Obat alami diabetes banyak ditemukan di sekitar kita. Namun siapa sangka salah satu obat diabetes alami tersebut adalah undur undur. Karenanya banyak dari penderita diabetes yang bahkan belum tahu akan khasiat hewan yang satu ini dalam hal menurunkan gula darah. Apa saja kandungan nutrisi dan khasiatnya sehingga dapat membantu menurunkan gula darah? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Mengenal Undur Undur

Undur undur diabetes (undur undur) merupakan serangga yang termasuk dalam famili Myrmeleontidae. Hewan ini tinggal di daerah dengan suhu rata-rata (hangat) dan berpasir. Sampai saat ini diperkiakan terdapat sekitar 2000 spesies undur undur yang tersebar di seluruh dunia. Di negara-negara barat sendiri, undur undur lebih dikenal dengan sebutan ‘semut singa’ (Antlion). Disebut demikian karena undur undur seringkali menjebak para semut dengan menggali lubang di tanah sebagai jebakan. Ketika semut masuk ke dalam jebakan tersebut, maka undur undur yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami diabetes melitus tersebut akan langsung memangsa si semut dengan ganas. Sementara itu, di Indonesia hewan yang saat ini mulai dimanfaatkan sebagai obat kencing manis alami tersebut lebih populer dengan sebutan undur undur. Nama tersebut sebenarnya diberikan mengingat larva undur undur selalu berjalan mundur saat membuat lubang di tanah. Lubang tersebut nantinya bukan hanya berfungsi sebagai jebakan untuk menangkap mangsanya, melainkan juga berfungsi sebagai sarang. Selain itu, lubang yang dibuat oleh larva undur undur tersebut juga dapat dijadikan petunjuk mengenai keberadaan hewan yang berpotensi digunakan untuk mengobati diabetes secara alami.

Kandungan Nutrisi

Kandungan nutrisi undur undur sebenarnya masih belum diketahui, khususnya yang berhubungan dengan khasiatnya dalam hal pengobatan diabetes secara alami. Meski demikian, bulu hewan yang sering membuat lubang lubang kecil di tanah berpasir tersebut diyakini memiliki khasiat dalam hal penyembuhan diabetes secara alami.

Khasiatnya

Undur undur dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah penderita diabetes. Namun hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, mengingat kandungan nutrisi undur undur juga belum diketahui. Dalam hal ini yang dianggap paling menonjol dari hewan tersebut dan dianggap sebagai kunci pengobatan diabetes adalah bagian bulunya. Karenanya kemudian undur undur harus dikonsumsi dalam keadaan hidup dan tanpa dibersihkan terlebih dahulu, mengingat jika terkena air khasiatnya akan hilang.

Mengapa Jarang Dimanfaatkan?

Sebagaimana yang telah dikemukakan di awal artikel tadi bahwa pemanfaatan undur undur sebagai obat diabetes masih jarang dilakukan. Alasan utama tentu terkait dengan habitat hewan tersebut. Hewan ini hanya dapat ditemukan di tanah yang berpasir, dimana lahan yang dimaksud sudah semakin banyak berkurang. Dengan kata lain, tidak mudah untuk dapat menemukan undur undur. Apalagi dalam keadaan hidup, mengingat khasiatnya dalam hal menurunkan gula darah hanya dapat diperoleh jika ia masih hidup. Selain karena habitatnya, sebagian besar orang juga akan merasa jijik ketika harus mengkonsumsi undur undur dalam keadaan hidup dan tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Ditambah lagi, kandungan nutrisi undur undur juga masih belum diketahui, sehingga orang akan lebih memilih untuk menggunakan obat diabetes alami lain yang kandungan nutrisinya sudah diketahui.

Solusi Lain

Pengobatan diabetes dengan memanfaatkan undur undur ternyata menemui banyak kendala. Karenanya wajar jika kemudian penderita lebih memilih untuk mencoba khasiat obat alami diabetes lainnya. Dalam hal ini, dr. Neil Solomon menyarankan untuk mengkonsumsi Tahitian Noni secara teratur, mengingat obat diabetes herbal ini telah terbukti secara medis mampu mengatasi semua permasalahan diabetes. Bahkan kemampuannya dalam hal mengoptimalkan kembali fungsi tubuh yang mengalami gangguan nantinya dapat membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya.

KLIK DI SINI untuk mengalahkan kencing manis anda dalam waktu singkat