Diet penderita diabetes memang adalah salah satu solusi untuk meningkatkan harapan hidup seorang penderita diabet. Karena penderita diabetes yang tidak mau mulai menggunakan pola hidup sehat jelas akan sangat kesulitan mengatasi penyakit yang dideritanya.

Hal tersebut sudah dibuktikan dengan adanya banyak penderita DM yang harus kehilangan nyawa akibat tidak mau menjaga pola makan. Sebenarnya, menjaga pola makan tidaklah sulit. Kebanyakan penderita penyakit DM kesulitan mengatur pola makan karena mereka tidak dapat menahan diri.

Sudah mampukah anda mengontrol pola makan anda? Ataukah anda masih kesulitan menjaga pola makan anda? Jika anda masih kesulitan menjalankan diet penderita diabetes dengan disiplin, maka ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dari hal tersebut.

Karena kemungkinan besar, setelah anda mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh penderita DM dari melakukan diet, anda bisa mendapatkan motivasi yang lebih besar lagi untuk lebih disiplin menjaga pola makan anda.

Diet Penderita Diabetes Memberikan Manfaat Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Banyak sekali penderita diabetes yang berpikir bahwa mereka butuh waktu yang cukup lama untuk dapat merasakan manfaat dari program diet penderita diabetes.

Bapak Ibu

Namun sebenarnya, diet yang disarankan untuk penderita DM tersebut memiliki dua macam manfaat yaitu manfaat jangka pendek dan juga manfaat jangka panjang.

Jika anda mau mencoba mengatur pola makan anda secara disiplin, dalam hitungan hari atau paling lama hitungan minggu, anda sudah bisa merasakan beberapa manfaat seperti:

Diet Penderita Diabetes

  • Menurunnya kadar glukosa di dalam darah sehingga gejala-gejala penyakit diabetes melitus tidak lagi mengganas.
  • Berkurangnya pengeluaran glikogen dari dalam organ hati.

Jika anda mau merasakan manfaat yang lebih besar lagi, maka biasakan diri anda untuk selalu menggunakan pola makan sehat untuk penderita DM. Karena jika anda berhasil mendisiplinkan diri, anda akan merasakan beberapa manfaat jangka panjang seperti:

  • Potensi mengalami serangan jantung dapat diperkecil.
  • Kadar kolesterol jahat atau LDL dapat dikurangi dan kadar kolesterol baik atau HDL akan bertambah.
  • Tekanan darah di dalam tubuh lebih stabil sehingga kemungkinan untuk menderita penyakit hipertensi semakin kecil.

Mengapa Diet Dapat Meningkatkan Harapan Hidup Penderita Diabetes Melitus?

Apakah benar seorang penderita DM yang mau mengatur pola makan akan mendapatkan harapan hidup yang jauh lebih besar?

Ya, memang diet yang benar dan dilakukan secara disiplin akan sangat membantu penderita diabetes melitus. Harapan hidup penderita DM akan semakin tinggi karena:

  • Tekanan darah dan kadar glukosa di dalam darah benar-benar menurun secara nyata.
  • Berbagai macam faktor pemicu komplikasi diabetes melitus bisa dikurangi.
  • Produksi hormon insulin di dalam tubuh meningkat.
  • Kepekaan sel dalam menerima hormon insulin juga meningkat.

Melihat dari fakta tersebut, maka tidak ada alasan lagi bukan untuk tidak memulai disiplin menjalankan diet penderita diabetes?