Nasi memang bukanlah makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus, oleh sebab itu, sebaiknya mulailah beralih ke beberapa makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes.

Bukan hanya anda yang menderita penyakit diabetes melitus saja yang sebaiknya mulai tidak memakan nasi lagi. Anda non diabetesi juga sebaiknya mulai beralih pada makanan yang lebih aman dari nasi.

Seperti apa buruknya dampak dari terlalu sering memakan nasi? Nasi adalah makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Memakan nasi terlalu sering akan memicu peningkatan kadar gula darah.

Hal tersebut sangat berbahaya bagi orang yang sudah menderita penyakit diabetes melitus. Sedangkan untuk anda non diabetesi, anda bisa memiliki resiko yang semakin tinggi untuk menderita penyakit diabetes.

Oleh sebab itu, sebelum terlambat, kami sarankan anda untuk mulai beralih ke makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes. Apa saja makanan yang bisa menggantikan nasi? Baca di sini.

Bapak Ibu

Berbagai Macam Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes Melitus

Apa saja makanan yang disarankan menjadi pengganti nasi untuk penderita diabetes? Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus tersebut adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Pengganti Nasi Untuk Penderita DiabetesApakah kelebihan dari makanan yang mengandung karbohidrat kompleks? Karbohidrat kompleks jauh lebih lama dicerna oleh tubuh jika dibandingkan dengan makanan karbohidrat biasa.

Karena lama dicerna oleh tubuh, maka makanan karbohidrat kompleks memiliki beberapa kelebihan dari makanan karbohidrat biasa. Berikut adalah kelebihan dari makanan karbohidrat kompleks yang bisa menjadi pengganti nasi untuk penderita diabetes tersebut:

  • Lebih lama dicerna tubuh berarti lebih lama dalam memberikan rasa kenyang. Oleh sebab itu, makanan karbohidrat kompleks juga sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalankan program diet.
  • Lebih lama dicerna tubuh berarti tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi memang berpotensi meningkatkan kadar gula darah karena sangat cepat dicerna oleh tubuh.

Lalu apa saja contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang cocok digunakan sebagai pengganti nasi untuk penderita diabetes tersebut?

Untuk anda yang sudah terlanjur menderita penyakit diabetes melitus dan juga anda yang tidak ingin menjadi penderita penyakit tersebut, kami sarankan anda untuk mulai beralih pada makanan kaya karbohidrat kompleks seperti beras merah, beras coklat, beras hitam, dan juga roti gandum.

Apakah Kentang Juga Bisa Menjadi Makanan Pengganti Nasi?

Kentang bukan makanan pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes melitus. Karena kentang juga sama halnya dengan nasi. Kentang memiliki karbohidrat yang cukup tinggi.

Bahkan jika dilihat dari indeks glikemik, kentang memiliki nilai indeks glikemik yang cukup tinggi. Kentang yang direbus beserta dengan kulitnya memiliki indeks glikemik sebesar 65. Sedangkan jika diolah menjadi perkedel, kentang memiliki indeks glikemik sebesar 90.

Oleh karena itulah, kentang bukanlah pengganti nasi untuk penderita diabetes yang baik. Justru kentang akan jauh lebih membahayakan jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.