Penanganan diabetes melitus memang tidak pernah terlepas dari obat diabetes dan insulin. keduanya terbukti efektif menurunkan gula darah. Namun sayangnya penurunan gula darah yang terjadi seringkali melewati batas kadar gula darah normal, sehingga penderita menjadi lebih rentan mengalami hipoglikemia. Guna mengurangi resiko hipoglikemia, penderita disarankan untuk melakukan tiga hal berikut, yang juga dapat dianggap sebagai salah satu cara mengatasi diabetes melitus, meski secara tidak langsung.

Sering Jalan Kaki

Cara Mengatasi Diabetes MelitusKurangnya aktifitas fisik harian merupakan salah satu faktor resiko diabetes. karenanya ketika seseorang menderita diabetes, ia akan disarankan untuk meningkatkan aktifitas fisiknya. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga  kestabilan gula darah atau paling tidak mencegah terjadinya lonjakan gula darah kembali. Ketika kadar gula darah dapat dikendalikan dengan baik, maka dampaknya akan semakin positif terhadap upaya penanganan diabetes mellitus yang dilakukan. Dengan kata lain, peningkatan aktifitas fisik tersebut dapat dianggap sebagai salah satu cara mengatasi diabetes mellitus secara tidak langsung.

Pengobatan Herbal

Seperti yang sudah dikemukakan di awal artikel tadi, pengobatan medis diabetes memang merupakan cara mengatasi penyakit diabetes melitus yang paling sering diupayakan oleh penderita. Namun ternyata masih ada cara mengatasi sakit diabetes melitus lainnya, yaitu pengobatan herbal.

Apapun cara mengatasi diabetes melitus atau jenis pengobatan yang dipilih, yang terpenting adalah menjalaninya dengan teratur, sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. Meski demikian, penderita hendaknya mengetahui fakta bahwa pengobatan medis diabetes memiliki efek samping berupa ketergantungan. Efek samping ini timbul akibat ketidakmampuan pengobatan tersebut dalam hal mengatasi akar penyebab diabetes.

Lalu bagaimana dengan pengobatan herbal? Jika melihat dari komposisi bahannya yang berasal dari alam, obat herbal memang lebih aman atau tanpa efek samping. Namun penderita tetap harus selektif guna memperoleh obat untuk kencing manis yang manjur, sehingga nantinya upaya pengobatan yang dilakukan tidak sia sia.

Bapak Ibu

Diet Sehat

Selain menjalani pengobatan secara teratur, penderita tetap perlu menjalani diet sehat. Diet sehat ini nantinya dapat dilakukan dengan mengatur jadwal makan, porsi makan dan pemilihan makanan yang akan dikonsumsi atau pemilihan menu. Untuk pemilihan menu sendiri sebenarnya penderita dapat memilih menu favoritnya.

Namun pertimbangkan kembali jumlah kalorinya, agar jangan sampai berlebihan. Selain itu, hindari juga memilih makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi putih, pasta dan roti. Akan lebih baik jika penderita memilih nasi merah, gandum dan oat, sehingga kadar gula darah dapat dikendalikan dengan baik.