Diabetes atau diabetes mellitus merupakan penyakit yang sudah umum. Mengapa demikian? Hal ini karena jumlah penderita diabetes cukup banyak dan semakin bertambah tiap tahunnya. Yang menyedihkan justru penambahan jumlah penderita diabetes tidak disertai dengan pemahaman yang memadai akan penyakit serta penanganan agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut. Umumnya, sebagian besar orang hanya tahu diabetes merupakan penyakit kencing manis. Namun mereka tidak tahu lebih jauh mengenai jenis diabetes dan apa yang harus dilakukan ketika terserang diabetes. Pemahaman ini sangatlah penting agar penderita maupun keluarganya dapat bekerja sama dengan baik dalam hal penanganan penyakit sehingga komplikasi diabetes dapat dicegah. Lalu apa saja jenis-jenis diabetes yang perlu anda ketahui? Sebenarnya diabetes mellitus dapat diklasifikan menurut penyebab dan umur penderitanya. Berikut ini klasifikasi diabetes mellitus berdasarkan penyebabnya:

Diabetes Tipe I

Efek Obat-Obatan Salah Satu Penyebab Rusaknya Sel Beta PankreasTipe diabetes yang satu ini disebabkan oleh adanya kerusakan sel beta pankreas. Penyebab kerusakan pada sel beta pankreas masih dalam penelitian lebih lanjut. Namun menurut para ahli kemungkinan disebabkan oleh infeksi virus, efek obat-obatan, bahan kimia, penyakit pankreas dan gangguan endokrin lainnya. Sel beta pankreas merupakan sel yang bertugas dalam memproduksi insulin, hormon yang berfungsi mengontrol kadar gula dalam darah. Ketika sel beta pankreas mengalami kerusakan, akibatnya tubuh tidak dapat memproduksi insulin sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus terjadi, maka kadar gula dalam darah akan semakin meningkat. Untuk menstabilkan kadar gula dalam darah, tubuh terpaksa mengeluarkannya bersama dengan urin. Inilah sebabnya urin penderita diabetes berasa manis.

Diabetes Tipe II

Berbeda dengan tipe diabetes mellitus sebelumnya, diabetes tipe II terjadi karena tubuh atau tepatnya sel reseptor insulin mengalami resistensi atau penolakan terhadap insulin. Jelas sekali bahwa di dalam tubuh penderita diabetes tipe II dihasilkan insulin dalam jumlah yang cukup untuk menstabilkan kadar gula darah. Akan tetapi resistensi sel penerima insulin mengakibatkan tubuh kekurangan insulin relatif yang mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat. Mungkin anda bertanya tanya mengapa bisa terjadi resistensi sel terhadap insulin yang ada. Tahukah anda bahwa penyebabnya adalah obesitas? Penumpukan lemak terutama di daerah perut menghambat kerja pankreas. Selain itu, penumpukan lemak dapat menutupi permukaan sel reseptor insulin sehingga mengakibatkan resistensi terhadap insulin.

Diabetes Tipe Khusus

Obat Diabetes Mellitus Sampai Saat Ini Belum Mampu Mengatasi Penyakit DiabetesDiabetes tipe khusus belum diketahui penyebabnya secara pasti namun ditengarai akibat infeksi virus, penyakit pada pankreas, efek penggunaan obat dalam jangka waktu yang lama, efek bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh serta gangguan endokrin lainnya. Karena belum diketahui penyebabnya secara pasti, konsultasikanlah dengan dokter untuk mengetahui apakah anda terserang diabetes tipe khusus sehingga penanganan terhadap penyakit bisa segera dilakukan sebelum terlambat.

Diabetes Pada Ibu Hamil

Jenis diabetes melitus yang satu ini hanya terjadi pada waktu hamil yang biasanya muncul pada minggu ke-24 atau ketika kehamilan menginjak bulan ke-6. Kadar gula darah ibu yang tinggi dapat masuk ke aliran darah janin sehingga menyebabkan janin tumbuh melebihi ukuran janin normal (makrosomia/giant baby). Karena hanya terjadi saat hamil, diabetes ini biasanya akan menghilang setelah melahirkan. Namun bisa saja diabetes muncul kembali di luar kehamilan. Dengan kata lain, ibu yang pernah mengalami diabetes saat hamil berpotensi terserang diabetes di luar kehamilan.

Klasifikasi Diabetes Melitus Menurut Umur Penderita

Sebenarnya, klasifikasi diabetes menurut umur penderita tidak jauh berbeda dengan klasifikasi diabetes menurut penyebabnya. Mengapa demikian? Hal ini karena diabetes dapat menyerang siapa saja. Namun yang paling beresiko terkena diabetes memang mereka yang berumur diatas 30 tahun dengan gaya hidup yang tidak sehat. Fakta lain menunjukkan bahwa mereka yang mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga juga berpotensi terkena diabetes dua kali lipat. Namun ternyata resiko ini dapat dikurangi jika ada perubahan gaya hidup, pola makan dan diet yang benar serta diimbangi dengan aktifitas fisik yang cukup.

Apa yang harus dilakukan setelah mengetahui tipe diabetes yang diderita?

Perubahan Gaya Hidup Guna Mencegah Terkena DiabetesHal terpenting yang harus dilakukan setelah mengetahui jenis diabetes yang diderita adalah bersahabat dengan diabetes. Artinya penderita harus tetap semangat meskipun ia telah divonis menderita diabetes. Tentunya dukungan dari keluarga juga akan sangat membantu penderita. Hal lain yang perlu dilakukan adalah perubahan gaya hidup disertai pola makan teratur dan diet yang seimbang. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan olahraga. Konsultasi dengan dokter juga tetap perlu dilakukan apalagi ketika penderita menemui gejala hipoglikemia, suatu kondisi dimana kadar gula darah menurun drastis yang jika tidak segera ditangani akan menyebabkan penderita koma meskipun hanya beberapa jam. Biasanya akan diberikan tablet glukosa atau infus glukosa agar kadar gula darah penderita normal kembali. Namun yang perlu diingat bahwa obat yang diberikan dokter bukanlan suatu upaya bagi si penderita untuk sembuh. Hal ini karena obat yang diberikan dokter hanya berfungsi membantu menurunkan kadar gula dalam darah yang meningkat. Apakah mungkin ada metode lain yang bisa secara efektif menuntaskan akar permasalahan diabetes? Tahukah Anda bahwa ada terobosan baru dalam dunia pengobatan alternatif diabetes? Ditemukan cara baru untuk mengobati berbagai tipe diabetes dengan sangat efektif. Temuan baru ini telah teruji secara medis dan memang dapat membuat gula darah Anda tetap normal dan stabil. Metode ini bekerja langsung pada akar penyebab diabetes, sehingga masalah diabetes Anda bisa disembuhkan sampai ke akar akarnya.

Klik Di Sini untuk mencabut akar penyebab kencing manis Anda Sekarang Juga