Posted by in Makanan

Makanan Diabetes – Atasi Gula Darah yang Meningkat dengan Konsumsi Makanan Sehat

Makanan untuk diabetes merupakan jenis makanan yang khusus untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes. Jenis makanan yang termasuk ke dalam daftar makanan diabetes melitus ini umumnya tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah sehingga dengan konsumsi teratur penderita tidak perlu khawatir kadar gula darahnya akan meningkat. Perlu diingat juga bahwa konsumsi makanan untuk penyakit diabetes sangat dianjurkan bagi penderita diabetes agar dapat selalu mengontrol gula darahnya.

Terkait dengan kestabilan kadar gula darah, perlu diketahui bahwa ketika seseorang menderita kencing manis maka tidak ada lagi yang bertugas mengontrol kadar gula darah. Hal ini disebabkan oleh adanya gangguan produksi insulin. Gangguan produksi insulin terjadi akibat rusaknya sel beta pankreas sehingga pasokan insulin menjadi berkurang atau bahkan terhenti. Dengan begitu setiap gula yang masuk akan langsung berada dalam aliran darah karena tidak ada lagi yang bertugas mengontrolnya.

Selain gangguan produksi insulin, pada diabetes tipe 2 tubuh penderita mengalami gangguan fungsi insulin. Dalam kasus ini insulin masih dapat dihasilkan dalam jumlah yang cukup. Hanya saja sensitifitas tubuh terhadap insulin yang kurang baik sehingga fungsi insulin dalam mengontrol kadar gula darah menjadi kurang optimal.

Sayuran Hijau Kaya Akan Nutrisi Penting yang Dibutuhkan TubuhDengan tidak adanya lagi yang bertugas mengontrol kadar gula darah, maka wajar jika kemudian penderita dianjurkan untuk mempertimbangkan konsumsi makanan penyakit diabetes. Tujuannya sudah sangat jelas seperti yang telah disinggung sebelumnya, yaitu untuk selalu menjaga kestabilan kadar gula darah. Lalu apa sajakah makanan yang termasuk dalam daftar makanan untuk diabetes melitus tersebut?

Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Karenanya wajar jika sayuran hijau ada pada urutan pertama daftar makanan diabet. Selain kaya akan nutrisi penting, sayuran hijau juga mengandung lutein. Lutein sendiri merupakan senyawa yang mirip dengan karotenoid yang peranannya sangat penting bagi kesehatan mata. Terkait dengan kesehatan mata, perlu diingat bahwa sebagian besar penderita kencing manis mengeluh penglihatannya berkurang.


Sapaan:
Nama Panggilan:
Email:

Dengan adanya lutein yang diperoleh dari sayuran hijau maka diharapkan akan dapat memperbaiki gangguan penglihatan yang terjadi akibat diabetes. Sementara itu, kandungan serat pada sayuran hijau juga memiliki peranan yang sangat penting dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darah. Hal ini karena dengan kandungan serat yang cukup akan dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah penderita akan terjaga kestabilannya.

Klik Di Sini Sekarang, Dapatkan gula darah yang normal dan stabil dalam waktu singkat

Coklat Hitam

Coklat hitam ternyata juga berfungsi menurunkan kadar gula darah penderita. Karenanya konsumsi coklat hitam sebagai makanan diabetes mellitus sangat dianjurkan guna menjaga kestabilan kadar gula darah penderita.

Cuka

Cuka mungkin dianggap sebagai salah satu penyedap masakan karena dapat memberikan rasa asam pada masakan. Namun tahukah anda bahwa ternyata 1 ½ sendok teh cuka setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang meningkat? Ya, memang benar jika konsumsi cuka dalam masakan dapat menstabilkan kadar gula darah karenanya anda mungkin perlu sesekali menambahkan cuka ke dalam masakan anda agar gula darah tidak selalu meningkat drastis.

Kayu Manis

Kayu Manis Juga Dapat Membantu Menurunkan Kadar Gula DarahSelain cuka, penyedap makanan yang juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah adalah kayu manis. Mungkin beberapa dari anda selama ini menghindari konsumsi kayu manis sebagai makanan untuk diabet mengingat rasanya yang manis. Namun perlu diingat bahwa rasa manis pada kayu manis ini tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Justru sebaliknya kayu manis dapat membantu menstabilkan kadar gula darah yang meningkat. Untuk itu sepertinya anda perlu mempertimbangkan penggunaan kayu manis sebagai pengganti gula.

Mengkudu

Mengkudu seperti halnya pir, alpukat dan jeruk tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Hanya bedanya mengkudu dapat menurunkan kadar gula darah yang meningkat. Terkait dengan khasiat mengkudu yang satu ini, perlu diketahui bahwa khasiatnya dalam hal menurunkan kadar gula darah telah diketahui sejak ratusan tahun lalu. Bahkan di Tahiti mengkudu digunakan oleh masyarakat setempat secara tradisional sebagai obat penurun gula darah.

Berdasarkan khasiat mengkudu tersebut kemudian hadirlah sebuah produk kesehatan berlabel Tahitian Noni. Sebagai produk kesehatan berbahan dasar herbal produk ini telah mendapat kelayakan uji secara klinis serta 52 hak paten khasiat. Kedua hal inilah yang membedakan Tahitian Noni dengan produk kesehatan lain dengan bahan dasar serupa, terutama dalam hal paten khasiat.

Perlu diketahui bahwa tidak mudah bagi suatu produk kesehatan untuk memperoleh paten khasiat karena harus melalui proses penelitian yang rumit terlebih dahulu. Dengan begitu, khasiat yang diberikan pun dapat benar-benar dibuktikan. Karenanya kemudian konsumsi Tahitian Noni secara rutin dianggap aman dan tidak menimbulkan efek samping, bahkan ketika harus menjadi obat pendamping obat dokter. Jadi mengapa tidak mencoba dan membuktikan sendiri khasiat jus buah mengkudu ini?

KLIK DI SINI untuk mengalahkan kencing manis Anda Sekarang

   

Silahkan Tulis Komentar/Pertanyaan Anda tentang Artikel ini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>