Diet untuk diabetes mungkin masih sedikit terasa asing bagi anda. Hal ini sangat wajar karena istilah diet sendiri dapat memiliki arti yang bermacam-macam. Seperti halnya diet pada umumnya, diet DM nantinya akan mengarah pada pengaturan pola makan. Hal ini juga termasuk dengan pemilihan jenis makanan diet diabetes yang harus anda pertimbangkan agar diet diabet yang anda jalani dapat berhasil maksimal.

Terlepas dari jenis makanan diet untuk diabetes yang harus ada dalam daftar makanan ketika menjalani diet penderita diabetes, anda sepertinya perlu tahu mengenai tujuan dilakukannya diet untuk penderita diabetes ini. Apa sebenarnya tujuan dilakukannya diet bagi penderita diabetes tersebut? Perlu diketahui bahwa penderita kencing manis, kadar gula darahnya selalu meningkat atau paling tidak selalu fluktuatif. Dengan begitu guna mengupayakan kembali kadar gula darah yang stabil, maka harus dilakukan diet dengan menambah serta mengurangi konsumsi makanan jenis tertentu.

Mengatur Pola Makan dalam Menjalankan Diet Diabetes

Mengatur Pola Makan dalam Menjalankan Diet Diabetes

Dari penjelasan singkat tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan dilakukannya diet pada penderita diabetes adalah untuk mendapatkan kembali kadar gula darah yang stabil. Namun perlu diingat juga bahwa dengan hanya berharap mendapatkan kadar gula darah yang stabil melalui diet tentunya tidak akan cukup. Agar berhasil maksimal tentunya masih ada beberapa upaya lain selain diet diabetes yang memang harus dijalani oleh penderita kencing manis.

Terlepas dari beberapa hal lain yang perlu dilakukan penderita selain diet, perlu diingat juga beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dikonsumsi dan dihindari ketika sedang menjalani diet diabetes. Apa saja makanan dan minuman tersebut? Mari kita simak bersama sama uraian berikut.

Beras Merah

Konsumsi nasi putih yang berlebihan akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada penderita kencing manis. Mengapa? Perlu diingat bahwa nasi putih merupakan sumber karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana ini tidak memerlukan proses pencernaan yang lama sehingga nantinya akan mempercepat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Lain halnya dengan beras merah yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks harus melalui proses pencernaan yang lama sebelum dapat dicerna tubuh. Dengan begitu, beras merah tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Bapak Ibu

Sementara itu, kandungan serat yang tinggi juga dapat ditemukan pada beras merah. Dengan kandungan serat yang ada tentunya konsumsi beras merah akan dapat membantu penderita dalam hal menstabilkan kadar gula darahnya.

Klik Di Sini – Miliki gula darah yang normal dan stabil Sekarang Juga

Bayam

Senyawa dalam Bayam Bermanfaat untuk Menstabilkan Kadar Gula Darah

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran berdaun hijau gelap yang harus ada dalam daftar makanan diet diabetes anda. Mengapa diharuskan? Hal ini karena bayam kaya akan serat dan juga lutein. Lutein merupakan senyawa sejenis karotenoid yang sangat bermanfaat dalam hal menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, dengan dukungan serat yang ada dalam bayam, upaya untuk kembali mendapatkan kadar gula darah yang stabil akan dapat tercapai dengan lebih mudah.

Wortel

Wortel dikenal kaya akan vitamin A yang berguna bagi kesehatan mata. Lalu apa hubungannya dengan penderita penyakit gula darah? Perlu diingat bahwa penderita kencing manis umumnya banyak mengalami gangguan pada penglihatannya. Dengan begitu konsumsi wortel secara rutin diharapkan dapat memperbaiki gangguan penglihatan yang terjadi. Selain itu, kandungan serat pada wortel juga dapat membantu tercapainya kembali kadar gula darah yang stabil.

Air

Air merupakan zat pelarut. Sebagai pelarut, air merupakan pelarut yang paling baik. Karena itulah konsumsi air yang cukup diharapkan mampu mengurangi kelebihan gula dalam darah dengan cara membuangnya bersama dengan urin. Guna mendapatkan khasiat ini, tentunya anda perlu meminum air sebanyak 6 – 8 gelas per hari.

Teh Hijau

Konsumsi Teh Hijau Sangat dianjurkan untuk Penderita Kencing Manis

Teh hijau kaya akan antioksidan. Antioksidan akan sangat berfungsi sebagai penangkal serangan radikal bebas. Inilah salah satu alasan mengapa konsumsi teh hijau pada penderita kencing manis sangat dianjurkan. Dengan kandungan zat antioksidannya, teh hijau diharapkan mampu membentengi tubuh sehingga dapat terhindar dari berbagai jenis infeksi penyakit.

Mengkudu

Konsumsi buah pada penderita diabetes memang tidak serta merta dilarang. Namun perlu diketahui bahwa terdapat jenis buah tertentu yang sebaiknya dihindari. Hal ini terkait dengan kandungan glukosa dalam buah tersebut yang dikhawatirkan akan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Buah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah nanas, mangga, durian, sirsak, pisang dan nangka. Bagaimana dengan mengkudu? Apakah konsumsi mengkudu akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah?

Konsumsi mengkudu secara rutin ternyata tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Sebaliknya konsumsi mengkudu justru memperlihatkan penurunan kadar gula darah. Memang benar jika mengkudu dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Namun tidak semua mengkudu memiliki khasiat ini.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada buah mengkudu Tahiti diketahui bahwa hanya buah mengkudu terbaiklah yang khasiatnya sangat baik bagi kesehatan termasuk dalam hal cara mengatasi penyakit gula darah. Berawal dari hasil penelitian tersebut kemudian hadirlah sebuah produk kesehatan yang penggunaannya telah mendapat rekomendasi dari berbagai pihak khususnya Uni Eropa dan WHO. Jadi untuk solusi terbaik dalam hal mengatasi diabetes dan pencegahan terhadap berbagai macam penyakit, jangan ragu untuk mencoba khasiat Tahitian Noni Juice.

KLIK DI SINI untuk mengalahkan kencing manis Anda Sekarang