Taukah anda bahwa potensi penyakit diabetes menyerang jantung sangatlah tinggi? Ya, penyakit diabetes melitus terkenal berbahaya karena dapat memicu berbagai macam jenis penyakit berbahaya lainnya. Salah satu penyakit yang bisa muncul dikarenakan kadar gula darah tinggi adalah penyakit jantung.

Mengapa penyakit diabetes bisa menyerang organ jantung? Apa hubungan antara penyakit diabetes dan juga penyakit jantung?

Bagi anda yang masih penasaran mengenai mengapa potensi penyakit diabetes menyerang jantung sangat tinggi, anda bisa membaca alasannya di sini.

Alasan Mengapa Potensi Diabetes Menyerang Jantung Sangatlah Tinggi

Diabetes Menyerang JantungPenyakit diabetes melitus adalah penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah. Bila kadar gula darah terus meningkat tidak terkontrol, maka akan ada beberapa pembuluh darah yang mengalami kerusakan. Kerusakan karena tingginya kadar gula darah terjadi pada dinding pembuluh darah. Dan kerusakan tersebut akan meningkatkan penumpukan lemak di dinding pembuluh darah.

Jika sudah terdapat penumpukan lemak di dinding pembuluh darah, maka aliran darah menuju ke organ jantung akan terhambat. Masalah tersebut akan memicu peningkatan tekanan darah dan menyebabkan organ jantung harus bekerja ekstra berat untuk memompa darah. Organ jantung yang harus bekerja ekstra berat lama kelamaan akan mengalami penurunan kemampuan dan akhirnya dapat mengalami kerusakan.

Bapak Ibu

Itulah mengapa potensi penyakit diabetes menyerang jantung sangatlah tinggi. Karena memang penyebab utama kemunculan penyakit diabetes melitus yaitu kadar gula darah yang tinggi juga dapat merusak pembuluh darah di dalam tubuh.

Akibat dari Rusaknya Pembuluh Darah di Dalam Tubuh

Ketika pembuluh darah di dalam tubuh mulai mengalami kerusakan, maka anda akan memiliki resiko yang lebih besar untuk menderita penyakit jantung koroner. Ada beberapa gejala yang akan dirasakan oleh seseorang yang memiliki organ jantung yang mulai bermasalah akibat penyakit diabetes melitus.

Berikut merupakan beberapa gejala yang umumnya dirasakan oleh penderita penyakit diabetes melitus yang mulai mengalami kerusakan pada organ jantung:

  • Sesak napas
  • Sering merasa nyeri di bagian dada
  • Sering sakit kepala
  • Tubuh terasa letih dan juga lesu
  • Mulai sering mengeluarkan banyak keringat dingin
  • Detak jantung tidak teratur

Namun demikian, anda juga perlu waspada dengan kenyataan bahwa penyakit diabetes menyerang jantung tersebut. Karena terkadang penderita penyakit DM sama sekali tidak merasakan gejala nyeri di bagian dada sebelum mengalami serangan jantung.

Semua itu dikarenakan oleh rusaknya sistem saraf yang menghantarkan rasa nyeri akibat kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya jika memang saat ini anda sudah menderita penyakit diabetes melitus, anda perlu mengurangi beberapa macam faktor penyebab munculnya penyakit jantung. Berikut adalah beberapa faktor yang meningkatkan resiko seorang penderita penyakit diabetes melitus untuk menderita penyakit jantung koroner:

  • Memiliki kadar gula darah yang jarang terkontrol.
  • Sudah menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Menderita penyakit kolesterol.
  • Memiliki masalah resistensi insulin.
  • Jarang olahraga.
  • Memiliki masalah kelebihan berat badan.
  • Tidak menjaga pola makan dengan benar.
  • Sering merokok dan juga minum minuman beralkohol.

Mulailah kurangi beberapa macam faktor tersebut jika anda tidak ingin penyakit diabetes menyerang jantung anda.