Bagi orang yang mempunyai kadar gula tinggi, mencari cara untuk mengatasi diabetes menjadi salah satu hal yang kadang melelahkan. Banyak cara mereka lakukan untuk bisa menormalkan kembali kadar gulanya ke kondisi normal dimana semua gula dalam darah dapat disebarkan ke dalam sel-sel tubuh secara merata dan tidak terjadi adanya penumpukan dengan menggunakan berbagai tips mengatasi diabetes baik secara alami maupun dengan cara kimia.

Apa kaitan penyakit diabetes dengan kadar gula?

Pada orang dengan proses metabolisme normal, gula dalam darah yang diperoleh melalui setiap asupan makanan atau minuman akan diedarkan ke seluruh bagian sel-sel tubuh sehingga dapat menimbulkan energi untuk beraktivitas. Dengan dibantu hormon insulin, gula dalam darah ini akan diolah sedemikian rupa sehingga bisa beredar dalam tubuh secara merata.

mengatasi diabetes.Apabila insulin yang dihasilkan oleh sel beta pankreas ini mengalami gangguan, maka yang terjadi adalah penumpukan kadar gula dalam darah karena tidak bisa tersebar dalam tubuh. Bila penumpukan ini dibiarkan terlalu lama, imbasnya adalah kadar gula akan meninggi. Orang dengan kadar gula tinggi ini sering disebut telah menderita penyakit diabetes. Itulah mengapa sakit diabetes diidentikkan dengan sakit gula.

Sumber dan asal penyakit diabetes

Seperti telah dikatakan diatas, sakit gula atau diabetes diakibatkan karena ketidakmampuan insulin memproses penyerapan gula darah ke dalam sel-sel tubuh. Ketidakmampuan ini disebabkan antara lain karena:

  • Organ pankreas sudah tidak dapat memproduksi insulin secara berkala dengan kuantitas yang cukup,
  • Insulin sudah mampu diproduksi, namun ketersediaan nya belum memenuhi syarat kecukupan untuk memproses gula darah,
  • Insulin yang ada sudah diproduksi secara cukup, namun ternyata sel-sel tubuh menolak untuk menerima gula darah hasil pemrosesan insulin tersebut.

Ketiga hal inilah yang menyebabkan gula darah tidak bisa diserap oleh tubuh, sehingga semakin menumpuk dan menumpuk setiap harinya. Ketika penumpukan ini telah melebihi ambang batas normal, yang terjadi adalah kerusakan organ-organ tubuh secara sedikit demi sedikit.

Bapak Ibu

Permasalahan yang harus ditangani penderita diabetes

Pada penderita diabetes yang memang dari lahir telah mempunyai kelainan genetika tentang gangguan insulin ini, atau sering disebut diabetes tipe 1, maka tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Hal yang bisa dilakukan adalah mengontrol secara ketat kadar gula yang ada, untuk kemudian menghindari segala sesuatu yang bisa memicu kenaikan gula darah ini.

Guna mengatasi diabetes tipe 2, atau yang bukan disebabkan kelainan genetika, maka yang harus dilakukan adalah mengembalikan kenormalan fungsi organ pankreas untuk memproduksi insulin secara cukup dan tepat.

Pola cerdas mengatasi diabetes tipe 2

Karena pada dasarnya tipe penyakit ini, disebabkan kerusakan hormon insulin yang semula bisa bekerja secara normal, maka cara mudah mengatasi diabetes ini harus dilakukan dengan menerapkan perilaku sehat dan cerdas agar hormon insulin dapat diproduksi dan bekerja secara normal kembali. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

  • Menjaga pola hidup secara teratur dan seimbang, mulai dari kapan waktu istirahat, kapan harus mulai bekerja hingga kapan harus menggerakkan badan untuk membakar kalori atau olahraga,
  • Mengatur pola makan secara cerdas, dikatakan cerdas karena tidak harus dengan makanan mahal, namun asalkan sesuai dengan proporsionalitasnya serta tidak berlebihan.

Adakah obat untuk membantu proses percepatan kenormalan kadar gula?

Selain mengikuti pola cerdas tersebut diatas, beberapa orang juga menggunakan obat-obatan baik itu yang berasal dari proses kimia maupun alami. Khusus untuk obat kimia, sebenarnya hanya sanggup untuk memproduksi insulin tanpa mengobati penyakit dari sumbernya, sehingga akan menimbulkan ketergantungan.

Untuk obat yang secara alami atau herbal, lebih pada pengobatan diabetes langsung pada sumbernya yaitu kemampuan pankreas memproduksi insulin. Salah satu obat herbal yang saat ini banyak direkomendasikan khususnya para dokter dan ahli kesehatan adalah Tahitian Noni.

Mengapa Tahitian Noni direkomendasikan?

Obat herbal produksi US ini, terbukti secara klinis kaya akan kandungan senyawa iridoid yang mampu memperbaiki fungsi insulin dalam tubuh. Bahkan beberapa sertifikat paten telah diperoleh oleh obat ini karena kemampuannya, sehingga para dokter juga ikut merekomendasikan untuk mengatasi diabetes para pasiennya.