Penyakit diabetes melitus pada anak merupakan penyakit gula darah yang bisa dibilang sulit diatasi. Hal ini berhubungan dengan gejala diabetes yang muncul, yang biasanya tidak terdeteksi lebih dini. Akibatnya upaya pengobatan pun seringkali terlambat dilakukan. Meski demikian, orang tua hendaknya tidak terlalu khawatir dengan hal itu, mengingat mereka masih bisa mengupayakan pengobatan kencing manis terbaik untuk sang anak. Berikut empat hal yang harus dilakukan oleh orang tua untuk membantu mengatasi diabetes melitus pada anak.

Pengobatan

pengobatan pada anakPengobatan medis memang salah satu cara mengatasi penyakit gula yang dianggap paling efektif. Namun efektifitasnya tersebut hanya terbatas pada penurunan gula darah, bukan mengatasi langsung akar penyebab penyakit. Selain itu, jenis pengobatan yang ada hanyalah insulin buatan. Pemakaian obat sakit diabetes oral pada anak yang menderita diabetes nantinya belum mampu mengendalikan gula darahnya. Hal ini tidak terlepas dari akar permasalahan diabetes yang sedang dihadapi yaitu kerusakan sel beta pankreas, yang kemudian menyebabkan berkurangnya suplai insulin. Karenanya suplai insulin dari luar dianggap metode pengobatan yang paling efektif, meski nantinya belum mampu mengatasi akar penyebabnya.

Diet Sehat

Selain pengobatan medis, cara mengatasi sakit gula pada anak selanjutnya adalah dengan menerapkan diet sehat. Peran orang tua disini nantinya akan sangat diperlukan, mengingat anak biasanya tidak terlalu peduli dengan apa yang dikonsumsinya. Karenanya orang tua hendaknya mengetahui makanan apa saja yang termasuk kategori makanan untuk penderita diabetes melitus.

Sebagai referensi, biasakanlah anak anda untuk mengkonsumsi beras diabetes (beras merah), mengingat ia termasuk salah satu makanan penderita diabetes. Selain beras merah, pertimbangkan juga konsumsi sayuran hijau seperti brokoli, buncis, dan bayam. Terlebih lagi, orang tua juga hendaknya mulai memikirkan mengenai menu camilan sehat, sehingga sang anak nantinya dapat menghindari konsumsi camilan yang tidak sehat. Dengan mengaplikasikan cara mengatasi penyakit gula tersebut, maka harapannya kadar gula darah sang anak dapat terkendali.

Olahraga

Selain menjalani diet sehat, orang tua juga hendaknya mulai membiasakan anaknya untuk berolahraga secara teratur. Hal ini sangat penting, mengingat olahraga yang dilakukan dengan rutin dapat membantu mengendalikan gula darah sang anak. Ketika kadar gula darah dapat dikendalikan dengan baik, maka upaya pengobatan yang dilakukan pun tidak akan sia- sia. Inilah sebabnya mengapa olahraga atau aktifitas fisik yang dilakukan penderita dianggap sebagai salah satu cara mengatasi sakit gula, baik pada anak maupun pada orang dewasa.

Bapak Ibu

Edukasi

Langkah penanganan diabetes pada anak yang terakhir namun juga tidak kalah pentingnya adalah edukasi. Beritahukan pada orang-orang dekat si anak mengenai penyakitnya tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar orang-orang terdekatnya (ayah, ibu, kakak/adik) sadar mengenai penyakitnya tersebut, sehingga dapat membantu upaya pengobatan yang sedang dilakukan.