan bagaimana dan manfaat senam kaki diabetes. Kegiatan ini bisa dilakukan dimana saja lho termasuk didalam rumah.

senam kaki pada penderita diabetes melitusSenam kaki diabetes adalah latihan gerakan kaki yang dilakukan penyandang diabetes untuk memperbaiki sirkulasi darah, memperkuat otot-otot kaki, mengatasi keterbatasan pergerakan sendi dan mencegah komplikasi diabetes. Senam kaki diabetes sangat mudah dan praktis. Anda hanya perlu menyiapkan kursi dan kertas koran untuk melakukannya.

Yuk kita mulai senam diabetes sekarang. Letakkan tumit dilantai lalu gerakkan jari-jari kaki keatas dan kebawah ulangi sebanyak 2 set dan 10 repetisi. Gerakan kedua angkat kaki kiri keatas dan bertumpu pada tumit. Lakukan gerakan memutar keluar dengan pergerakan pada pergelangan kaki. Ulangi secara bergantian pada kaki kiri dan kanan sebanyak 2 set dan 10 repetisi.

Gerakan ketiga, angkat dua kaki sejajar. Gerakkan telapak kaki kedepan dan belakang. Ulangi sebanyak 2 set dan 10 repetisi. Gerakan keempat, angkat kaki sejajar, gerakkan kaki kedepan sebanyak 2 set dan 10 repetisi. Gerakan kelima luruskan salah satu kaki dan angkat putar pada pergelangan kaki seperti menulis angka nol hingga angka sepuluh lakukan secara bergantian kiri dan kanan.

Bapak Ibu

Gerakan keenam, letakkan sebuah koran dilantai bentuk koran tersebut seperti bola menggunakan kaki kemudian ratakan kembali koran tersebut. Lanjutkan merobek koran menjadi dua bagian dengan kaki lalu robek satu bagian koran menjadi robekan-robekan kecil dan pindahkan keatas koran yang masih utuh. Terakhir bentuk kembali kertas koran menjadi bola.

Bagaimana mudah bukan menjalankannya? Latihan ini hanya butuh 15 menit sampai 30 menit saja kok. Menurut para ahli senam kaki diabetes harus dilakukan 1 kali dalam seminggu. Tapi akan lebih baik jika anda melakukannya setiap hari.