Diabetes pada anak sebenarnya bukan jenis diabetes khusus. Diabetes anak merupakan penyakit diabetes melitus tipe 1 yang disebabkan oleh gangguan produksi insulin. Gangguan produksi insulin sebagai penyebab DM tipe 1 pada anak ini merupakan akibat dari adanya kerusakan pada sel beta pankreas. Sementara itu, sel beta pankreas merupakan kelenjar yang bertugas mensekresikan insulin dalam jumlah yang cukup guna mengontrol kadar gula darah.

Dengan rusaknya sel beta pankreas, maka secara otomatis akan menghambat sekresi insulin. Terhambatnya sekresi insulin tersebut tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kestabilan kadar gula darah. Apalagi jika kerusakan yang terjadi cukup parah, sekresi insulin oleh sel beta pankreas dapat terhenti.

Gejala Diabetes Tipe 1

Sering Buang Air Kecil? Bisa Jadi Anda Terkena DiabetesGejala diabetes pada anak anak sebenarnya sama dengan gejala diabetes pada lansia, yaitu dapat meliputi sering buang air kecil, sering merasa haus, sering merasa lapar, penurunan berat badan yang cukup drastis dan tubuh yang kurang fit. Diantara gejala tersebut, gejala yang dapat dianggap paling dominan adalah penurunan berat badan yang cukup drastis. Karenanya jika anda menemui gejala tersebut pada anak anda, akan lebih baik jika segera dilakukan pemeriksaan kadar gula darah untuk memastikan apakah anak anda terserang diabetes atau tidak.

Benarkah Infeksi Virus Merupakan Salah Satu Faktor Pemicu DM Tipe 1?

Penyakit kencing manis pada anak, seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, disebabkan oleh gangguan produksi insulin. Sementara itu, gangguan produksi insulin dipicu oleh adanya kerusakan pada sel beta pankreas. Kerusakan yang terjadi pada sel beta pankreas umumnya terlambat diketahui. Hal ini karena sampai saat inipun belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan kerusakan pada sel beta pankreas.

Terkait dengan penyebab terjadinya kerusakan pada sel beta pankreas, sebuah penelitian terbaru yang meneliti pankreas seorang anak penderita kencing manis menemukan adanya virus di pankreas anak tersebut. Sementara itu, virus dengan jenis yang sama tidak ditemukan pada pankreas anak yang tidak menderita kencing manis. Penelitian tersebut kemudian menyimpulkan bahwa kemungkinan virus juga dapat menjadi pemicu terjadinya kerusakan pada sel beta pankreas.

Bapak Ibu

Klik Di Sini untuk mengalahkan kencing manis Anda Sekarang

Apakah Semua Penderita DM Tipe 1 Adalah Anak Anak?

Sel Beta Pankreas Merupakan Kelenjar Penghasil Utama Insulin Bagi TubuhSecara umum, penderita diabetes tipe 1 memang anak anak. Namun tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini nantinya menyerang orang dewasa dan remaja. Apalagi jika memang benar bahwa infeksi virus merupakan pemicu terjadinya kerusakan pada sel beta pankreas.

Terlepas dari mungkin atau tidaknya infeksi virus menyebabkan kerusakan pada sel beta pankreas, dalam beberapa kasus ditemukan kecenderungan terjadinya kerusakan pada sel beta pankreas setelah menderita diabetes tipe 2. Hal ini kemungkinan terjadi akibat sensitifitas tubuh terhadap insulin yang berkurang yang kemudian memaksa sel beta pankreas untuk bekerja lebih ekstra dalam hal memproduksi insulin. Seperti halnya mesin yang sedang bekerja, tentunya sel beta pankreas lama kelamaan akan berkurang fungsinya jika terus menerus dipaksa untuk mensekresikan insulin dalam jumlah yang cukup.

Pengobatan untuk DM Tipe 1

Berbeda dengan pengobatan DM tipe 2 yang umumnya lebih sering berupa obat penurun  gula darah, penderita DM tipe 1 akan lebih sering diberi sulih insulin. Hal ini sesuai dengan penyebab terjadinya penyakit, yaitu gangguan produksi insulin. Pemberian sulih insulin tentunya akan lebih efektif dalam hal mengontrol kadar gula darah karena tubuh memang memerlukan sekresi insulin dalam jumlah yang cukup. Sementara itu, sensitifitas tubuh terhadap insulin masih cukup baik sehingga penggunaan obat penurun gula darah dianggap terlalu berlebihan.

Pemberian Obat Untuk Menstabilkan Kadar Gula DarahNamun pada beberapa kasus, obat penurun gula darah mungkin perlu diberikan jika kadar gula darah tidak tampak menurun setelah pemberian sulih insulin. Apalagi insulin yang diberikan merupakan insulin buatan sehingga besar kemungkinannya insulin buatan tersebut untuk ditolak. Hal ini sesuai dengan fakta bahwa tubuh memiliki antibodi yang akan melawan setiap benda asing yang masuk ke dalamnya.

Pengobatan Medis Belum Secara Efektif Mengatasi Kencing Manis

Pengobatan medis memang terbukti dapat menjaga kestabilan kadar gula darah. Namun tahukah anda bahwa pengobatan tersebut belum mampu mengatasi akar penyebab kencing manis? Karenanya hasil pengobatan yang dijalani penderita pun umumnya tidak permanen sehingga menimbulkan efek ketergantungan.

Dengan hasil pengobatan yang diperoleh tersebut, maka tidak heran jika kemudian penderita juga menggunakan obat herbal selain menjalani pengobatan medis. Dalam hal ini, penggunaan obat herbal memang tidak dilarang. Namun umumnya dokter tidak akan menganjurkan penggunaan obat herbal bersamaan dengan obat yang diresepkannya. Hal ini karena obat herbal belum teruji secara klinis khasiatnya.

Namun tidak semua obat untuk diabetes belum teruji secara klinis khasiatnya. Tahitian Noni sebagai salah satu obat herbal yang sudah mulai beredar di pasaran merupakan satu-satunya obat herbal yang khasiatnya sudah teruji secara klinis. Bahkan obat herbal yang satu ini telah mendapatkan pengakuan secara global terkait khasiatnya yang luar biasa dalam mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk di dalamnya diabetes.

KLIK DI SINI untuk mencabut akar penyebab kencing manis Anda Sekarang Juga