Pernahkah anda berpikir mengenai hubungan antara madu dan diabetes? Mungkin sebagian dari anda ada yang beranggapan bahwa tidak ada hubungan antara madu dan diabetes. Apalagi jika hanya melihat fakta bahwa madu memiliki rasa manis. Itu artinya ia dapat memicu lonjakan gula darah, yang merupakan ciri-ciri diabetes melitus.

Padahal tidak demikian faktanya, mengingat madu justru dapat membantu mengendalikan gula darah penderita diabetes. Karenanya bagi anda yang mungkin masih beranggapan, bahwa tidak ada hubungan sama sekali antara madu dan penyakit diabetes, informasi yang akan kami bagikan kali ini harapannya dapat membantu mengubah anggapan tersebut.

Madu Lebih Rendah Kalori

Madu Dan DiabetesBagi penderita diabetes, konsumsi madu mungkin akan dianggap sebagai pemicu terjadinya lonjakan gula darah. Hal ini memang dapat dimaklumi, mengingat madu memiliki rasa manis. Namun hendaknya penderita tidak lantas menghindari makanan kesehatan ini. Apalagi jika melihat kandungan nutrisinya. Terlepas dari kandungan nutrisinya tersebut, madu sendiri terbukti lebih rendah kalori jika dibandingkan dengan pemanis seperti gula pasir.

Karenanya kemudian muncul istilah madu penderita diabetes. Artinya madu dapat digunakan sebagai pemanis alternatif gula pasir, sehingga gula darah penderita dapat tetap terkendali. Kegunaan madu yang ternyata dapat berfungsi sebagai pemanis alternatif untuk penderita tersebut menunjukkan adanya hubungan antara madu dan penyakit diabetes.

Meski demikian, madu saat ini banyak yang sudah diolah dengan ditambah pengawet, pemanis tambahan dan sebagainya. Proses pengolahan inilah yang justru dapat mengurangi manfaatnya, terutama ketika digunakan sebagai pemanis untuk penderita diabetes. Karenanya penderita diminta untuk lebih selektif ketika akan membeli madu di pasaran. Sangat disarankan untuk memilih madu yang masih asli (raw honey) atau yang belum diolah, guna menghindari dampak negatif dari bahan aditif yang digunakan.

Bapak Ibu

Madu Dapat Membantu Penyembuhan Luka Diabetes

Selain dapat digunakan sebagai pemanis untuk penderita penyakit gula darah, madu asli ternyata juga dapat digunakan untuk obat diabetes melitus tipe 2 dan tipe 1. Dalam hal ini, madu digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka diabetes yang dialami penderita. Khasiat ini bahkan sudah dibuktikan oleh seorang dokter dari Universitas Wisconsin, AS. Bukti tersebut sekaligus menunjukkan bahwa madu asli dapat menjadi salah satu obat diabetes yang manjur, khususnya dalam hal mengatasi luka. Dengan obat dibetes alami tersebut, maka penderita nantinya dapat terhindar dari amputasi yang umumnya dialami oleh penderita diabetes.