Apakah ada pemanis yang bisa digunakan pada makanan untuk diabetes? Ya, ada beberapa macam pemanis yang dapat dikatakan aman digunakan oleh penderita diabetes melitus. Perlu anda ketahui bahwa memang selama ini penderita diabetes melitus harus benar-benar menjaga kadar gula darahnya tetap stabil. Namun hal tersebut bukan berarti penderita DM tidak boleh menikmati berbagai macam makanan atau minuman yang manis. Namun perlu anda ingat kembali bahwa penderita DM boleh menikmati makanan atau minuman manis, asalkan pemanis yang digunakan adalah pemanis yang aman. Lalu apa saja jenis pemanis yang aman digunakan pada makanan untuk diabetes? Anda masih belum mengetahui apa saja pemanis yang dikategorikan aman untuk penderita DM tersebut? Cek lebih lanjut jenis pemanis tersebut di sini.

Gula Aren dan Gula Stevia, 2 Macam Pemanis yang Aman Digunakan Pada Makanan Untuk Diabetes Melitus

Jika anda memang ingin sesekali menikmati makanan dan juga minuman manis, maka pastikan untuk menggunakan pemanis yang benar-benar aman untuk penderita diabetes melitus. Ada 2 macam jenis pemanis yang dikatakan aman digunakan pada makanan untuk diabetes. Kedua jenis pemanis tersebut adalah gula aren dan juga gula stevia. Apa yang membuat gula aren dan juga gula stevia aman digunakan oleh penderita diabetes melitus? Berikut adalah beberapa alasannya:
  • Tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah.
Makanan Untuk DiabetesBaik gula stevia maupun gula aren adalah dua macam jenis gula yang sama sekali tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat. Oleh sebab itulah, penderita diabetes melitus boleh menggunakan salah satu dari 2 macam gula tersebut.
  • Dibuat dari bahan alami.
Gula stevia dan juga gula aren adalah gula yang dibuat dari bahan-bahan alami. Oleh sebab itu, 2 macam gula tersebut tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah meskipun dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Namun sebagai penderita diabetes melitus, sebaiknya anda tetap mengingat bahwa selama menggunakan 2 macam gula tersebut anda tetap harus mengontrol penggunaannya. Karena meskipun dinyatakan aman, lalu bukan berarti membuat anda bisa menggunakannya sesuka hati. Karena apapun yang baik jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan dampak negatif.

Apakah Madu Juga Merupakan Pemanis yang Baik Untuk Penderita DM?

Banyak dari anda pasti ingin mengetahui apakah madu juga tergolong sebagai pemanis yang aman bagi penderita DM. Madu murni memang sangatlah aman digunakan oleh penderita DM. Bahkan madu murni dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi penderita diabetes melitus. Namun mengapa madu tidak lagi menjadi pemanis yang aman untuk penderita DM? Semua itu dikarenakan madu yang banyak dijual saat ini sudah bukan madu murni. Madu yang kebanyakan ada di pasaran sudah dicampur dengan air dan juga gula pasir. Hal itulah yang membuat madu sudah tidak aman lagi digunakan pada makanan untuk diabetes melitus.