Pernah berpikir untuk beralih ke terapi diabet alami? Sebenarnya tidak masalah jika memang anda ingin mencoba beralih ke pengobatan kencing manis herbal tersebut. Selain lebih aman karena terbukti tanpa efek samping, terapi untuk penyakit diabet tersebut juga mudah dilakukan, mengingat bahan-bahannya ada di sekitar kita. Apa saja bahan-bahannya? Berikut ini tiga diantaranya.

Kemangi

kemangiKemangi lebih sering digunakan sebagai sayuran pelengkap lalapan daripada dimanfaatkan sebagai bahan terapi untuk diabet. Penyebab utama mengapa tanaman ini jarang digunakan untuk terapi diabet nantinya terkait dengan pemahaman penderita. Sebagian besar dari mereka memang belum menyadari manfaat kemangi, khususnya dalam hal Penyembuhan Diabetes. Sebagai salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk terapi penyakit diabetes, kemangi diketahui dapat menjaga kestabilan gula darah setelah makan maupun saat puasa, sehingga penderita nantinya dapat terhindar dari hipoglikemia dan hiperglikemia. Manfaat ini diperoleh karena kemangi mampu meningkatkan sekresi insulin, sehingga insulin dapat diperoleh dalam jumlah yang cukup. Hal ini tentunya akan semakin meningkatkan harapan tercapainya kestabilan gula darah, sehingga dapat membantu meringankan gejala DM.

Daun Mangga

Cara mengatasi diabetes secara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan daun mangga yang biasanya hanya dibuang begitu saja. Cara membuat maupun mengaplikasikannya pun cukup mudah. Penderita hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun mangga yang sudah dicuci bersih. Lalu rebus daun tersebut dengan sedikit air sampai airnya rebusannya tersisa kira kira satu gelas. Dinginkan dan minum air sisa rebusan tersebut. Jika diminum dengan teratur, ramuan herbal daun mangga tersebut nantinya dapat membantu meringankan gejala penyakit gula darah.

Ginseng Asia

Ginseng Asia merupakan tanaman obat yang seringkali digunakan dalam praktik pengobatan Cina, khususnya sebagai salah satu cara menanggulangi diabetes. Dalam hal mengatasi penyakit gula darah tersebut, ginseng Asia dipercaya mampu menurunkan gula darah penderita yang sebelumnya mengalami lonjakan yang cukup drastis. Penurunan gula darah tersebut terjadi akibat meningkatnya sekresi insulin. Sekresi insulin sendiri ternyata dapat dirangsang oleh ginseng Asia. Selain itu, ia juga mampu meningkatkan jumlah reseptor insulin di dalam tubuh, sehingga nantinya glukosa dapat terserap dengan baik ke dalam sel. Dengan terserapnya glukosa atau nutrisi dengan baik, maka tubuh pun akan menjadi lebih sehat. Hal ini nantinya akan dapat mempengaruhi fungsi tubuh secara keseluruhan, khususnya yang berhubungan dengan kadar gula dalam darah.