Diabetes Mellitus merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Hal ini sebenarnya bukan karena parahnya penyakit diabetes yang diderita namun lebih sering akibat komplikasi yang dipicu oleh diabetes itu sendiri. Karena itulah alangkah baiknya jika kita dapat mencari cara mencegah diabetes melitus yang efektif. Hal ini karena dengan mencegah diabetes melitus kita dapat mengurangi resikonya.

Hal pertama yang perlu anda ketahui sebagai upaya mencegah penyakit diabetes adalah menyadari fakta bahwa diabetes dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Namun perlu diketahui juga bahwa resiko diabetes meningkat dua kali lipat pada mereka yang mempunyai riwayat keluarga penderita diabetes. Jika anda termasuk dalam kategori ini, mungkin anda merasa sedikit khawatir. Jika demikian halnya maka lakukanlah pencegahan sejak dini untuk mengurangi resiko tersebut.

Apa Saja Yang Perlu Dilakukan Untuk Mencegah Diabetes?

Sebagai upaya pencegahan tentunya anda perlu melakukan beberapa tips mencegah diabetes melitus seperti yang tertera berikut ini.

  • Perubahan gaya hidup

Perubahan Gaya Hidup Dapat Mengurangi Resiko DiabetesPerubahan gaya hidup sangat perlu dilakukan untuk dapat menghindari diabetes karena gaya hidup seseorang dapat mempertinggi resiko diabetes. Sebagai contoh gaya hidup instan yang dijalani orang-orang pada umumnya akan sangat berdampak pada meningkatnya kadar gula darah mereka. Hal ini karena gaya hidup instan akan cenderung mengonsumsi makanan-makanan instan yang rendah kalori dan tinggi lemak.

Selain rendah kalori dan tinggi lemak, makanan-makanan tersebut juga mengandung bahan pengawet, pewarna buatan, pemanis bahkan penyedap yang tidak baik bagi tubuh. Jika terus menerus mengonsumsi makanan-makanan tersebut akan dapat memicu kerusakan sel atau bahkan jaringan. Karena itulah sebisa mungkin untuk melakukan perubahan gaya hidup dengan mengonsumsi makanan-makanan yang lebih sehat.

Bapak Ibu

  • Pengaturan pola makan

Pengaturan pola makan ternyata juga berdampak pada resiko diabetes. Untuk mengurangi resiko diabetes, ada baiknya anda untuk mengubah pola makan anda. Usahakan untuk makan teratur agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap dapat terpenuhi dengan baik. Hal ini karena malnutrisi akan dapat mengganggu fungsi tubuh sehingga dampaknya akan berakibat pada rentannya tubuh terhadap infeksi maupun penyakit.

  • Diet seimbang

Diet seimbang perlu dilakukan untuk mencegah diabet sebelum terlambat. Karenanya tinggalkanlah diet ketat yang dapat menyiksa tubuh anda dan dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi. Gantilah dengan diet seimbang dengan cara mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan segar.

  • Olahraga teratur

Olahraga Yang Teratur Terbukti Dapat Menurunkan Resiko DiabetesOlahraga teratur minimal 3 – 5 kali seminggu terbukti dapat menurunkan resiko diabetes, khususnya bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga penderita diabetes. Dengan berolahraga teratur anda akan dapat menjaga berat badan anda karena olahraga akan membantu anda dalam membakar lemak berlebih di dalam tubuh.

Selain membantu membakar lemak tubuh yang berlebih, olahraga teratur terbukti dapat melancarkan penyampaian nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Yang terpenting adalah olahraga teratur dapat membantu menstabilkan gula darah anda.

  • Menjaga berat badan

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa untuk menjaga berat badan anda harus dilakukan olahraga teratur. Hal ini karena olahraga teratur dapat mengoptimalkan tubuh dalam membakar lemak berlebih. Ingatlah bahwa penimbunan lemak di dalam tubuh terutama pada daerah sekitar perut dan pinggang dapat menghambat kerja pankreas dan memicu resistensi sel terhadap insulin. Jika hal ini terjadi maka gula darah anda akan meningkat drastis.

Mungkinkah Diabetes Disembuhkan?

Diabetes tidak dapat disembuhkan karena belum ditemukannya obat diabetes yang dapat secara efektif menormalkan kerja sel beta pankreas maupun meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin. Hal ini tentunya menjadi sebuah kenyataan pahit bagi penderita. Bagaimana dengan pemberian sulih insulin dan obat dokter? Bukankah keduanya terbukti dapat menstabilkan kadar gula darah?

Pemberian suplai insulin dari luar tubuh sekaligus pemberian obat dokter memang dapat memberikan efek positif berupa menurunnya kadar gula darah penderita yang tadinya meningkat. Namun ketahuilah bahwa hal tersebut hanyalah efek sementara. Hal ini juga berarti bahwa penderita akan menjadi sangat tergantung pada pemberian sulih insulin maupun obat dokter.

Untuk mengobati diabetes, sebenarnya telah ditemukan solusi diabetes melitus yang efektif. Metode pengobatan diabetes ini sebenarnya telah digunakan sejak dulu untuk menstabilkan kadar gula darah. Namun karena penggunaannya yang hanya sebatas perorangan, khasiatnyapun tidak diketahui orang banyak. Seiring berkembangnya teknologi akhirnya dilakukan penelitian kembali terhadap obat diabetes melitus ini. Hasilnya sungguh mengejutkan dunia medis karena terbukti secara klinis dapat merangsang perbaikan sel beta pankreas yang rusak.

Selain dapat merangsang perbaikan sel beta pankreas yang rusak, obat herbal diabetes ini juga terbukti secara klinis dapat meningkatkan sensitiftas sel terhadap insulin sehingga nantinya insulin dapat menjalankan fungsinya dengan baik dalam membantu metabolisme gula.

Klik Di Sini untuk mengalahkan kencing manis Anda Sekarang