Posted by in Makanan

Adakah Alternatif Lezat Pengganti Nasi dan Roti yang Aman untuk Penderita Diabetes?

Roti dikenal sebagai pengganti nasi sebab kandungan karbohidrat pada roti dapat dianggap sama dengan kandungan karbohidrat pada nasi. Kandungan karbohidrat keduanya tersebut termasuk dalam kategori karbohidrat sederhana. Disebut karbohidrat sederhana karena ia tidak memerlukan proses pencernaan yang lama untuk dapat diubah menjadi energi. Karenanya karbohidrat sederhana akan lebih cenderung menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Terkait dengan kandungan karbohidrat sederhana tersebut, artikel kali ini akan membahas mengenai pengganti nasi dan roti yang tentunya dapat membantu penderita dalam hal menjaga kestabilan gula darahnya.

Roti Gandum

Karena dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana cenderung tidak dianjurkan untuk penderita diabetes. Sebagai gantinya, penderita dapat mengkonsumsi roti gandum yang lebih banyak mengandung serat. Serat dalam jumlah yang cukup sudah terbukti dapat menjaga kestabilan kadar gula darah. Hal ini karena serat dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Selain dapat menjaga kestabilan kadar gula darah, asupan serat dalam jumlah yang cukup juga dapat membantu meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin dengan terlebih dahulu membakar lemak berlebih di dalam tubuh. Dari sini dapat disimpulkan bahwa konsumsi roti gandum akan lebih memberikan manfaat bagi penderita kencing manis jika dibandingkan dengan konsumsi roti biasa.

Sementara itu, perlu diketahui juga bahwa gandum juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup sebagai penghasil energi bagi tubuh. Namun karbohidrat yang ada pada gandum ini sangatlah berbeda dengan karbohidrat yang ada pada nasi dan roti biasa. Hal ini karena karbohidrat pada gandum merupakan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks fungsinya hampir sama dengan serat yang dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Karenanya asupan karbohidrat kompleks justru tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Catatan Penting:

  • Jika suatu produk makanan mengandung gandum, bukan berarti produk tersebut baik untuk penderita diabetes. Perhatikan juga komposisi lainnya. Jika mengandung gula, tentunya makanan tersebut tidak dianjurkan untuk penderita diabetes.
  • Jika memilih roti gandum, pilihlah yang mengandung gandum penuh (whole grain). Akan kurang baik jika roti gandum tersebut bukan berasal dari gandum saja, tetapi ada campuran dari tepung yang lain.
  • Roti gandum yang whole grain jauh lebih baik dari pada yang whole wheat. Untuk penderita diabetes, roti gandum yang whole grain lebih baik karena efeknya lebih kecil dalam menaikkan gula darah. Kita bisa melihat label makanan/roti gandum tersebut untuk mengetahui apakah itu whole wheat ataukah whole grain.
  • Sekalipun roti gandum itu relatif lebih aman untuk penderita diabetes, sebaiknya porsi juga tetap diperhatikan. Jangan dikonsumsi berlebihan.

 

Bapak Ibu

Berikut ini akan diberikan daftar makanan lainnya yang baik dikonsumsi oleh penderita kencing manis:

Makanan Non Karbohidrat – Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli sangat kaya akan serat dan vitamin. Karenanya konsumsi sayuran hijau tersebut akan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang diperlukan penderita dengan tetap menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Namun perlu diingat bahwa konsumsi kangkung mungkin bisa sedikit dikurangi mengingat kangkung merupakan tumbuhan pembersih. Hal ini karena dikhawatirkan kangkung yang dikonsumsi mengandung zat-zat racun seperti merkuri dan timbal yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Untuk menghindari zat-zat yang tidak diinginkan masuk ke dalam tubuh, anda harus lebih jeli sebelum memutuskan untuk membeli sayuran yang hendak anda konsumsi. Khusus untuk kangkung, usahakan untuk mengetahui tempat tumbuhnya sayuran tersebut. Jika tumbuhnya di perairan, maka lebih baik memilih sayuran hijau lainnya untuk dikonsumsi guna menghindari masuknya zat-zat kimia berbahaya yang ada di perairan tersebut ke dalam tubuh.

Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes

Konsumsi buah secara umum sangat dianjurkan pada penderita diabetes. Hal ini karena buah kaya akan serat dan air. Kandungan seratnya yang cukup tersebut tentunya akan sangat membantu penderita dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Begitu juga kandungan airnya yang dapat mengurangi resiko dehidrasi akibat terlalu sering buang air kecil.

Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua buah itu baik untuk penderita kencing manis. Hal ini karena terdapat beberapa jenis buah yang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Meskipun kandungan seratnya dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, kandungan gula yang dimilikinya tersebut akan cenderung menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes dapat meliputi buah sirsak, nanas, durian, nangka dan mangga. Sementara itu, buah yang boleh dikonsumsi oleh penderita adalah buah apel, pir, alpukat, strowbery dan jeruk. Porsi buah yang dimakan juga harap diperhatikan. Sebaiknya jangan terlalu banyak.

Tanaman Herbal Terbaik untuk Diabetes

Ada banyak tanaman herbal yang “katanya” baik untuk diabetes. Namun, diantara semuanya itu hanya ada 1 yang telah terbukti secara klinis khasiatnya, yaitu buah Noni dari Tahiti. Berdasarkan penelitian paling mutakhir ditemukan jenis buah Noni Tahiti pilihan yang manfaatnya benar-benar ampuh dalam mengalahkan diabetes. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa ada ratusan jenis noni, dan tidak semua jenis Noni benar-benar berkhasiat. Ternyata noni terbaik adalah dari daerah Tahiti.

Dari hasil penelitian tersebut kemudian buah Noni terbaik dari Tahiti ini dipilih untuk digunakan sebagai komposisi utama salah satu obat herbal diabetes yang khasiatnya juga telah teruji secara klinis. Obat herbal yang dimaksud adalah Tahitian Noni yang sampai sekarang sudah mengantongi sebanyak 52 hak paten akan khasiatnya yang sangat luar biasa dalam hal mengatasi diabetes. Karenanya obat herbal kencing manis ini dapat menjadi solusi tepat untuk mengatasi akar penyebab penyakit kencing manis yang anda derita.

Klik Di Sini untuk mengalahkan Kencing Manis Anda Sekarang

   
  1. roti gandum sebaiknya dikonsumsi berapa potong dalam sehari?

    • Halo, apa kabar?

      Roti gandum memang baik digunakan untuk pengganti nasi putih.
      Saya sarankan untuk porsi mengkonsumsi roti gandum dalam sehari
      sewajarnya saja atau tidak berlebih.
      Terima kasih.

  2. Artikel ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai penyandang penyakit DM2. Terima kasih

Silahkan Tulis Komentar/Pertanyaan Anda tentang Artikel ini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>