Menu makanan diabetes merupakan menu yang berbeda dengan menu makanan untuk orang normal. Menu penderita diabetes ini memang khusus disusun untuk penderita penyakit gula darah. Tujuannya adalah untuk membuat daftar menu diabetes yang didalamnya berisi makanan makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita kencing manis. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kestabilan kadar gula darah penderita yang harus selalu dijaga agar tidak terus meningkat. Menu makanan penderita diabetes yang telah ada tersebut seharusnya menjadi pertimbangan bagi penderita yang ingin kadar gula darahnya tetap stabil. Dengan demikian diharapkan konsumsi menu sehat untuk pengidap diabetes mellitus ini dapat mencegah munculnya komplikasi. Hal ini karena komplikasi yang muncul akan semakin memperparah penyakit gula darah yang diderita. Lalu apa saja makanan yang harus ada dalam daftar menu untuk penderita diabetes? Berikut ini akan dijelaskan beberapa makanan yang wajib ada dalam daftar menu bagi penderita diabetes.

Beras Merah

Serat dalam beras beras merah berperan untuk menjaga kestabilan gula darahBeras merah seperti yang telah anda ketahui, mengandung banyak serat. Serat ini sangat penting peranannya dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darah ketika sedang menderita penyakit kencing manis. Hal ini karena dengan serat yang cukup, maka pelepasan gula ke dalam aliran darah dapat dicegah semaksimal mungkin sehingga kadar gula darah pun dapat tetap terjaga kestabilannya. Selain kaya akan serat, beras merah diketahui mengandung karbohidrat. Namun karbohidrat yang ada tentunya akan sangat berbeda dengan karbohidrat yang ditemukan pada nasi, roti, mie dan pasta. Hal ini karena karbohidrat yang ada pada beras merah merupakan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks memerlukan proses pencernaan yang lama untuk dapat diubah menjadi energi sehingga penyerapan gula yang terjadi akan berlangsung lebih lambat. Inilah yang menyebabkan masuknya karbohidrat kompleks justru dapat menjaga kestabilan kadar gula darah.

Gandum Utuh dan Produk Olahannya

Selain beras merah, makanan lain yang kaya akan serat adalah gandum utuh. Serat yang ada dalam gandum juga dapat menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga konsumsi gandum secara rutin akan sangat berdampak positif bagi kestabilan kadar gula darah penderita. Bagaimana dengan produk olahan gandum? Layaknya gandum utuh, produk olahan gandum juga dapat menjadi alternatif dalam hal memperoleh serat dalam jumlah yang cukup. Dengan begitu kadar gula darah dapat dijaga kestabilannya sehingga waktu datangnya komplikasi dapat dihambat.

Sayuran Hijau

Sayuran Hijau Dapat Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang dengan Kandungan AirnyaSayuran hijau dikenal kaya akan nutrisi dan kandungan air. Salah satu nutrisi penting yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran hijau adalah serat. Serat dalam jumlah yang cukup sangat diperlukan penderita diabetes untuk menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Karena itulah kemudian konsumsi sayuran hijau ini sangat disarankan pada penderita diabetes. Selain kandungan seratnya yang memang dikenal dapat menjaga kestabilan kadar gula darah, sayuran hijau juga dapat mengganti cairan tubuh yang hilang dengan kandungan airnya. Perlu diketahui bahwa penderita kencing manis nantinya akan lebih cenderung untuk mengalami dehidrasi akibat frekuensi buang air kecil yang meningkat sehingga air dalam jumlah yang cukup akan sangat bermanfaat bagi penderita.

Labu Pahit

Labu pahit juga dapat menjadi salah satu alternatif makanan yang dapat menjaga kestabilan kadar gula darah. Namun karena kemampuannya dalam hal menurunkan kadar gula darah, konsumsi labu pahit sebaiknya tidak dilakukan bersamaan dengan konsumsi obat penurun kadar gula darah. Hal ini karena jika keduanya dikonsumsi bersamaan, maka dikhawatirkan akan dapat menyebabkan hipoglikemia dimana kadar gula darah penderita menurun dengan cukup drastis. Kadar gula darah yang menurun dengan sangat drastis jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat akan dapat menyebabkan koma diabetik atau hilang kesadaran pada penderita.
>Klik DI SINI untuk terhindar dari komplikasi diabetes<

Teh Hijau

Teh Hijau Sangat Bermanfaat Untuk Menangkal Serangan Radikal BebasTeh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat menangkal serangan radikal bebas. Selain dapat menangkal serangan radikal bebas, teh hijau juga dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah yang meningkat. Inilah kemudian yang menjadikannya wajib dikonsumsi oleh penderita kencing manis guna menjaga kestabilan kadar gula darahnya.

Buah

Konsumsi buah pada penderita kencing manis memang diperbolehkan karena secara umum buah kaya akan serat. Namun tidak semua buah yang ada baik dikonsumsi oleh penderita penyakit gula darah. Hal ini karena terdapat beberapa buah seperti pisang, nanas, mangga, sirsak, durian dan nangka yang konsumsinya justru akan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Karenanya penderita harus tahu mana buah yang tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan mana yang dapat menyebabkan lonjakan pada kadar gula darah. Lalu buah apa yang boleh dikonsumsi oleh penderita kencing manis? Salah satu buah yang boleh dikonsumsi oleh penderita adalah buah mengkudu. Selain kandungan seratnya, buah ini dikenal dapat menurunkan kadar gula darah dan mengatasi penyakit kencing manis. Namun perlu diketahui bahwa hanya mengkudu jenis unggullah yang mampu menurunkan kadar gula darah secara efektif. Berdasarkan khasiat mengkudu dalam hal menurunkan kadar gula darah ini kemudian lahirlah sebuah produk kesehatan berlabel Tahitian Noni. Khasiat jus buah mengkudu ini telah teruji secara klinis, bahkan telah diujicobakan pada 27000 pasien penderita berbagai penyakit dengan melibatkan ahli medis di dalamnya. Hasil dari ujicoba yang dilakukan menunjukkan bahwa 82% penderita diabetes yang mengkonsumsi Tahitian Noni secara teratur berhasil mengatasi penyakitnya dengan baik. Dengan hasil yang cukup  luar biasa ini, Tahitian Noni layak menjadi solusi terbaik bagi penyakit gula darah yang anda derita.

KLIK DI SINI untuk mengalahkan diabetes Anda Sekarang