Prevalensi diabetes di Indonesia sudah mulai menunjukkan angka yang memprihatinkan. Hal ini terkait dengan terus meningkatnya jumlah penderita diabetes maupun yang masih tergolong pradiabetes setiap tahunnya. Dengan adanya peningkatan tersebut seharusnya masyarakat semakin sadar akan pentingnya mencegah diabetes sejak dini mengingat jika sudah menderita penyakit tersebut akan semakin mempertinggi resiko munculnya komplikasi diabetes.

Terkait dengan pencegahan diabetes, anda mungkin akan bertanya mengenai cara efektif yang dapat dilakukan guna mencegah diabetes. Hal pertama yang harus dilakukan adalah untuk selalu pemeriksaan gula darah. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kadar gula darah yang cukup signifikan atau tidak. Selain itu juga dapat diketahui apakah kadar gula darah yang meningkat tersebut kembali normal atau terus meningkat. Jika kadar gula darah tetap meningkat setelah berkali kali dilakukan pemeriksaan kadar gula darah, maka pemeriksaan diabetes melitus lebih lanjut perlu dilakukan.

Cek Gula Darah Dengan Alat Tes Gula DarahUntuk melakukan pemeriksaan diabetes terutama yang menyangkut kadar gula darah anda, anda dapat menggunakan alat tes gula darah yang sudah bisa didapatkan di apotek terdekat. Dengan alat tes gula darah tersebut nantinya anda akan dapat mengontrol kadar gula darah anda sehingga ketika ada peningkatan dapat diketahui.
 

Pengendalian Berat Badan Juga Perlu Dilakukan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa melakukan cek gula darah sangatlah penting guna mengetahui setiap peningkatan gula darah yang terjadi. Namun upaya mengontrol kadar gula darah ini tidak akan maksimal hasilnya jika tidak disertai dengan upaya pencegahan diabetes lainnya.

Salah satu upaya pencegahan diabetes yang perlu dilakukan adalah pengendalian berat badan. Hal ini mengingat penderita diabetes melitus tipe 2 cenderung bertubuh gemuk. Tubuh yang mengalami obesitas memang rentan terhadap berbagai macam penyakit. Artinya tubuh yang mengalami obesitas tidak hanya akan rentan terhadap diabetes melainkan juga rentan akan penyakit lainnya.

Bapak Ibu

Penyakit lain yang biasanya juga menyerang orang yang mengalami obesitas adalah penyakit jantung. Hal ini mengingat timbunan lemak di dalam tubuh akan dapat menyumbat pembuluh darah. Jika yang mengalami penyumbatan adalah pembuluh darah jantung maka akibatnya akan sangat fatal bagi penderita. Bagaimana dengan diabetes? Apa pengaruh obesitas terhadap gula darah penderita?

Perlu diketahui bahwa timbunan lemak di dalam tubuh akan dapat mempengaruhi kerja insulin dalam hal mengontrol kadar gula dalam darah. Meskipun jumlah insulin di dalam tubuh cukup banyak atau dengan kata lain tidak ada masalah dengan produksi insulin, insulin yang ada tetap tidak akan dapat bekerja secara optimal. Hal ini karena timbunan lemak cenderung menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga insulin tidak dapat bekerja maksimal dalam mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu perlu dilakukan pengendalian berat badan sehingga penimbunan lemak dapat dicegah.

Berolahraga Secara Teratur Dapat Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah

Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah Dengan BerolahragaSelain melakukan pengendalian berat badan, anda juga perlu menambah aktifitas fisik dengan berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga secara teratur, ketahuilah bahwa anda tidak hanya akan dapat menjaga kestabilan kadar gula darah, melainkan juga sekaligus menjaga berat badan anda tetap ideal.

Olahraga secara teratur memang dapat membakar lebih banyak lemak tubuh sehingga menghasilkan energi. Dengan begitu, penimbunan lemak di dalam tubuh dapat secara efektif dikurangi. Dengan berkurangnya timbunan lemak yang ada maka secara otomatis sensitifitas tubuh terhadap insulin dapat selalu ditingkatkan sehingga insulin pun dapat bekerja secara optimal.

KLIK DI SINI untuk Memiliki gula darah yang normal dan stabil Sekarang Juga

Namun yang perlu diingat adalah untuk tidak melakukan olahraga terlalu sering meskipun olahraga terbukti dapat membantu menjaga kestabilan gula darah anda. Hal ini mengingat olahraga yang berlebihan akan mengurangi manfaat yang bisa diperoleh. Selain itu perlu diingat juga untuk selalu menyesuaikan olahraga yang hendak dilakukan dengan kemampuan anda sehingga manfaatnya pun dapat dirasakan lebih optimal.

Selain berolahraga secara teratur, masih ada satu hal lagi yang perlu anda lakukan guna menjaga kestabilan kadar gula darah anda. Ini terkait dengan jenis makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Selain itu juga akan dibahas mengenai obat untuk diabetes melitus terbaru yang ternyata dapat mengatasi penyakit gula darah tersebut sampai tuntas. Untuk membaca lebih lanjut mengenai info penting terkait jenis makanan yang harus dikonsumsi dan terobosan terbaru pengobatan diabetes, silahkan Klik Di Sini.