Posted by in Makanan

6 Macam Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Penyakit kencing manis merupakan penyakit gangguan metabolik yang diakibatkan oleh gangguan produksi insulin dan gangguan fungsi insulin. Akibat kedua penyebab penyakit gangguan metabolik ini, kadar gula darah menjadi meningkat drastis. Guna mengurangi peningkatan kadar gula darah yang terjadi tersebut, maka pengobatan medis pun diberikan. Namun pengobatan medis saja tidaklah cukup jika tidak disertai dengan diet.

Diet untuk penderita diabetes yang harus dilakukan nantinya akan sangat menentukan jenis makanan apa yang baik dikonsumsi oleh penderita setiap harinya. Makanan tersebut dikelompokkan menjadi makanan sehat bagi penderita diabetes. Makanan sehat untuk penderita diabetes melitus dalam hal ini merupakan jenis makanan yang tidak akan menyebabkan lonjakan terhadap kadar gula darah namun justru menjaga atau bahkan menurunkan kadar gula darah yang meningkat.

Seperti yang mungkin telah anda ketahui mengenai makanan sehat diabetes, umumnya makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita adalah yang banyak mengandung serat dan potasium. Bagaimana dengan makanan yang mengandung karbohidrat? Bukankah karbohidrat merupakan penghasil energi bagi tubuh? Berikut ini akan diberikan daftar makanan yang termasuk dalam kategori makanan sehat diabetes.

Gandum

Gandum adalah Makanan Sehat Penderita DiabetesGandum kaya akan serat. Alasan inilah yang membuatnya masuk ke dalam kategori makanan sehat penderita diabetes. Selain kaya akan serat, gandum juga memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh. Karbohidrat dalam konteks ini merupakan penghasil energi. Namun bukankah karbohidrat dapat menyebabkan peningkatan pada kadar gula darah?

Karbohidrat secara umum memang dapat menyebabkan lonjakan pada kadar gula darah. Namun itu hanya terjadi jika yang dikonsumsi adalah makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti halnya gandum justru tidak akan  menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Konsumsi secara rutin bahkan dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah dapat terjaga kestabilannya.

Bapak Ibu

Oatmeal

Oatmeal juga kaya akan serat, protein dan karbohidrat. Namun seperti halnya kandungan karbohidrat yang ada dalam gandum, karbohidrat yang dimiliki oatmeal juga tidak akan menyebabkan lonjakan pada kadar gula darah. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa konsumsi oatmeal juga sangat dianjurkan mengingat makanan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Apalagi dengan adanya fakta bahwa penderita kencing manis mempunyai resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung. Jadi konsumsi oatmeal akan sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko tersebut selain menjaga kadar gula darahnya agar tetap stabil.

Beras Merah

Karbohidrat pada Beras Merah Tidak Akan Menyebabkan Lonjakan Kadar Gula DarahMakanan lainnya yang juga mengandung serat adalah beras merah. Selain mengandung serat dalam jumlah yang cukup, beras merah juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga anda tidak perlu khawatir akan kekurangan sumber penghasil energi dengan tidak mengkonsumsi nasi. Justru konsumsi nasi untuk kasus penderita kencing manis perlu dikurangi karena dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Bayam

Sayuran hijau seperti bayam kaya akan klorofil yang berfungsi sebagai zat antioksidan bagi tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga dikenal kaya akan lutein. Lutein ini yang fungsinya mirip dengan karotenoid dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kerusakan mata. Hal ini karena umumnya penderita diabetes mengalami gangguan pada penglihatannya, khususnya bagi mereka yang menderita diabetes menahun. Karenanya konsumsi sayuran hijau perlu ditambah untuk menjaga fungsi mata agar tetap baik.

~Klik DI SINI untuk terhindar dari komplikasi kencing manis~

Konsumsi Gula dan Pemanis Buatan

Penderita penyakit gula darah sedang mengalami gangguan metabolik yang disebabkan oleh gangguan produksi insulin dan/atau gangguan fungsi insulin. Karenanya kadar gula darah penderita mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Guna menjaga kestabilan kadar gula darah atau dengan kata lain mengurangi terjadinya lonjakan kadar gula darah, penderita diabetes diharapkan mengurangi konsumsi gula atau pemanis buatan lainnya. Sebagai pengganti gula, penggunaan gula aren (palm sugar) dapat menjadi solusi untuk menjaga agar kadar gula darah tetap stabil.

Konsumsi Buah

Buah Pir Salah Satu Buah yang tidak menyebabkan Lonjakan Kadar Gula DarahKonsumsi buah akan sangat baik bagi kesehatan karena buah mengandung semua nutrisi yang diperlukan tubuh. Namun bagi penderita diabetes tidak demikian halnya. Hal ini karena terdapat beberapa jenis buah yang konsumsinya justru akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Hanya jenis buah tertentu saja yang dapat dikonsumsi oleh penderita, seperti halnya mengkudu.

Mengkudu sendiri terkenal akan khasiatnya yang dapat menurunkan kadar gula darah. Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua mengkudu memiliki khasiat yang sama dalam hal menurunkan kadar gula darah. Hanya mengkudu pilihan saja yang benar-benar mampu menjaga kestabilan kadar gula darah penderita kencing manis.

Penelitian terakhir menemukan bahwa mengkudu pilihan ternyata dapat mengatasi dengan baik akar penyebab diabetes. Karena itulah kemudian mengkudu pilihan tersebut digunakan sebagai komposisi obat herbal diabetes. Obat herbal tersebut diberi label Tahitian Noni karena memang menggunakan buah mengkudu Tahiti (Noni) yang merupakan mengkudu pilihan dengan berbagai khasiat bagi kesehatan.

Secara klinis, Tahitian Noni bukan hanya sudah teruji khasiatnya, tetapi juga telah menunjukkan angka kesembuhan yang sangat luar biasa terhadap penderita diabetes, yaitu sebesar 82%. Sebelumnya, dalam sebuah ujicoba jus buah mengkudu tersebut diujicobakan pada 27000 pasien penderita berbagai jenis penyakit yang didalamnya juga termasuk penderita diabetes. Hasilnya menunjukkan bahwa penderita kencing manis yang ikut dalam ujicoba tersebut berhasil mengatasi penyakitnya dengan baik. Bagaimana dengan anda? Coba dan rasakan sendiri khasiatnya sekarang juga!

KLIK DI SINI untuk mengalahkan kencing manis Anda Sekarang

 

   
  1. Terima kasih, E- book anda sangat…sangat berharga sekali untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang sering saya hadapi dalam menerima keluhan pasien diabetes. Kalau bisa ada yg lain spt: struk, hypertensi, dll penyakit yang sulit ditangani dunia medis/kedokteran..

  2. Apakah kentang bisa menjadi makanan diet bagu penderita diabtes?
    Apakah penderita diabetes bisa sembuh normal kembali?

    • Halo, apa kabarnya?
      Untuk diet bagi penderita daibetes, sebaiknya tidak menggunakan kentang.
      Saya sarankan anda menggunakan nasi merah atau Oat yang tidak instan.
      Hal ini dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dalam pola makan sehat Anda.
      Selain diet, saya sarankan Anda untuk berolahraga secara rutin dan teratur agar lemak dapam tubuh berubah menjadi energi.
      Penderita diabetes dapat sembuh dengan pola hidup sehat, berolahraga dan terapi menggunakan Tahitian Noni. :)

  3. Asw.pak bolehu gx utk gejala diabetes makan mie dlm seminggu sehari.trz minum susu bendera and perbanyak minum kunyit ?mohon blsan komentarnya.

    • Hallo,
      Apa kabar ?

      Mengkonsumsi mie dalam seminggu 1 kali boleh, tapi sebaiknya jika keadaannya cukup serius kami sarankan jangan mengkonsumsi mie.
      Dan untuk susu bendera sebaiknya tidak dikonsumsi tetapi untuk minuman kunyit tidak masalah tetap diminum.

      Semoga informasi kami berguna untuk Anda.
      Terima kasih.

  4. Mengkunsumsi buah mengkudu yang benar yang sudah matang/ setengah matang…………..?tks

    • halo, Apa kabar?

      Kami sarankan Anda jangan sembarangan mengkonsumsi buah mengkudu, karena di khawatirkan mengkudu yang Anda konsumsi berbahaya bahkan beracun.
      hal tersebut tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan Anda.
      Jika Anda tidak mau repot, Anda bisa memesan Tahitian Noni Juice melalui kami.
      Tahitian Noni Juice telah memiliki hasil medis, Hak Paten, dan pengakuan manfaatnya dari BPOM serta memiliki Sertifikat Halal.

      Untuk informasi lebih lanjut tentang Tahitian Noni Juice, Anda dapat melihat di:
      ==> http://www.ObatKencingManis.net/

      Anda bisa melakukan pemesanan Tahitian Noni ini melalui kami.
      Untuk Order Tahitian Noni Juice, Anda dapat menginfokan nama, alamat dan jumlah pemesanan Anda melalui sms/tlp di no:
      XL ===> 081808894672;
      IM3 ===> 085755443423; atau
      Telkomsel ===> 082335575800
      Kami akan segera follow up pemesanan Anda dan akan infokan detail harganya pada Anda.

      Semoga informasi yang kami berikan berguna untuk Anda.
      Terima Kasih.

Silahkan Tulis Komentar/Pertanyaan Anda tentang Artikel ini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>