Cukup banyak orang mulai mencari bagaimana cara mencegah penyakit gula ketika mereka mulai merasakan gejala-gejala penyakit diabetes melitus mulai muncul. Padahal sebenarnya hal tersebut sudah bisa dikatakan sangat terlambat.

Bagi anda yang saat ini belum dinyatakan menderita penyakit diabetes melitus, kami sarankan anda untuk mulai melakukan tindakan pencegahan. Jangan sampai anda terlambat mencegah penyakit diabetes melitus. Karena sebenarnya lebih mudah untuk mencegah penyakit DM dibandingkan dengan mengatasinya.

Namun jika anda belum mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit gula darah yang efektif, maka kami sarankan anda untuk mempelajarinya langsung melalui artikel ini.

Di artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai cara mencegah penyakit gula sesuai dengan tipe penyakitnya.

Cara Mencegah Penyakit Gula Tipe 1

Bapak Ibu

Penyakit gula atau diabetes melitus tipe 1 bisa dikatakan sebagai penyakit yang paling sulit untuk dicegah. Karena memang mayoritas penderita penyakit gula tipe 1 ini memiliki faktor keturunan penderita penyakit gula.

Namun demikian, dari sekian banyak penderita penyakit gula, hanya 10% dari total penderita penyakit gula yang dinyatakan menderita penyakit gula tipe 1.

Ada 2 macam cara mencegah penyakit gula tipe 1 yang seringkali digunakan. Berikut merupakan kedua cara mencegah penyakit gula darah tipe 1 tersebut:

  • Pengobatan sangat intensif

Pengobatan yang sangat intensif merupakan cara mencegah penyakit gula tipe 1 yang paling mudah dilakukan. Di dalam pengobatan ini, orang-orang yang memang memiliki faktor keturunan penderita penyakit gula harus mulai rutin melakukan cek kadar gula darah.

  • Tes DNA pada anak-anak

Beberapa negara maju menggunakan cara mencegah penyakit gula tipe 1 yang lebih efektif lagi yaitu dengan cara melakukan tes DNA pada anak-anak.

Bagi anak-anak yang dinyatakan memiliki potensi untuk menderita penyakit gula tipe 1 akan diberikan vaksin untuk mencegah virus menyerang sel beta pankreas.

Cara Mencegah Penyakit Gula Darah Tipe 2

Jika dibandingkan dengan bagaimana cara mencegah penyakit gula darah tipe 1, pencegahan penyakit gula darah tipe 2 jauh lebih mudah.

Karena memang faktor paling utama yang menyebabkan seseorang menderita penyakit gula darah tipe 2 adalah penggunaan pola hidup yang tidak sehat. Jika pola hidup diatur dengan benar, maka kemungkinan untuk menderita penyakit gula tipe 2 akan berkurang.

Cara Efektif Mencegah Penyakit Gula Darah Gestasional

Penyakit gula darah juga beresiko diderita oleh wanita dalam masa kehamilan. Namun demikian, masih ada solusi untuk mencegah penyakit tersebut muncul.

Bagi wanita hamil, sangat disarankan untuk rutin melakukan cek kadar gula darah dan juga mengontrol pola makan pada masa kehamilan 8 – 10 minggu. Jika pengecekan kadar gula darah dan pengaturan pola makan dilakukan secara benar, maka penyakit gula darah gestasional bisa dicegah kemunculannya.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Gula Pada Lansia

Penyakit gula atau diabetes melitus juga rawan diderita oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Hal tersebut dikarenakan kinerja hormon insulin sudah mulai berkurang.

Lalu bagaimana cara mencegah penyakit gula darah secara alami pada lansia? Sebenarnya, solusi untuk mencegah lansia menderita penyakit gula sangatlah mudah.

Lansia harus melakukan pengecekan kadar gula darah secara rutin sekaligus melakukan olahraga yang tepat. Untuk mengetahui olahraga yang cocok dilakukan oleh lansia, sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Dengan melakukan semua cara mencegah penyakit gula secara rutin dan disiplin, anda tidak perlu merasakan penderitaan akibat penyakit gula.