Penyakit Diabetes Melitus merupakan penyakit yang berbahaya yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Umumnya jika tidak ditangani dengan baik diabetes cenderung menyebabkan kematian. Hal ini bukan karena parahnya penyakit yang diderita, melainkan karena komplikasi yang muncul. Perlu diketahui bahwa diabetes tidak akan datang sendiri tetapi juga akan mengundang kehadiran penyakit kronis lainnya. Mengingat komplikasi yang dapat dipicu oleh diabetes, maka sudah sewajarnya jika pencegahan diabetes dimulai sejak dini, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes. Tentunya dengan riwayat tersebut, maka akan mempertinggi resiko diabetes yang dimiliki. Yang perlu diingat bahwa meskipun seseorang dengan riwayat keluarga penderita diabetes akan mempunyai resiko yang lebih tinggi, kenyataannya dengan melakukan pencegahan penyakit diabetes mereka dapat terhindar dari resiko tersebut. Pencegahan DM Guna Mengurangi Resiko DiabetesMengingat pentingnya melakukan pencegahan DM guna mengurangi resiko diabetes, mungkin sebagian besar dari anda akan bertanya bagaimana cara pencegahan diabetes yang efektif. Sebagian lagi juga akan bertanya mengenai keefektifan pencegahan diabetes mellitus yang dilakukan, apakah memang benar-benar berdampak positif terhadap menurunnya resiko diabetes? untuk lebih jelasnya, mari kita simak uraian berikut.

Perubahan Gaya Hidup Dapat Mengurangi Resiko Diabetes

Perubahan gaya hidup sangat penting guna mengurangi resiko diabetes. Hal ini mengingat gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu faktor pemicu diabetes. Karenanya sudah seharusnya dilakukan perubahan gaya hidup, khususnya bagi mereka dengan gaya hidup yang tidak sehat. Segera tinggalkan kebiasaan merokok anda dan kurangi konsumsi minuman beralkohol maupun yang mengandung soda dan pemanis buatan. Hal ini karena rokok akan dapat memicu penyempitan pembuluh darah sehingga mempertinggi resiko anda terhadap penyakit kardiovaskular. Sementara itu, konsumsi minuman beralkohol dan yang mengandung soda serta pemanis buatan secara berlebihan akan cenderung meningkatkan kadar gula darah sehingga memaksa sel beta pankreas untuk bekerja lebih ekstra dalam hal memproduksi insulin. Perubahan Gaya Hidup Sangat Penting Guna Mengurangi Resiko DiabetesJika terus menerus dipaksa bekerja ekstra tanpa henti, maka suatu saat sel beta pankreas akan mengalami kerusakan yang nantinya akan berpengaruh terhadap produksi insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang berperan penting dalam proses metabolisme glukosa, sehingga nantinya glukosa dapat diserap masuk oleh sel. Melalui proses metabolisme inilah kadar gula darah dapat kembali stabil dengan syarat sel beta pankreas masih berfungsi dengan baik dalam hal memproduksi jumlah insulin yang diperlukan serta tubuh masih memiliki sensitifitas yang cukup baik terhadap insulin. Karenanya demi menjaga fungsi sel beta pankreas agar selalu dapat menjalankan fungsinya dengan baik, maka anda perlu merubah gaya hidup anda ke arah yang lebih sehat. Dengan gaya hidup sehat nantinya anda juga dapat mengurangi resiko terjadinya resistensi sel terhadap insulin sehingga kadar gula darah pun akan tetap stabil.

Perlunya Melakukan Pengendalian Berat Badan Guna Memperkecil Resiko

Pengendalian berat badan perlu dilakukan guna mengurangi resiko diabetes, terutama bagi mereka yang masuk dalam kategori bertubuh gemuk. Hal ini mengingat orang yang bertubuh gemuk cenderung mempunyai lemak berlebih yang tersimpan di dalam tubuhnya. Jika penimbunan lemak ini terus menerus terjadi akibatnya bisa menyebabkan resistensi sel terhadap insulin. Terkait resistensi sel terhadap insulin yang dipicu oleh penimbunan lemak di dalam tubuh, perlu diketahui bahwa lemak berlebih akan dapat menutupi permukaan sel. Permukaan sel yang tertutup lemak ini nantinya tentu akan menghambat penyerapan glukosa. Selain itu, permukaan sel yang tertutup lemak ini nantinya akan memicu meningkatnya produksi insulin serta resistensi sel. Produksi insulin yang meningkat yang tidak diimbangi dengan sensitifitas sel terhadap insulin yang cukup baik maka akan sia-sia terhadap kelancaran proses metabolisme glukosa.

Pengaruh Makanan Yang Dikonsumsi Terhadap Resiko Diabetes

Pengaruh Makanan Yang Dikonsumsi Terhadap Resiko Diabetes

Pengaruh Makanan Yang Dikonsumsi Terhadap Resiko Diabetes

Makanan yang dikonsumsi setiap hari juga dapat mempertinggi resiko seseorang terkena diabetes. Mengapa demikian? Perlu diingat bahwa kemajuan teknologi ternyata juga ikut mempertinggi resiko seseorang untuk terkena diabetes. Hal ini terkait dengan semakin menjamurnya makanan-makanan olahan instan yang sedikit sekali mengandung nutrisi. Kandungan nutrisi yang ada tentunya akan mempengaruhi kinerja tubuh karena tubuh memerlukan pasokan nutrisi yang cukup setiap harinya. Akibat konsumsi makanan instan yang berlebih maka nantinya tubuh akan mengalami kekurangan nutrisi. Jika hal ini dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan benar maka akibatnya akan mempengaruhi kinerja tubuh, terutama organ-organ yang ada di dalamnya. Bahkan kerusakan sel beta pankreas bisa saja dipicu oleh kurang tersuplainya nutrisi dalam jumlah yang cukup. Karenanya perlu sekali untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi cukup serta kaya serat sehingga resiko diabetes dapat dikurangi.

Pengaruh Olahraga Teratur Terhadap Resiko Diabetes

Olahraga secara rutin telah terbukti mampu menurunkan resiko diabetes. Hal ini terkait dengan fakta bahwa dengan berolahraga secara teratur anda akan dapat membakar lebih banyak lemak yang ada di dalam tubuh sehingga penimbunan lemak pun dapat dicegah. Selain itu, olahraga teratur juga akan membantu tubuh dalam pendistribusian nutrisi ke seluruh tubuh sehingga semua organ dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya sehingga fungsinya pun tidak akan terganggu. Mengingat pentingnya melakukan pencegahan diabetes, maka mulailah melakukan pencegahan diabetes sekarang dengan obat kencing manis secara tradisional guna mengurangi resiko diabetes yang anda miliki. Selain itu, perlu diingat bahwa dengan melakukan pencegahan penyakit diabetes melitus sejak dini, maka secara otomatis anda akan terbebas dari komplikasi diabetes.

~KLIK DI SINI agar gula darah Anda tetap stabil~