Suntik insulin memang biasa digunakan untuk membantu mengatasi penyakit diabetes melitus khususnya diabetes melitus tipe 1. Namun ternyata, insulin buatan yang biasanya disuntikkan ke dalam tubuh penderita DM tersebut tidak boleh digunakan secara asal-asalan. Karena suntik insulin yang digunakan secara asal-asalan justru bukan akan membantu mengatasi penyakit diabetes melitus, namun akan menimbulkan banyak sekali efek negatif. Banyak penderita DM yang terkejut ketika merasakan gejala-gejala dari efek negatif penggunaan suntik insulin yang tidak tepat tersebut. mayoritas dari mereka yang sudah merasakan efek negatif dari penyuntikan insulin buatan tersebut adalah penderita DM yang melakukan penyuntikan insulin buatan sendiri. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tidak melakukan penyuntikan insulin sendiri jika memang anda belum mengetahui mengenai kapan dan bagaimana sebaiknya melakukan suntik insulin tersebut. Lalu seperti apa saja gejala-gejala negatif dari penggunaan suntik insulin secara sembarangan tersebut? Cek ragam gejalanya di sini.

Ragam Efek Negatif Dari Kesalahan Penggunaan Suntik Insulin Buatan Pada Penderita DM

Jangan sampai anda meremehkan masalah penggunaan suntik insulin ini. Karena efek negatif yang akan anda rasakan ketika asal-asalan menggunakannya akan semakin memperparah kondisi kesehatan tubuh anda sebagai penderita DM. Jika anda adalah penderita diabetes melitus yang sering menggunakan suntikan insulin secara sembarangan, maka berhati-hatilah dengan beberapa macam efek negatifnya berikut ini:  
  • Hipoglikemia
Suntik InsulinYa, memang penggunaan hormon insulin buatan yang tidak sesuai dengan aturan akan memicu masalah hipoglikemia bagi penderita diabetes melitus. Biasanya, hipoglikemia bisa dialami jika penderita diabetes melitus sering menyuntikkan insulin buatan dengan dosis yang berlebihan. Selain itu, penderita DM juga bisa mengalami hipoglikemia ketika menyuntikkan insulin buatan ketika perut dalam keadaan kosong.
  • Lipoatrofi
Lipoatrofi adalah permasalahan yang terjadi pada bagian area kulit tertentu dimana penyuntikan insulin biasa dilakukan. Biasanya, jika penyuntikan insulin hanya dilakukan pada area kulit itu-itu saja, maka area kulit tersebut akan menjadi cekung.
  • Aterosklerosis
Aterosklerosis bisa juga dialami oleh penderita DM yang tidak menggunakan suntik insulin buatan dengan aturan yang tepat. Biasanya, masalah tersebut sering dialami oleh penderita diabetes melitus tipe 2 yang memiliki kelebihan berat badan. Untuk mencegah terjadinya aterosklerosis, sebaiknya dosis suntikan insulin dikurangi jika memang penderita DM tipe 2 memiliki masalah kelebihan berat badan.
  • Kaligata
Kaligata merupakan masalah yang terjadi pada kulit akibat kesalahan penggunaan suntikan insulin. Gejala kemunculan kaligata adalah alergi gatal pada kulit. Bagaimana? Cukup berbahaya bukan efek negatif dari kesalahan penggunaan suntik insulin pada penderita diabetes melitus? Oleh sebab itu, sebaiknya jika memang anda merasa lebih praktis untuk melakukan penyuntikan insulin buatan sendiri, maka pastikan untuk mengetahui kapan waktu paling tepat dan juga dosis yang tepat untuk anda. Karena jika anda menggunakan insulin buatan secara tepat, maka anda bisa terhindar dari semua efek negatifnya tersebut.