Atasi diabetes sampai ke akarnya. Begitulah kira-kira anjuran para ahli medis terkait cara mengatasi diabetes. Namun sayangnya, untuk dapat benar-benar mengatasi penyakit diabetes sampai ke akarnya, diperlukan lebih dari sekedar obat diabetis. Hal ini terkait dengan fakta khasiat obat tersebut yang ternyata hanya mampu menurunkan gula darah, tanpa mengatasi  akar penyebabnya, sehingga kemudian hasilnya pun kurang maksimal. Karenanya penderita perlu mengupayakan beberapa hal berikut ini yang bisa dianggap sebagai cara baru untuk mengatasi diabetes.

Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur

Atasi DiabetesMenambah konsumsi buah dan sayur merupakan salah satu cara tepat untuk membantu menurunkan resiko diabetes. Namun saat ini, kebiasaan baik tersebut ternyata dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi penyakit diabetes melitus. Penelitian bahkan telah menunjukkan dampak positif konsumsi buah dan sayur terhadap gula darah. Agar hasilnya lebih optimal, konsumsilah berbagai macam sayur dan buah. Namun tetap waspadai jenis sayuran dan buah yang kalorinya relatif tinggi, karena ia tidak cocok untuk masuk dalam kategori makanan bagi penderita diabetes.

Kendalikan Berat Badan

Berat badan berlebih merupakan salah satu faktor resiko diabetes. Artinya dengan berat badan berlebih, seseorang akan lebih cenderung menderita diabetes jika dibandingkan dengan orang lain yang memiliki berat badan ideal. Karenanya sebisa mungkin penderita diabetes selalu berupaya menjaga berat badannya.

Dengan berat badan yang terkendali, maka penderita akan lebih mudah mengendalikan gula darahnya sekaligus mengurangi resiko komplikasi. Salah satu komplikasi yang nantinya dapat dihindari adalah retinopati diabetik. Guna membantu menjaga berat badannya, maka penggunaan obat penyakit gula darah memang terbukti membantu.

Namun bagi pasien DM tipe 1, penggunaan obat diabetes oral akan jarang sekali diberikan. Karenanya penderita perlu menempuh cara lain, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang masuk dalam kategori makanan sehat bagi penderita diabetes. Hal ini nantinya juga termasuk menggunakan gula alternatif seperti madu untuk diabetes, yang terbukti lebih aman dari gula pasir.

Bapak Ibu

Istirahat Cukup

Selain kedua hal tersebut di atas, penderita juga wajib memperbaiki jadwal tidurnya. Usahakan untuk selalu tidur cukup setiap harinya. Dengan tidur cukup, penderita nantinya tidak hanya akan membantu mencegah timbulnya masalah kesehatan lainnya, tetapi juga membantu mengendalikan gula darahnya. Ditambah lagi, tidur cukup dapat meminimalkan stres. Hal ini tentu akan sangat membantu penderita untuk tetap fokus pada pengobatan diabetes yang sedang dijalani, sehingga hasilnya dapat lebih optimal.