Penderita diabetes harus selalu menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Salah satu cara untuk menjaga kestabilan kadar gula darahnya, penderita umumnya dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu. Anjuran untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman jenis tertentu ini kemudian dikenal dengan istilah pantangan diabetes melitus.

Pantangan penyakit diabetes seperti yang telah dijelaskan sebelumnya memang umumnya meliputi konsumsi makanan dan minuman jenis tertentu. Namun ternyata pantangan penyakit gula tidak hanya seputar makanan dan minuman. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pantangan bagi penderita diabetes, anda bisa menyimak uraian berikut.

Olahraga Berat dan Berlebihan

Olahraga memang baik kesehatan, khususnya bagi penderita kencing manis. Hal ini karena dengan berolahraga secara teratur maka nantinya kadar gula darah penderita dapat dijaga kestabilannya. Namun guna menjaga kestabilan kadar gula darah dengan berolahraga, penderita tidak perlu memilih jenis olahraga yang berat maupun olahraga yang belum dikuasai. Hal ini nantinya justru hanya akan membebani fisik penderita.

Olahraga Berat dan Berlebihan hanya akan Membebani Fisik Penderita DiabetesSementara itu, tubuh penderita sendiri sudah semakin lemah akibat tingginya kadar gula darah yang kemudian memicu malnutrisi dan juga dehidrasi. Dengan tubuh yang semakin lemah, maka nantinya akan sangat sulit sekali bagi penderita untuk dapat mengoptimalkan olahraga yang hendak dilakukan. Inilah salah satu alasan mengapa kemudian penderita dianjurkan untuk memilih olahraga yang ringan ringan saja.

Selain jenis olahraga yang akan dipilih, penderita juga perlu mempertimbangkan frekuensi dalam berolahraga. Hal ini sangat berhubungan sekali dengan kondisi fisik penderita yang semakin lemah. Dengan begitu, olahraga yang terlalu sering atau berlebihan justru akan semakin memperburuk kondisi fisik penderita. Hal ini tentunya akan mengurangi manfaat olahraga yang seharusnya dapat diperoleh penderita.

Bapak Ibu
Klik Di Sini Sekarang Juga untuk memiliki badan yang fit dan kembali bertenaga

Buah

Buah Sirsak Memiliki Kandungan Gula yang TinggiBuah sebenarnya kaya akan serat dan juga air. Namun perlu diingat bahwa terdapat beberapa jenis buah yang termasuk ke dalam buah pantangan diabetes. Buah tersebut adalah pisang, sirsak, mangga, nangka dan durian. Alasan buah tersebut termasuk ke dalam makanan yang harus dihindari penderita diabetes adalah karena kandungan gulanya yang tinggi. Berbeda halnya dengan jeruk, apel, pir dan alpukat yang kandungan gulanya rendah sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sederhana Harus Dikurangi

Pantangan untuk penderita diabetes selanjutnya berhubungan dengan makanan, yaitu mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Hal ini karena karbohidrat sederhana tidak memerlukan proses pencernaan yang lama untuk dapat dicerna tubuh. Lain halnya dengan karbohidrat kompleks yang harus melalui proses pencernaan yang lama sebelum akhirnya dapat dicerna oleh tubuh. Inilah alasan mengapa kemudian konsumsi gandum dan beras merah dianjurkan pada penderita kencing manis.

Makanan Instan

Konsumsi Makanan / Minuman Instan Ternyata Dapat Mempertinggi Resiko DiabetesKonsumsi makanan instan juga ternyata dapat mempertinggi resiko diabetes. Alasannya karena makanan jenis ini tidak memiliki jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh. Dengan begitu, konsumsi secara rutin justru akan menyebabkan kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh. Dengan berkurangnya nutrisi yang diperoleh tentu saja tubuh tidak akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik, terutama organ-organ di dalamnya. Bahkan kerusakan sel beta pankreas dan juga berkurangnya sensitifitas tubuh terhadap insulin dapat menjadi akibat dari kurangnya suplai nutrisi tersebut.

Mengingat asupan nutrisi dalam jumlah yang cukup sangat bermanfaat dalam hal menjaga kinerja tubuh, maka sudah seharusnya jika konsumsi sayuran serta makanan kaya nutrisi lainnya ditambah. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya malnutrisi yang dikhawatirkan akan dapat mengganggu fungsi tubuh, dalam hal ini sel beta pankreas dalam memproduksi insulin yang cukup guna mengontrol kadar gula darah.

Pengobatan Medis Belum Mampu Atasi Kencing Manis

Ketika dihadapkan pada pantangan makanan penderita diabetes sebagian dari anda mungkin merasa berat untuk mulai membiasakan diri dengan konsumsi jenis makanan tertentu. Namun ingatlah bahwa hal ini tujuannya baik, yaitu guna mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah yang lebih besar. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa pengobatan medis yang diberikan nantinya hanya mampu menjaga kestabilan kadar gula darah. Artinya pengobatan tersebut belum mampu mengatasi akar penyebab kencing manis sampai tuntas sehingga hasil pengobatan nantinya tidak akan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Karena pengobatan medis belum mampu mengatasi akar penyebab diabetes sampai tuntas, mungkin sebagian dari anda ada yang tertarik untuk mencoba khasiat obat herbal. Namun sebelum anda mencoba, sebaiknya anda perlu tahu bahwa obat herbal satu-satunya yang telah lolos uji klinis hanya Tahitian Noni.

Produk lain dengan komposisi sejenis memang banyak ditemukan di pasaran. Namun hanya Tahitian Noni lah yang telah secara resmi penggunaannya disarankan oleh berbagai pihak termasuk di dalamnya para ahli medis. Untuk itu guna mengatasi diabetes yang anda derita langsung pada akar penyebabnya, pastikan anda memilih Tahitian Noni untuk mengatasinya.

KLIK DI SINI untuk mencabut akar penyebab kencing manis Anda Sekarang Juga