Posted by in Makanan

Dengan Mengkonsumsi 4 Jenis Sayuran Untuk Penderita Diabetes ini, Ternyata Gula Darah bisa turun lho!

Konsumsi sayuran untuk penderita diabetes memang sangat dianjurkan. Apalagi ketika penderita sedang menjalani diet diabetes. Sayuran untuk diabetes ini sebenarnya sama saja dengan sayuran pada umumnya. Dengan kata lain, tidak ada jenis sayuran khusus untuk penderita kencing manis.

Secara umum sayur untuk diabetes memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi sehingga konsumsi sayuran tersebut akan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu, sayuran untuk penderita diabetes juga kaya akan serat yang dapat mengupayakan kestabilan kadar gula darah penderita sehingga dapat selalu mendekati normal. Lalu apa saja sebenarnya jenis sayuran yang perlu dikonsumsi rutin oleh penderita?

Labu Pahit (Karela)

Labu pahit atau karela merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dikonsumsi oleh penderita kencing manis yang dapat dikonsumsi secara rutin guna menstabilkan kadar gula darah. Namun perlu diingat bahwa ketika anda konsumsi karela sebaiknya tidak dilakukan bersama dengan konsumsi obat penurun gula darah. Hal ini karena dikhawatirkan konsumsi Karela dan obat penurun gula darah secara bersamaan akan dapat menyebabkan hipoglikemia.

==>Klik Di Sini agar gula darah Anda tetap stabil

Konsumsi Rutin Karela Guna Menstabilkan Kadar Gula DarahHipoglikemia merupakan kebalikan dari hiperglikemia atau meningkatnya kadar gula darah. Ketika penderita kencing manis mengalami hipoglikemia, kadar gula darahnya akan menurun dengan sangat drastis yang justru akan sangat berbahaya bagi penderita. Hal ini karena kadar gula darah yang menurun drastis dapat menyebabkan penderita mengalami gejala seperti mual, pusing, badan gemetar dan yang terparah penderita dapat mengalami hilang kesadaran (koma) meskipun hanya beberapa jam saja.

Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit gula darah yang dapat dikonsumsi juga secara rutin. Perlu diketahui bahwa brokoli sangat  kaya akan kromium. Kromium ini nantinya akan sangat bermanfaat dalam hal mengatur insulin dan juga gula darah. Dengan begitu diharapkan konsumsi brokoli akan dapat meningkatkan fungsi insulin sehingga nantinya kadar gula darah penderita dapat kembali mendekati normal. Perlu dipertimbangkan juga untuk mengkonsumsi brokoli mentah atau setengah matang guna memperoleh manfaat yang lebih besar.


Sapaan:
Nama Panggilan:
Email:

Wortel

Wortel dan juga sayuran lainnya mengandung lutein atau semacam karotenoid yang sangat baik dalam hal mengoptimalkan fungsi mata. Terkait dengan fungsi mata ini, perlu diingat bahwa penderita kencing manis nantinya akan sangat rentan sekali akan gangguan penglihatan. Hal ini akibat tingginya kadar gula darah menghambat aliran darah hingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah, khususnya yang menuju ke retina.

Jika kadar gula darah dibiarkan terus meningkat, maka gangguan penglihatan yang ditimbulkan akan semakin parah dan dapat berujung pada kebutaan permanen. Oleh karena itulah, konsumsi sayuran seperti wortel sangatlah penting guna meningkatkan kembali fungsi mata yang berkurang akibat tingginya kadar gula darah. Selain itu, kandungan serat dalam wortel juga akan sangat bermanfaat dalam menjaga kestabilan kadar gula darah.

Bayam

Kandungan Lutein Bayam Dapat Membantu Menjaga Kestabilan Kadar Gula DarahBayam termasuk jenis sayuran hijau yang juga kaya akan lutein. Lutein merupakan sejenis karotenoid yang dapat membantu mengoptimalkan kembali fungsi mata serta menjaganya. Selain kandungan lutein, bayam juga akan serat yang dapat membantu menjaga kestbailan kadar gula darah penderita. Inilah alasan mengapa bayam juga termasuk ke dalam jenis sayuran untuk penderita diabetes.

Guna memperoleh manfaat yang diharapkan, sebaiknya pilihlah bayam organik. Hal ini untuk menghindari pestisida yang biasanya digunakan untuk membunuh hama tanaman. Selain itu, perlu dipertimbangkan juga untuk selalu mencuci bersih dan memasak bayam yang akan anda konsumsi. Hal ini guna mencegah masuknya bakteri maupun jamur yang mungkin masih melekat pada bayam.

Selain jenis sayuran untuk penderita diabetes yang harus dikonsumsi penderita ketika menjalani diet diabetes, terdapat beberapa jenis buah yang juga dapat dikonsumsi guna menurunkan kadar gula darah. namun perlu diingat bahwa tidak semua buah baik bagi penderita kencing manis. Hal ini karena terdapat beberapa jenis buah yang memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi seperti mangga, durian, pisang dan sirsak.

Lalu buah apa yang boleh dikonsumsi penderita kencing manis? Mengkudu dapat menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin mengkonsumsi buah ketika sedang menjalani diet diabetes. Selain karena kandungan glukosanya yang rendah, mengkudu ternyata berkhasiat dalam menurunkan gula darah.

Terkait dengan khasiat mengkudu ini sebenarnya khasiat tersebut telah diketahui sejak lama, khususnya di Tahiti. Berdasarkan khasiat yang diberikan tersebut kemudian diadakan penelitian lebih lanjut yang hasilnya menunjukkan adanya kandungan zat Iridoid dan 230 senyawa lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama dalam hal mengatasi kencing manis. Namun perlu diketahui bahwa hanya mengkudu terbaiklah yang mempunyai khasiat serta kandungan tersebut.

Tahitian Noni sebagai produk kesehatan yang menggunakan mengkudu sebagai komposisinya menggunakan mengkudu jenis terbaik sehingga khasiatnya pun sangat baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, guna menjaga kestabilan kadar gula darah anda, selalu sediakan Tahitian Noni di rumah anda.

KLIK DI SINI – Miliki gula darah yang normal dan stabil Sekarang Juga

   
  1. Pinancius Limbong says:

    Artikel ini sangat bermanfaat khususnya bagi saya. trims banyak.

    Salam,
    Pinancius L.

Silahkan Tulis Komentar/Pertanyaan Anda tentang Artikel ini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>