Penanggulangan penyakit diabetes umumnya dilakukan dengan memberikan obat anti diabetes dan/atau insulin buatan pada penderita. Kedua bentuk penanggulangan diabetes secara medis ini terbukti mampu menurunkan gula darah penderita. Namun sayangnya, keduanya masih belum mampu menuntaskan permasalahan diabetes yang diderita. Karenanya kemudian pengobatan tersebut dianggap memiliki efek samping berupa ketergantungan pada penderita. Hal ini memang dapat dibenarkan, mengingat ia belum mampu menuntaskan  permasalahan diabetes. Berbeda halnya dengan 4 mitos diabetes berikut ini, yang jika tidak diluruskan dikhawatirkan dapat semakin memperparah penyakit gula darah yang diderita.

Diabetes Bisa Sembuh

Penanggulangan DiabetesGejala awal diabetes yang dianggap mirip dengan penyakit ringan seperti flu, seringkali membuat penderita meyakini bahwa penyakit yang dideritanya tersebut dapat dengan mudah disembuhkan. Padahal untuk dapat terbebas darinya, penderita harus menanggulangi diabetes dengan tepat. Yang dimaksud menanggulangi penyakit diabetes dengan tepat adalah menyesuaikan jenis diabetes yang diderita dengan pengobatan yang sesuai. Hal ini nantinya akan berdampak positif terhadap hasil pengobatan yang sedang dijalani. Meski demikian, penderita hendaknya menyadari bahwa penyakit yang dideritanya tersebut merupakan penyakit seumur hidup. Artinya penyakit, yang biasanya dapat dikenali dengan mengamati gejala penyakit diabetes yang muncul tersebut, hanya bisa dikendalikan, bukan disembuhkan. Ketika penyakit tersebut dapat dikendalikan dengan baik, maka penderita akan tetap dapat hidup normal layaknya orang sehat lainnya. Selain itu, penderita juga dapat terhindar dari komplikasi diabetes.

Penggunaan Insulin = Diabetesnya Parah

Mitos selanjutnya yang seringkali justru membuat penanganan penderita diabetes gagal dilakukan adalah mengenai penggunaan insulin. Sebagian besar dari penderita, dalam hal ini, masih meyakini bahwa penggunaan insulin menunjukkan tingkat keparahan penyakit yang diderita. Padahal pengobatan dengan insulin merupakan jenis pengobatan yang diberikan untuk penderita diabetes tipe 1. Jadi insulin bukan merupakan penunjuk bahwa penyakit yang diderita sudah sangat parah. Apalagi jika mengingat penderita DM tipe 1 kehilangan fungsi sel beta pankreasnya, sehingga jalan pengobatan yang paling mungkin adalah dengan memberikan insulin buatan.

Satu Obat untuk Semua

Tidak semua penderita DM akan memperoleh penanganan yang sama. Hal ini nantinya tergantung pada jenis diabetes yang diderita, berapa lama penyakit tersebut diderita dan ada atau tidaknya komplikasi yang menyertai. Karenanya antara penderita DM yang dengan yang lainnya bisa jadi memperoleh penanganan diabetes melitus medis yang berbeda. Karenanya penderita diharapkan tidak terlalu mempermasalahkan jenis pengobatan yang diperoleh, mengingat tujuannya tetap sama, yaitu berupaya mengendalikan gula darahnya.