Penyakit diabetes dapat dideteksi dari gejalanya. Biasanya gejala yang melekat pada penderita diabetes merupakan gejala diabetes awal. Gejala awal diabetes ini seringkali tidak disadari oleh penderita. Umumnya mereka baru menyadarinya ketika melakukan pemeriksaan, baik pemeriksaan kesehatan secara umum maupun pemeriksaan yang dilakukan secara khusus untuk mengetahui apakah memang benar-benar menderita diabetes atau tidak. Karena umumnya penderita baru menyadari penyakitnya setelah melakukan pemeriksaan, maka tidak heran jika jumlah penderita diabetes selalu bertambah setiap tahunnya. Karena itulah alangkah baiknya jika anda mengenali gejala awal diabetes melitus untuk mengurangi resiko diabetes. Hal ini karena setelah menemui gejala awal diabetes maka mau tidak mau anda akan melakukan pemeriksaan kadar gula darah sehingga ketika diketahui menderita diabetes upaya medis atau non medis dengan obat tradisional kencing manis akan segera diberikan guna menstabilkan kembali kadar gula darah. Hal ini tentunya akan berdampak pada resiko komplikasi diabetes yang nantinya resikonya dapat dikurangi.

Apakah Sering Buang Air Kecil Merupakan Gejala Awal Diabetes?

Sering Buang Air Kecil Vs Gejala Awal Diabetes

Sering Buang Air Kecil Vs Gejala Awal Diabetes

Penyakit diabetes ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Tingginya kadar gula darah ini akan menyebabkan tubuh menarik lebih banyak cairan ke dalam urin. Hal ini guna mengencerkan urin yang akan dikeluarkan mengingat kelebihan gula dalam darah juga akan dikeluarkan melalui urin. Kelebihan gula dalam darah dipicu oleh rusaknya sel beta pankreas dan/atau resistensi sel terhadap insulin. Insulin sendiri sangat diperlukan dalam proses metabolisme gula yang bersumber dari makanan. Dengan tidak adanya produksi insulin dan/atau terjadinya reaksi penolakan oleh sel terhadap insulin yang ada, maka proses metabolisme gula menjadi terhambat. Gula pun akhirnya tetap berada dalam aliran darah sehingga kadar gula darah meningkat drastis. Seperti yang telah dijelaskan di awal tadi bahwa kelebihan gula dalam darah akan dibuang tubuh lewat urin. Namun akibat terlalu banyaknya gula yang harus dibuang maka tubuh terpaksa menarik lebih banyak cairan yang ada guna mengencerkan urin sehingga urin yang dikeluarkan menjadi lebih encer dan banyak. Inilah alasan utama mengapa penderita diabetes akan sering buang air kecil. Karena itulah sering buang air kecil, khususnya pada malam hari dianggap sebagai gejala awal diabetes yang harus diwaspadai. Jika muncul gejala ini, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kadar gula darah agar dapat diketahui dengan pasti apakah anda menderita diabetes atau tidak.

Apakah Penurunan Berat Badan Dapat Dikategorikan Sebagai Gejala Awal Diabetes?

Penurunan berat badan juga harus dicurigai sebagai gejala awal diabetes. Hal ini mengingat penurunan berat badan secara drastis dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama merupakan pertanda diabetes. Mengapa demikian? Berat Badan Turun Beresiko Terkena DiabetesPerlu diketahui bahwa ketika kadar gula dalam darah meningkat maka akan membuat tubuh kehilangan banyak nutrisi penting. Hal ini karena gula berlebih tersebut akan dibuang tubuh bersama dengan urin. Padahal gula tersebut seharusnya dicerna di dalam sel sehingga menjadi energi dan cadangan makanan bagi tubuh. Akibat dibuangnya gula bersama dengan urin, maka tubuh kehilangan jatah nutrisi yang seharusnya dapat diperoleh. Proses metabolisme gula yang terhambat ini sebenarnya dipicu oleh rusaknya sel beta pankreas dan/atau resistensi sel terhadap insulin sehingga nantinya gula tetap berada dalam aliran darah dan terpaksa harus dibuang melalui urin. Jika hal ini terus menerus terjadi maka tubuh akan mencerna sisa cadangan makanan yang ada. Akibatnya sisa cadangan makanan yang ada lama kelamaan akan habis. Cadangan makanan yang disimpan di dalam tubuh sebenarnya merupakan penyokong berat tubuh. Ketika cadangan makanan terus menerus dikeruk dan digunakan oleh tubuh guna memenuhi kebutuhan nutrisinya maka cadangan makanan tersebut akan habis. Akibatnya berat tubuh pun akan berkurang. Inilah alasan mengapa penderita diabetes, khususnya penderita diabetes melitus tipe I, akan mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis.

Gejala Awal Diabetes Lainnya

Selain kedua gejala awal diabetes yang telah disebutkan, terdapat beberapa gejala awal lainnya. Gejala lainnya meliputi rasa lemas dan tidak bertenaga, rasa cepat lapar sehingga menyebabkan penderita akan sering makan dalam jumlah yang banyak dan rasa cepat haus yang akan menuntun penderita untuk minum dalam jumlah yang banyak dan biasanya cenderung meminum minuman dengan kandungan gula yang tinggi. Kesemua gejala awal diabetes tersebut penyebabnya adalah karena tingginya kadar gula darah sehingga tubuh pun harus membuang kelebihan gula tersebut berasma dengan urin. Akibatnya pun muncul gejala gejala tersebut. Hal pertama yang perlu dilakukan ketika menjumpai gejala awal diabetes tersebut adalah sesegera mungkin melakukan pemeriksaan kadar gula darah agar dapat diketahui dengan pasti apakah gejala tersebut merupakan pertanda diabetes atau tidak.

Klik Di Sini untuk Memiliki gula darah yang normal dan stabil Sekarang