Penyakit diabetes tipe 2 yang baru dideteksi atau diderita ternyata dapat diatasi dengan obat gula darah yang diimbangi dengan diet kalori khusus. Benarkah demikian? Informasi selengkapnya akan kami bahas dalam artikel kali ini yang kami yakin akan sangat bermanfaat bagi anda.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Newcastle University berhasil membuktikan bahwa diet 600 kalori per hari dapat mengendalikan diabetes tipe 2 yang baru diderita. Studi tersebut dilakukan pada 11 orang pasien diabetes tipe 2, yang kemudian 7 diantaranya berhasil mengatasi penyakitnya.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa diet kalori yang dilakukan ternyata dapat mengurangi kadar lemak di pankreas dan hati penderita, sehingga kemudian sekresi insulin dapat kembali normal. Hasil ini tentu cukup menggembirakan bagi penderita diabetes. Paling tidak, mereka tidak akan terus menerus bergantung pada obat penyakit gula dalam hal mengatasi penyakitnya. Namun yang menjadi masalah selanjutnya adalah apakah dengan diet 600 kalori tadi, penyakit diabetes tipe 2 yang diderita dapat teratasi untuk jangka waktu yang lama?

Dalam hal ini, para ahli sendiri mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui apakah hasil tersebut bisa terus permanen atau tidak. Meski demikian, secara umum diet 600 kalori tersebut sulit dilakukan oleh penderita. Apalagi dengan banyaknya pilihan makanan tidak sehat di luar sana, maka upaya tersebut akan semakin sulit untuk diupayakan.

Penggunaan Obat Gula Darah

Jika melihat dampak dari diet 600 kalori yang dilakukan pada penelitian tersebut, maka tampak sekali bahwa yang dioptimalkan kembali adalah fungsi sel beta pankreas dan hati. Dalam hal ini, kadar lemak yang berlebihan memang dapat menghambat kinerja keduanya. Namun yang perlu diingat bahwa pengoptimalan kembali fungsi kedua organ tersebut sebenarnya juga dapat dicapai melalui obat penyakit gula darah.

Bapak Ibu

Obat untuk kencing manis tersebut nantinya akan merangsang sekresi insulin dan mengurangi ambilan glukosa dari hati, sehingga kemudian glukosa dalam darah akan berkurang. Meski tampak efektif, penurunan kadar glukosa darah yang terjadi seringkali memicu hipoglikemia. Inilah yang seharusnya dihindari. Namun dengan cara kerja pengobatan penyakit gula yang seperti itu, maka akan sangat sulit untuk menghindari terjadinya hipoglikemia. Hal ini terjadi karena obat diabetes yang digunakan belum mampu mengatasi penyakit sampai ke akarnya.

Tipe Pasien Diabetes

Di awal tadi sempat disinggung mengenai pasien diabetes tipe 2 yang menjadi obyek penelitian, dimana disebutkan bahwa mereka adalah pasien yang baru menderita penyakit gula darah tersebut. Dengan kata lain, hasil penelitian tersebut hanya berlaku untuk pasien diabetes yang baru sekitar 4 tahun menderita penyakitnya atau kurang dari 4 tahun. Jika lebih, maka hasil penelitian yang dimaksud akan sangat besar kemungkinannya mengalami kegagalan.

Meski demikian, ahli lainnya menyatakan bahwa diet 600 kalori yang dilakukan sebenarnya dapat mengatasi penyakit diabetes yang diderita lebih dari 4 tahun. Hanya saja, kenyataannya akan sangat sulit bagi penderita untuk menyesuaikan diri dengan diet tersebut.

Hambatan

Hambatan terbesar yang menghalangi pasien diabetes untuk memperoleh hasil yang cukup signifikan dari diet 600 kalori yang dilakukan adalah ketidakmampuan penderita untuk menyesuaikan diri dengan target diet. Dalam hal ini, Professor Edwin Gale, ahli diabetes dari Universitas Bristol, menyatakan bahwa meski nantinya para pasien tersebut dapat terdeteksi menderita DM tipe 2 ketika sel beta pankreasnya masih berfungsi optimal, kemungkinan untuk benar-benar terhindar dari penyakit tersebut sangatlah kecil. Kalaupun mereka berhasil menunda infeksi penyakit, mereka tetap memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk menderitanya.

Solusi Lain untuk Diabetisi

Hasil penelitian tersebut di atas memang dapat memberi sedikit harapan bagi penderita. Namun mengingat akan sangat sulit untuk menyesuaikan diri dengan target diet yang harus dipenuhi, maka hasilnyapun bisa dibilang kurang efektif dalam hal mengatasi penyakit DM tipe 2. Solusi lain bagi penderita untuk menunda sekaligus terhindar dari infeksi penyakit berbahaya tersebut adalah dengan rajin mengkonsumsi Tahitian Noni juice, mengingat jus buah Noni ini mampu memproteksi tubuh sekaligus mengoptimalkan kembali fungsi tubuh yang mengalami gangguan.

Klik Di Sini untuk mengalahkan kencing manis Anda Sekarang