Penanganan diabetes ternyata tidak harus selalu bergantung pada terapi diabetes melitus atau obat kencing manis, tetapi dapat juga melalui penerapan pola makan sehat. Sebelumnya penerapan pola makan sehat tersebut terbukti efektif sebagai salah satu cara mencegah diabetes. Manfaat yang sama tentunya akan dapat diperoleh dengan menerapkan pola makan yang sama untuk membantu mengendalikan gula darah penderita. Berikut ini 4 penerapan pola makan sehat yang perlu dilakukan oleh penderita.

Kurangi Asupan lemak Trans/Jenuh

Penanganan DiabetesSeperti yang sudah sempat disinggung di awal tadi bahwa untuk menangani diabetes, penderita tidak boleh terus bergantung pada pengobatan medis. Apalagi jika mengingat penanganan penyakit diabetes dengan jalan medis belum mampu menuntaskan permasalahan diabetes, sehingga nantinya akan lebih cenderung memicu ketergantungan. Guna mengurangi efek ketergantungan tersebut, maka penderita hendaknya juga mengupayakan penanganan diabetes melitus secara alami. Salah satunya dengan membatasi asupan lemak.

Asupan lemak dalam jumlah yang cukup memang sangat diperlukan tubuh, mengingat lemak merupakan salah satu bahan dasar pembentukan energi. Namun hendaknya perlu dipertimbangkan lagi jenis asupan lemak yang diperoleh. Jika yang diperoleh dalam bentuk lemak jenuh dan lemak trans, maka tubuh justru akan mengalami beberapa gangguan kesehatan. Salah satunya nanti terkait dengan meningkatnya gula darah. Karenanya asupan lemak trans dan lemak jenuh tersebut harus dibatasi agar gula darah tetap terkendali, sehingga dapat meringankan gejala penyakit diabetes yang muncul.

Batasi Penggunaan Garam

Bapak Ibu

Asupan garam berlebih seringkali dihubungkan dengan tekanan darah tinggi. Hal ini memang dapat dibenarkan, mengingat asupan garam berlebih nantinya dapat memicu penyumbatan pembuluh darah. Karenanya penderita diabetes hendaknya membatasi penggunaan garam, khususnya pada masakan. Hal ini dilakukan guna mengurangi resiko komplikasi kardiovaskuler yang semakin meningkat dengan menderita penyakit gula darah tersebut. Meski tidak secara langsung dapat dianggap sebagai salah penanganan diabetes terbaik, paling tidak cara ini dapat membantu menjauhkan penderita dari komplikasi.

Batasi Penggunaan Gula

Tubuh penderita diabetes sedang mengalami gangguan metabolisme gula. Karenanya asupan gula harus benar-benar ditakar agar tidak berlebihan. Jika tidak, maka lonjakan gula darah akan semakin sering terjadi. Hal ini tentunya akan dapat memicu gangguan kesehatan lainnya atau komplikasi. Karenanya penderita perlu menjaga asupan gula hariannya. Ada baiknya juga untuk menggunakan gula alternatif yang rendah kalori seperti gula aren, madu asli dan gula stevia.

Tingkatkan Asupan Serat

Agar gula darah semakin terkendali, penderita hendaknya mulai memperhatikan asupan serat hariannya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat asupan serat dalam jumlah yang cukup memang sudah terbukti dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Asupan serat dalam jumlah yang cukup tersebut dapat diperoleh dengan mudah dari sayuran dan buah serta beberapa makanan jenis serealia seperti gandum dan oat.