Semua orang pasti paham bahwa diabet adalah jenis penyakit yang mengharuskan penderitanya mengkonsumsi obat diabet secara kontinyu. Tanpa disadari penggunaan obat yang terus menerus bisa menimbulkan efek samping, khususnya jika mengkonsumsi obat kimia. Bahkan ketika obat ini adalah obat diabet paling ampuh sekalipun. Akhirnya banyak pasien merasa dilematis, ingin sembuh dari diabet tapi dihantui efek obat yang diminum.

Mengapa penderita diabet harus mengkonsumsi obat terus?

Pada dasarnya penderita diabet adalah orang yang memiliki kadar gula dalam darah tinggi sehingga laju darah orang tersebut menjadi tersendat. Ketika laju darah tersendat efek utama yang muncul adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kurang.

Obat-DiabetAkibatnya organ-organ kekurangan bahan bakar untuk bekerja. Ketika terjadi organ tidak bekerja secara maksimal atau dalam kondisi gagal bekerja, maka secara keseluruhan metabolisme tubuh juga pasti akan terganggu.

Kadar gula dalam darah sendiri, kadarnya bisa naik turun tanpa kita dapat diprediksi sebelumnya. Maka obat untuk diabet harus dikonsumsi terus menerus dalam rangka membuat laju kadar gula dalam darah ini menjadi stabil.

Apakah penderita diabet hanya bisa sembuh dengan obat?

Kadar gula dalam darah sendiri bisa naik karena beberapa hal. Adapun sebab utamanya adalah karena insulin yang merupakan hormon yang dihasilkan oleh pankreas tidak dapat bekerja secara maksimal. Hormon ini berfungsi untuk membuat gula dalam darah di serap oleh tubuh sebagai energi.

Bapak Ibu

Tidak maksimalnya kerja insulin ini bisa karena tubuh memang tidak memproduksi insulin, bisa juga karena insulin sudah diproduksi, tapi karena ditolak oleh tubuh karena berbagai hal.

Dengan menggunakan obat diabet, maka dimaksudkan agar kerja insulin tersebut menjadi maksimal. Khususnya dengan menambah kuantitas insulin. Dengan kata lain, obat akan membuat penderita diabet memiliki insulin yang cukup.

Sehingga jika tidak mengkonsumsi obat tersebut, maka insulin yang dimiliki oleh tubuh juga akan menjadi kurang lagi, akhirnya kadar gula dalam darah menjadi tinggi lagi. Dapat dikatakan, obat bukan menyembuhkan melainkan hanya menstabilkan kadar gula darah.

Apa yang terjadi jika telah mengkonsumsi obat diabet?

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, obat berfungsi untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Maka ketika obat tersebut tidak dikonsumsi ada kemungkinan kadar gula dalam darah akan naik. Hal ini akan semakin parah jika orang tersebut tidak menjaga pola hidupnya.

Ketika pasien menghentikan konsumsi obat-obatan, dan gula darah naik dan bahkan tanpa disadari maka ada banyak dampak yang bisa diderita, yaitu:

  • Kemungkinan terjadi hipoglikemia atau kadar gula dalam darah lebih sedikit dari 60 mg, atau sebaliknya terjadi hiperglikemia.
  • Terjadi gagal organ tubuh, seperti jantung, ginjal dan seterusnya.
  • Melemahnya syaraf.
  • Luka yang tidak kunjung sembuh.

Bagaimana agar tidak tergantung dengan obat?

Meskipun pada dasarnya obat diabet hanya bersifat menstabilkan kadar gula dalam darah, tapi bukan berarti penderita diabet tidak bisa memiliki kadar gula dalam jumlah normal selamanya. Artinya pasien penderita diabet bisa hidup normal tanpa takut kadar gula darahnya naik.

Adapun hal-hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Menjaga pola hidup sehat,
  • Menyelesaikan akar masalah diabet,
  • Melakukan tes gula darah secara rutin untuk berjaga-jaga.

Paling tidak dengan 3 cara diatas, maka kemungkinan penderita untuk bergantung dengan obat dapat diminimalisir.

Bagaimana menyelesaikan akar masalah diabet?

Untuk dua cara lain diatas tentunya itu adalah kemauan penderita, artinya tinggal penderita mau atau tidak melakukannya. Akan tetapi untuk menyelesaikan akar masalah diabet ini yang penderita memerlukan bantuan.

Ketika tadi di awal sudah dijelaskan bahwa obat diabet paling ampuh pun hanya bisa menstabilkan kadar gula dalam darah, pertanyaan berikutnya adalah apa yang menyelesaikan akar masalah diabet.

Beberapa tahun belakangan telah ditemukan satu zat dalam buah Noni dari Tahiti dan diracik menjadi jus dengan merk Tahitian Noni, yang dikenal dengan nama Iridoid yang oleh para dokter teruji mampu menyelesaikan akar masalah diabet. Cara kerja zat ini pada dasarnya dengan cara memperbaiki sel-sel mati.

Dengan demikian hormon insulin dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh tanpa harus menggunakan obat diabet dan metabolisme tubuh dapat berjalan semestinya. Ditambah dengan pola hidup sehat, dijamin kadar gula darah anda akan normal.