Apakah ada pantangan makanan untuk penderita diabetes? orang yang sudah dinyatakan menderita penyakit diabetes melitus jelas harus mulai pantang memakan beberapa macam jenis makanan.

Karena tanpa mengatur pola makan dengan tidak memakan berbagai macam makanan berbahaya, mereka tidak akan mampu mengendalikan penyakit yang dideritanya.

Ingat! Diabetes melitus adalah penyakit yang bisa bertambah ganas jika anda terus memakan berbagai macam makanan berbahaya.

Jika anda memang tidak ingin mengalami kesulitan dan hidup dalam penderitaan akibat penyakit diabetes melitus yang anda derita, maka segera mulai mengatur pola makan anda sesuai dengan pantangan makanan untuk penderita diabetes.

Apakah anda masih belum mengetahui apa saja pantangan makanan untuk penderita diabetes tersebut? Segera pelajari mengenai makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes tersebut di artikel ini.

Bapak Ibu

3  Jenis Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Perlu Ditaati

Untuk bisa mengendalikan penyakit diabetes melitus, memang anda harus benar-benar mentaati pantangan makanan untuk penderita diabetes. Inilah beberapa macam jenis makanan yang sebaiknya tidak anda konsumsi lagi:

  1. Makanan yang termasuk sebagai makanan karbohidrat sederhana

Pantangan Makanan Untuk Penderita DiabetesNasi dan juga roti adalah makanan yang termasuk dalam makanan karbohidrat sederhana. Makanan tersebut sebaiknya tidak lagi dikonsumsi oleh penderita diabet.

Karena karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang kurang tepat untuk penderita diabetes. karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar gula darah karena sangat cepat dicerna tubuh.

Untuk amannya, penderita diabet lebih disarankan untuk memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan beras hitam.

  1. Makanan yang memiliki kandungan lemak jahat di dalamnya

Selain makanan yang tergolong sebagai makanan karbohidrat sederhana, makanan yang mengandung lemak jahat seperti makanan cepat saji, daging-dagingan, jeroan, dan berbagai macam jenis makanan yang diolah dengan menggunakan bahan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh adalah makanan yang berbahaya bagi penderita DM.

Karena semua makanan tersebut memiliki kandungan lemak jahat yang sangat tinggi. Kandungan lemak jahat jika terus menerus dikonsumsi dapat memicu masalah komplikasi penyakit.

Meskipun demikian, tubuh memang membutuhkan lemak. Namun untuk mencukupi kebutuhan lemak di dalam tubuh, lebih baik penderita diabetes memakan makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan laut.

  1. Makanan berprotein yang berbahaya untuk penderita diabetes

Makanan yang mengandung protein memang dibutuhkan oleh penderita diabetes melitus. Namun pastikan untuk memakan makanan yang mengandung protein namun tidak mengandung lemak jahat.

Beberapa macam makanan yang mengandung protein yang harus dihindari oleh penderita diabetes adalah seperti daging goreng, iga, daging babi, keju, daging yang diolah beserta dengan kulitnya.

Apakah Semua Sayuran dan Buah Aman Dikonsumsi Oleh Penderita DM?

Selama ini kebanyakan orang menganggap bahwa semua sayuran dan buah aman dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Namun sayangnya, ada beberapa macam sayuran dan buah yang termasuk sebagai pantangan makanan untuk penderita diabetes.

Buah-buahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita kencing manis adalah buah yang memiliki indeks glikemik tinggi seperti kelengkeng, durian, nanas, nangka, sawo, pisang ambon, kurma, rambutan, dan juga mangga.

Sedangkan sayuran yang tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah sayuran yang dikemas di dalam kaleng dan mengandung sodium. Sayuran yang dimasak dengan bahan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh juga merupakan pantangan makanan untuk penderita diabetes.