Makanan penderita diabetes harus meliputi makanan yang tidak mengandung gula berlebihan. Selain itu, makanan bagi penderita diabetes juga seharusnya lebih banyak mengandung serat. Hal ini karena kandungan serat yang diperoleh tubuh sangat berperan penting dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darah. Serat dalam jumlah yang cukup juga dapat membantu membakar lemak berlebih bagi penderita diabetes yang mengalami obesitas. Dengan terbakarnya lemak, maka berat badan pun akan terjaga dan resiko obesitas dapat dikurangi.

Terlepas dari jenis makanan untuk orang diabetes, perlu diketahui juga bahwa kestabilan kadar gula darah penderita harus selalu dijaga. Tujuannya adalah untuk menghambat waktu datangnya komplikasi. Dengan menjaga kestabilan kadar gula darah memang terbukti dapat menghambat waktu datangnya komplikasi akibat diabetes. Namun sayangnya untuk benar-benar terbebas dari komplikasi tersebut, menjaga kestabilan kadar gula darah saja tidaklah cukup.

Kandungan Serat Roti Gandum Dapat Menghambat Pelepasan Gula ke Dalam Aliran DarahSalah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kestabilan kadar gula darah selain menjalani pengobatan medis secara rutin adalah dengan mengkonsumsi makanan untuk penderita diabetes melitus. Di awal tadi sudah dijelaskan bahwa makanan untuk penderita diabet setidaknya harus mengandung serat dalam jumlah yang cukup. Selain itu, makanan yang baik untuk penderita diabetes juga harus diperhatikan kandungan gulanya. Jika memiliki kandungan gula yang tinggi, penderita kencing manis sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut karena dikhawatirkan akan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Sebagai referensi bagi anda, di bawah ini akan diberikan beberapa jenis makanan khusus penderita diabetes yang dapat anda pertimbangkan konsumsinya.

Roti Gandum

Gandum dikenal kaya akan serat. Karenanya konsumsi gandum pada penderita diabetes sangat dianjurkan karena kandungan seratnya dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk mengkonsumsi gandum secara rutin guna menjaga kestabilan kadar gula darah anda. Salah satu hasil olahan gandum yang dapat menjadi cemilan untuk penderita diabetes adalah roti gandum.

Bapak Ibu

Roti gandum saat ini sudah banyak sekali ditemukan. Manfaat mengkonsumsi roti gandum tentunya akan lebih besar dibanding mengkonsumsi roti biasa. Hal ini karena roti gandum memiliki kandungan serat yang cukup dan karbohidrat yang dimilikinya juga bukan jenis karbohidrat yang umumnya ada pada nasi dan roti berbahan dasar tepung biasa. Dengan demikian, konsumsi roti gandum akan lebih efektif dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darah anda.

Klik Di Sini agar gula darah Anda tetap stabil

Buah Pare

Siapa yang tidak kenal dengan buah pare (Momordica Charantia) ? Buah ini banyak ditemukan di sekitar kita. Namun umumnya buah ini jarang dikonsumsi karena rasanya yang pahit. Buah pare lebih sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi cacingan, sariawan, malaria, batuk dan penyubur rambut. Khasiat ini ternyata sudah mulai diketahui sejak tahun 1578.

Selain khasiat tersebut di atas, penelitian paling mutakhir menyebutkan efek konsumsi pare terhadap menurunnya kadar gula darah dengan ditemukannya suatu zat yang mirip dengan sulfonilurea. Sulfonilurea sendiri merupakan salah satu jenis obat penurun gula darah yang dapat meningkatkan sekresi insulin sehingga kerja insulin dalam hal menjaga kestabilan gula darah menjadi lebih optimal.

Okra

Tanaman okra (Abelmoschus Esculentus) memang belum banyak dikenal di Indonesia. Tanaman ini lebih populer di kawasan Asia Tengah dan Selatan. Okra sebenarnya merupakan sayuran berbentuk buah yang dapat ditambahkan dalam masakan. Di India, umumnya okra ditambahkan dalam kare. Sementara itu, okra lebih sering digunakan sebagai lalapan di Jepang. Bagaimana dengan di Indonesia?

Penggunaan okra di negara kita memang belum sepopuler di India, Jepang ataupun negara-negara lain. Namun akhir-akhir ini nama okra semakin populer di negara kita akibat khasiatnya yang dapat menurunkan gula darah.

Blueberry

Blueberry Ternyata Dapat Membantu Menurunkan Gula DarahBlueberry biasanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar selai. Namun tahukah anda bahwa blueberry ternyata juga dapat membantu menurunkan gula darah? Berdasarkan hasil penelitian di Kanada, jus blueberry yang ditambah dengan sedikit bakteri terbukti dapat menurunkan resiko hiperglikemia atau diabetes pada tikus yang mengalami obesitas sehingga kemudian disimpulkan bahwa jus blueberry dengan tambahan sedikit bakteri tersebut dapat menjadi anti-obesitas dan anti-diabetes.

Penemuan anti-obesitas dan anti-diabetes tentunya akan sangat membantu untuk mengurangi resiko diabetes sehingga prevalensi diabetes pun dapat dikurangi. Selain itu, penemuan tersebut juga nantinya akan sangat membantu dalam hal mengatasi kencing manis mengingat pengobatan medis yang ada saat ini belum mampu mengatasi sampai pada akar penyebabnya.

Salah satu anti-diabetes herbal yang saat ini sudah mulai dipasarkan adalah Tahitian Noni. Dengan memanfaatkan khasiat buah mengkudu pilihan sebagai komposisinya, obat herbal diabetes yang satu ini terbukti efektif mengatasi akar penyebab diabetes tanpa menimbulkan efek samping.

KLIK DI SINI untuk mengalahkan kencing manis Anda Sekarang