Benarkah aktivitas olahraga untuk penderita diabetes sangat bermanfaat? Ya, olahraga memang adalah salah satu aktivitas yang dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi penderita penyakit diabetes melitus. Dengan melakukan olahraga secara tepat, teratur, dan juga terukur, seorang penderita diabetes melitus tidak hanya bisa lebih mudah mengontrol penyakit yang dideritanya. Olahraga juga bahkan dapat membantu menurunkan kadar lemak di dalam tubuh dan juga menurunkan berat badan. Efek dari berolahraga memang sangat besar bagi penderita diabetes melitus. Namun demikian, penderita diabetes melitus juga tetap harus berhati-hati dalam melakukan olahraga terutama penderita diabetes melitus yang membutuhkan suntikan insulin buatan dan juga penderita DM yang sudah terlanjur mengalami komplikasi penyakit diabetes melitus. Bagi penderita penyakit diabetes melitus yang membutuhkan suntikan insulin dan sudah terlanjur mengalami komplikasi penyakit, mereka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum berolahraga. Semua itu dilakukan untuk mencegah munculnya masalah seperti hipoglikemia atau penurunan gula darah secara drastis. Namun meskipun demikian, manfaat olahraga untuk penderita diabetes masih jauh lebih besar jika dibandingkan dengan resikonya. Jika anda masih belum mengetahui mengenai sebesar apakah manfaat olahraga untuk penderita diabetes, anda bisa membacanya di sini.

Beragam Manfaat Olahraga Untuk Penderita Diabetes

Bagi anda yang saat ini sudah terlanjur menderita penyakit diabetes melitus, sebaiknya jangan tunda lagi untuk mulai rutin berolahraga. Karena dengan melakukan olahraga secara teratur, benar, dan juga terukur, maka anda akan mendapatkan beberapa macam manfaat seperti: Olahraga Untuk Penderita Diabetes
  • Membantu memperbaiki masalah kepekaan insulin di dalam tubuh.
  • Untuk anda yang divonis sebagai pre-diabetes, anda bisa mencegah agar jangan sampai masalah tersebut berkembang menjadi penyakit diabetes melitus.
  • Meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol LDL atau kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
  • Mengurangi kemungkinan untuk menderita penyakit jantung. Karena olahraga memang menjaga kondisi otot-otot jantung.
  • Membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.
  • Mengurangi resiko untuk mengalami masalah pengeroposan tulang.
  • Jika dilakukan secara teratur, olahraga bisa membantu mengontrol kadar glukosa. Sehingga anda bisa mengurangi dosis obat-obatan yang selama ini anda minum.
  • Menurunkan tekanan darah sehingga potensi untuk menderita penyakit hipertensi menjadi semakin kecil.
Namun meskipun memang manfaat olahraga untuk penderita diabetes sangatlah besar, anda tetap harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas olahraga. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh penderita diabetes melitus jika ingin memulai melakukan olahraga. Apa saja faktor tersebut? anda bisa mempelajarinya di sini.

Faktor yang Perlu Diperhatikan Oleh Penderita DM Sebelum Melakukan Olahraga

Untuk anda yang ingin mendapatkan hasil optimal dari berolahraga, maka sebaiknya anda memperhatikan beberapa faktor penting berikut ini:
  • Pilih dan lakukan jenis olahraga untuk penderita diabetes Konsultasikan mengenai apa saja olahraga yang tepat tersebut dengan dokter.
  • Jangan terlalu memaksakan diri dalam berolahraga. Karena ketika tubuh anda mengalami kelelahan, anda justru bukan mendapatkan efek positif melainkan anda justru akan mendapatkan efek negatif seperti hipoglikemia.
  • Makanlah 2 hingga 3 jam sebelum anda berolahraga untuk menjaga kestabilan kadar glukosa di dalam darah.
  • Berolahragalah bersama dengan teman maupun keluarga.
Bila anda memperhatikan semua faktor tersebut, maka kemungkinan besar anda bisa mendapatkan semua manfaat olahraga untuk penderita diabetes.