Menu makanan untuk penderita diabetes merupakan menu masakan atau makanan yang khusus diperuntukkan bagi penderita penyakit gula darah. Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam menu makanan diabetes melitus selain pengaturan jenis masakan atau makanan yang diberikan. Pengaturan ini ditujukan untuk menjaga kestabilan kadar gula darah penderita agar tidak terus menerus meningkat.

Terkait dengan kadar gula darah yang meningkat, perlu diingat bahwa setiap makanan yang masuk dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Layaknya penderita kencing manis, orang normal pun mengalami lonjakan kadar gula darah. Hanya saja pada tubuh orang normal tidak terjadi gangguan produksi insulin dan gangguan fungsi insulin sehingga lonjakan kadar gula darah yang terjadi dapat distabilkan kembali.

Lain halnya dengan penderita diabetes yang kadar gula darahnya tetap meningkat. Bahkan dengan masuknya makanan maka kadar gula darah akan semakin meningkat. Hal ini karena di dalam tubuh penderita sedang terjadi gangguan produksi insulin dan/atau gangguan fungsi insulin. Inilah alasannya mengapa kemudian muncul istilah menu sehat diabetes yang tujuannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Lalu apa saja jenis makanan diabetes yang perlu ada dalam daftar menu makanan untuk diabetes?

Beras Merah dan Gandum

Karbohidrat pada Beras Merah Tidak Akan Menyebabkan Lonjakan Kadar Gula DarahGuna memperoleh suplai karbohidrat, penderita kencing manis dapat mempertimbangkan konsumsi beras merah dan gandum sebagai alternatif nasi putih dan roti. Hal ini karena beras merah dan gandum memiliki jenis karbohidrat yang tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah sehingga konsumsi keduanya layak dimasukkan ke dalam daftar menu diabet.

Selain kandungan karbohidratnya yang tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah, beras merah dan gandum sangat kaya akan serat. Serat dalam jumlah yang cukup sangat berperan penting dalam hal membantu menstabilkan kadar gula darah. Hal ini karena serat mampu menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah dapat tetap stabil dengan masuknya serat tersebut ke dalam tubuh.

Bapak Ibu
Klik Di Sini – Miliki gula darah yang normal dan stabil Sekarang Juga

Coklat Hitam

Sebagai camilan di luar menu makan diabetes yang utama, coklat hitam bisa menjadi pilihan bagi penderita kencing manis. Hal ini karena berdasarkan penelitian, coklat hitam dapat membantu menurunkan kadar gula darah penderita yang meningkat. Selain coklat hitam, bisa dipertimbangkan juga konsumsi makanan olahan dari gandum utuh yang kaya akan serat daripada makanan lainnya seperti makanan instan, roti dan makanan-makanan yang justru dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Cabai

Cabai pada Masakan Dapat Membantu Menjaga Kestabilan Kadar Gula DarahCabai mungkin bukan secara langsung termasuk ke dalam daftar menu makan penderita diabetes. Namun paling tidak cabai dapat menjadi penyedap untuk setiap menu masakan diabetes anda. Hal ini karena penambahan cabai pada masakan dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah meskipun memang akibat rasa pedasnya cabai cenderung dihindari.

Cuka

Selain cabai, cuka sebenarnya juga tidak secara langsung termasuk ke dalam menu masakan diabetes. Namun perlu diketahui bahwa penambahan cuka ke dalam setiap masakan diabetes yang akan anda hidangkan sangatlah penting guna menjaga kestabilan kadar gula darah. Karenanya anda perlu mempertimbangkan lagi penambahan cuka ke dalam setiap menu masakan diabetes anda agar gula darah anda tetap terjaga kestabilannya.

Buah

Buah umumnya disajikan sebagai pencuci mulut. Dengan kandungan nutrisinya, konsumsi buah akan sangat membantu tubuh dalam hal memperoleh kebutuhan nutrisinya. Bagaimana dengan penderita kencing manis? Apakah konsumsi buah juga dianjurkan? Sebenarnya konsumsi buah pada penderita kencing manis tidak dilarang. Namun perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis buah yang justru dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Buah Pir Salah Satu Buah yang tidak menyebabkan Lonjakan Kadar Gula DarahBuah seperti pisang, mangga, nanas, durian dan nangka dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Lain halnya dengan konsumsi buah apel, jeruk, mengkudu, pir dan alpukat yang cenderung dapat menurunkan kadar gula darah. Apalagi salah satu buah tersebut, yaitu mengkudu memang telah sejak lama digunakan sebagai cara penanganan diabetes melitus untuk menurunkan kadar gula darah. Namun perlu diingat bahwa hanya mengkudu jenis terbaiklah yang dapat secara efektif menurunkan kadar gula darah.

Terkait dengan khasiat dan manfaat mengkudu dalam hal menurunkan kadar gula darah, kini sudah tersedia produk kesehatan yang komposisinya menggunakan buah tersebut. Ada banyak produk kesehatan dengan komposisi serupa namun hanya Tahitian Noni yang telah teruji secara klinis khasiatnya. Selain dapat menurunkan kadar gula darah, jus buah mengkudu yang satu ini juga mampu mengatasi akar penyebab diabetes dengan kandungan zat Iridoid dan juga 230 senyawa lain. Karenanya untuk mengatasi penyakit kencing manis yang anda derita, Tahitian Noni merupakan solusi terbaik.

KLIK DI SINI untuk mengalahkan kencing manis Anda Sekarang